Penyebab dan Cara Menambal Radiator Motor Yang Bocor

Penyebab dan cara menambal radiator motor yang bocor - Seiring dengan perkembangan teknologi saat ini kendaraan roda dua keluaran terbaru sudah tersematkan beberapa teknologi canggih. Seperti smart key dimana memudahkan anda saat menyalakan kendaraan tanpa perlu repot pakai kunci kontah, bahkan saat ini banyak yang sudah terlengkami alarm untuk menghindari tindak kejahatan, dimana saat terkena senggolan akan menyala secara otomatis. 

Pada motor keluaran terbaru saat ini juga sudah terpasang sistem pendingin radiator dimana lebih efektif menjaga suhu mesin agar tetap stabil seperti pada motor Vixion atau matic vario. Tapi perlu di ingat bahwa radiator perlu perawatan khusus untuk menjaga kinerja dan usia pakainya. Beda dengan pendingin manual pada motor lama yang hampir tidak memerlukan perawatan sama sekali.

Dengan tersematkan sistem pendingin radiator, tentu biaya perawatan motor akan semakin bertambah karena agar dapat bekerja sesuai fungsinya perlu mengisi air radiator secara berkala saat volumenya berkurang. Karena jika air berkurang justru mengakibatkan mesin over heat yang berdampak kerusakan pada komponen di dalam mesin.

Jika air radiator cepat berkurang patut anda curigai, bisa jadi radiator motor mengalami kebocoran. Penyebab radiator motor bocor bisa disebabkan terkena benturan benda keras seperti terkena percika kritikil dijalan atau penyak saat kendaraan jatuh. Usia pakai dan kurangya perawatan juga bisa mempercepat tmbulnya karat yang menimbulkan kiki-kisi radiator rusak dan air akan merembes keluar.

Penyebab dan cara menambal radiator motor yang bocor

Kecoboran pada radiator harus segera diperbaiki karena jika dibiarkan begitu saja justru kerusakanya akan semakin parah dan air akan semakin cepat habis, sehingga mesin mengalami overheat karena sistem pendingin tidak bekerja maksimal. 


Kalau sudah bocor apakah bisa diperbaiki ? Bisa jasa dengan catatan kondisinua tidak terlalu parah. Beritut beberapa cara memperbaiki radiator yang rusak.

1. Gunakan Lem Besi


Cara menambal radiator motor yang bocor paling gampang dan murah adalah dengan menambal pada titik kebocoran tersebut. 

Baca juga Kinclong mana? Perbedaan Kit Paste Wax Warna Biru dan Kuning

Caranya pun terbilang mudah dipraktekan yakni tinggal melepas radiator dan buang sisa air di dalamnya, kemudian cuci bersih pakai air sabun dan keringkan. Jika sudah isi radiator dengan air sampai penuh dan perhatikan kisi-kisinya. Bila ada yang bocor maka akan terlihat titik rembesan air yang keluar. Kemudian tandai dan kuras kembali air di dalamnya dan keringkan kembali.

Jika sudah tambal kisi-kisi radiator yang bocor tadi dengan memakai lem besi, buat tambalan sekuat mungkin agar tidak bocor kembali dalam waktu dekat. 

Baca juga [TERUNGKAP] Cara Membedakan Oli MPX 2 Asli dengan Oli Palsu

Cara menambal radiator bocor dengan lem besi sangat lah mudah ya, cukup campur kedua lem tadi dengan takaran sesuai kebutuhan dan tempelkan pada sisi yang bocor secara rapat. Jika sudah tunggu benar-benar kering sebelum dipasang dan di isi air coolant kembali. Lakukan cara ini saat radiator dalam kondisi dingin.jjjjj

2. Menggunakan Radiator Sealer



Sementara cara ayng kedua ini bisa dilakukan dalam kondisi darurat, yakni dengan memakai radiator sealer seperti SPT Radiator sealer atau System Super Sealer dan merk lainya. Cara menggunakan cukup simpel yaitu dengan mengkocoknya selama beberapa menit dan langsung tuangkan ke dalam radiator yang telah terisi air tanpa perlu membuangnya. 

Baca juga Perbedaan Autosol dengan Kit Metal Polish, Kinclong yang Mana?

Cairan sealer akan bekerja dan menutupi lubang-lubang kecil penyebab air coolant pada radiator cepat habis.

Selanjutnya nyalakan mesin selama beberapa saat aiar cairan kimia dapat bersilkulasi sehingga partikel sealernua akan menutup lubang kebocoran pada radiator. Bila masih ada yang bocor tambahkan sedikit chemical sedikit demi sedikit hingga tidak ada lagi kebocoran pada radiator.

3. Proses Las Patri

Cara paling efektif, aman dan bertahan dalam waktu yang lama adalah dengan menambalnya pakai las patri atau las alumunium. Namun cara ini hanya bisa dilakukan bengkel khusus perbaikan radiator, karena memerlukan peralatan serta keahlian khusus.

Agar usia pakai bisa lebih lama dan berfungsi dengan semestinya, sebaiknya untuk pengisian radiator gunakan air khusus seperti coolant agar mesin pendingin bekerja maksimal. Namun jangan berfikiran pakai air sumur atau air hujan ya masbro, karena akan menimbulkan kerak dan karat di dalamnya. Kalaupun kepepet pakailah air minerall yang terbebas dari zat kapur.

Demikian sedikit informasi seputar penyebab dan cara mengatasi radiator motor yang bocor dengan memakai lem besi dan plastik steel. Semoga bermanfaat, sekian dari kami dan terimakasih kunjunganya. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas