5 Urutan Cara Mengecat Motor Warna Doff dengan Pilox

Urutan cara mengecat motor warna doff dengan pilox - Hallo dulur... Bila dibanding dengan glossy cat jenis doff saat ini lebih terlihat berkelas dan makin menambah rasa percaya diri siapa saja yang mengendarainya. Selain melaluproses repair sebetulnya masih ada cara lain yang lebih murah membuat cat yang mengkilap jadi ngedoff yakni dengan memberi lapisan skotlet khusus tanpa menghilangkan cat aslinya.

Namun perlu anda tahu merawat motor cat doff tak semudah dengan warna mengkilap dimana tidak perlu perlakuan khusus terutama penggunaan sabun saat mencucinya. Pasalnya jika hanya pakai shampo biasa justru membuat munculnya bintik-bintik putih yang sulit hilang bila sudah kering, kalau pun dihilangkan dengan cara mengomponya justru cat doff malah menjadi glossy atau mengkilap.

Karena saat ini menjadi warna yang lagi trending, tak sedikit yang ingin mengubah tampilan motornya menjadi doff/matte layaknya motor Honda PCX atau pada Nmax yang terkesan mewah. Tentu proses pengecatan ulang ini bukanlah hal yang mudah, tak sedikit yang lanngsung menyerahkanya pada bengkel repaint dengann biaya yang tak murah, untuk full body saja mencapai 400 sampai 500 lebih.

Selain memakai cat kompresor dengan spray gun, proses pengecatan ulang juga bisa memakai pylox yang lebih simpel. Meski hanya cat pilox jika pengerjaanya dilakukan dengan benar tentu kualitasnya tak kalah dengan duco paint serta anti bensin dan tidak gampang pudar.

Urutan cara mengecat motor warna doff dengan pilox

Untuk proses pengecatan baik cat doff atau glossy sebetulnya tidak ada bedanya ya masbro, namun lebih jelasnya akan kami kupas tuntas dibawah ini sesuai fakta lapangan.

Tahap pengamplasan

Dalam sebuah pengecatan proses pengamplasan ini sangat penting ya masbro, bahkan bisa menjadi penentu kualitas cat yang anda aplikasikan agar tidak cepat mengelupas.

Baca juga 8 Merk Cat Kompresor Yang Bagus Untuk Body Motor

Sebelum dicat ulang objek perlu diamplas terlebih dahulu dengan ukuran 400 hingga permukaanya halus dan partikel jamur hilang, gunakan sabun colek untuk menghilangkan bekas minyak yang menempel.

Simpelnya semakin bersih objek yang kita amplas, semakin kuat pula cat akan menempel. Jika permukaanya kurang rata akibat baret atau pecah gunakan dempul untuk meratakanya.

Tahap epoxy

Proses epoxy bisa dilakukan jika bidang tersebut pernah dicat ulang dan kondisinya telah rusak untuk menghindari cat kriting atau mengkerut sekaligus menutupi permukaan dempul.

Jika kondisinya masih bagus atau cat masih bawaaan pabrik tanpa perlu dipoxy tidaklah masalah dan sangat aman meski ganti warna sekalipun. Jadi setelah diamplas bisa langsung ditinpa cat dasar.

Untuk poxy bisa pakai samurai paint epoxy 2K04 atau diton premium 9120.

Tahap cat dasar

Tahap cat dasar bisa kita lakukan setelah epoxy kering dan sudah diamplas dengan ukuran 400 hingga permukaanya halus, kemudian keringkan.

Baca juga Deretan Merk Pilox Yang Bagus Buat Body Motor dan Mobil

Fungsi cat dasar ini sangat penting ya mabsro, dimana mampu membuat cat inti lebih halus dan menghasilkan warna yang tajam serta lebih menghemat bahan terutama pada cat akhir.

Pada warna-warna tertentu seperti merah PCX, pink, hijau stabilo cat dasarnya adalah putih, semenntara untuk merah candy adalah cristal silver.

Sementara untuk warna lain bisa pakai cat dasar yang warnanya mirip cat inti atau bisa langsung pakai cat inti, namun akan lebih boros.

Tahap cat inti

Sebelum naik ke cat inti, cat dasar perlu diamplas terlebih dahulu dengan amplas lebih halus ukuran 400. Cukup diamplas secara perlahan sampai,  jika terlalu ditekan cat malah habis terkikis amplas.

Baca juga Kinclong mana? Perbedaan Kit Paste Wax Warna Biru dan Kuning

Pada tahap ini pemakaian amplas kasar tidak diperbolehkan ya masbro, pemakian amplas kasar akan meninggalkan bekas yang tidak bisa hilang meski sudah ditimpa cat dan clear coat. Jadi pemakianya perlu disesuaikan.

Tahap clear coat

Tahap akhir adalah ditutup dengan proses clear coat, tentu yang kita pakai adalah clear tipe doff. Clear doff bisa diaplikasikan sebanyak 3 lapis dan memberi jeda disetiap lapisnya.

Baca juga Ini Dia Takaran Untuk Mencampur Cat Dengan Thinner

Ya.. Semua warna cat bila dilapisi clear doff maka hasil catnya nanti setelah kering akan menjadi doff. Yang perlu digaris bawahi adalah setelah cat kering tidak perlu melakukan pengomponan/dipoles tindakan ini justru membuat malah menjadi mengkilap/glossy.

Beberapa merk pilox clear doff yang familiar dan banyak diaplikasikan diantaranya, Samurai paint 128A dan Diton 9130.

Sebetulnya ada beberapa warna cat semprot yang sudah ngedoff salah satunya warna hitam atau merah PCX, hanya saja jika tidak terlapisi clear coat cat rentan sekali pudar dan parahnya akan lutur terkena bensin.

Jadi selain membuat semua warna cat ngedoff, penggunaan clear matte juga memberi perlidungan pada cat agar lebih awet dalam waktu yang lama.

Sebetunya cara mengecat motor warna doff dengan pilox tidak lah beda dengan repair cat mengkilap, perbedaanya hanya ada pada memakain tipe clear coatnya. Sekian tips kali ini semoga bermanfaaat dan selamat mencoba.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas