Cara Melepas Baut Yang Patah di Knalpot Tanpa Las

Cara melepas baut yang patah di knalpot tanpa las - Hallo dulur... Bagi kamu pengguna otomotif yang doyan mengotak akit kendaraanya  tentu pernah merasakan sulitnya membuka baut pada komponen motor. Ini disesabakan tumpukan karat dan kotoran yang ada didalam sehingga sangat susuh untuk dilepas. Namun jangan frustasi terlebih dahulu masbro, gunakan cairanWD 40 untuk menghilangkan karat agar mudah dilepas.

Namun meski terkadang sudah disemprotkan cairan penghilang karat terkadang baut masih sulit untuk dibuka, terutama pada baut yang belum pernah dilepas sama sekali atau masih setelan pabrik. Dan yang paling menyedihkan lagi adalah ternyata kepala baut malah patah dan sisi patahanya masih tertancap didalamnya atau masih di lubang baut. Sehingga kita merasa kebinggungan untuk membukanya, meski sudah pakai serubu cara namun masih tetap gagal.

Penyebab baut patah didalam 

Banyak sekali faktor kenapa baut sulit atau susah saat dibongkat/dibuka, namun kebanyakan penyebabnya adalah tumpukan karat dan dibarengi dengan cara membuka yant tidak benar dan terlalu dipaksa, sehingga terjadilah buat patah didalam blok mesin yang bikin pusing mencari cara untuk mengeluarkanya.

Sebelum masalah ini terjadi pada anda, jika buat terasa keras saat dilepas hentikan sejenak dan semprotkan cairan anti karat semacam WD 40, kemudian pukul baut dengan palu beberapa kali agar meresap ke dalam. Jika tidak ada gunakan minyak rem atau oli bekas dan teteskan disekir baut dan diamkan beberapa saat, dan coba untuk melepasnya secara perlahan.

Cara melepas baut yang patah di knalpot tanpa las

Bila sudah terlanjur patah didalam akibat dibuka secara paksa maka terdapat dua dua cara yang bisa anda pakai untuk mengeluarkanya, sehingga baut bisa dipasang kembali dengan mengganti yang baru.

Melepas baut yang padah dengan screw extractor 

Dengan memakai alat screw axtractor anda tidak perlu memakai las untuk mengelurakanya. Bisa disimpulkan pada ujung alat ini seperti baut yang mana memiliki ulir meruncing tirus dengan ulir terbalik.  

Baca juga [TERUNGKAP] Cara Membedakan Oli MPX 2 Asli dengan Oli Palsu

Jika ulir baut pada umumnya kearah kanan searah jarum jam, pada screw extractor justru memiliki ulir terbalik ke arah kiri. Berikut adalah proses melepas baut yang patah menggunakan alat bantu screw extractor, sebagai berikut.

Sebelum aplikasikan teteskan atau lumuri baut yang patah tadi dengan cairan penetran WD40 atau bisa pakai oli mesin. Diamkan beberapa menit agar karat didalam melunak dan rontok.

Kemudian lakukan pengeboran pada bagian tengah baut yang patah tadi dengan ukuran pata bor paling kecil hingga membentuk lubang yang cukup dalam.

Setelah itu masukkan screw extractor yang ukuranya sesuai dengan baut yang patah secara tegak lurus ke lubang kecil yang sudah dibor tadi. Kemudian puar ke kiri sama seperti hingga menancap kedalam, untuk proses ini memang dibutuhkan kesabaran dan ketelatenan.

Baca juga Perbedaan Autosol dengan Kit Metal Polish, Kinclong yang Mana?

Proses kerjanya sendiri, semakin diputar ke kiri maka ulir screw extractor akan menancap ke dalam semakin kencang dan mengunci pada badan baut, sehingga dengan sendirinya baut akan naik ke atas atau terlepas. Berikut adalah gambaranya.



Alat bantu ini mamang sata efektif, bahakn dalam kasus tang terbilang cukup menyulitkan seperti melepas patahan baut busi atau untuk melepas baut pada manifold dan lainya. Sementara untuk harganya sendiri juga terbilang cukup murah ya masbro hanya 30 ribuan tergantung merk daan kualitasnya.

Melepas baut dengan proses las



Bila dirasa cara pertama tadi cukup merepotkan anda bisa menggunakan jasa las, namun jika anda bisa sendiri tentu lebih baik. Untuk pengelasan bisa pakai las listrik atau las karbit. Berikut proses melepas baik dengan caraa dilas.

Baca juga Kinclong mana? Perbedaan Kit Paste Wax Warna Biru dan Kuning

Pertama semprotkan baut yang patah tadi dengan cairan WD 40 atau bisa menuangkan oli beberapa tetes dan tunggu beberapa saat agar meresap ke bawah. 

Kemudian sambungkan batang besi ataau dengan baut lain yang kondisinya masih bagus kemudian satukan dengan patahan baut tadi dengan proses las hingga menyatu.

Selanjutnya tunggu hingga kondisinya dingin atau bisa menyemprotkan air, kemudian kelsuar kan patahan baut dengan memutar baut yang sudah kita sambung tadi ke arah kiri hingga terlepas.

Demikianlah pembahasan bagaimana cara melepas baut yang patah di knalpot tanpa las semoga dengan adanya ulasan ini dapat berguna dan bermanfaat untuk anda semua. Sekian dan terimakasih sudah meluangkan waktu mengunjunginya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas