Kenali 8 Ciri-Ciri Kampas Kopling Mobil Habis

Ciri-ciri kampas kopling mobil habis - Kopling merupakan salah satu komponen yang fungsinya cukup vital, sehingga keberadaanya perlu diperhatikan pengendara khususnya bertransmisi manual. Kondisi kopling yang normal membuat perpindahan gigi terasa lebih halus tanpa membuat mesin tersengal. Karena berperan penting dalam kenyamanan berkendara perlu dirawat secara berkala.

Nyatanya, seiring lamanya pemakian kinerja kampas kopling juga semakin menurun yang bisa kita rasakan terutama saat dipakai berkaselerasi. Sistem kerja kampas kopling sangatlah berhubungan langsung dengan gesekan dan tekanan, sehingga jika mengalami keausan berdampak langsung dengan performa mobil.

Jika mobil anda sudah menunjukan tanda kampas kopling mulai habis, sebaiknya ganti sesegera mungkin. Menunda untuk melakukan penggantian justru membuat kerusakan semakin parah, akibatnya kondisi performa mobil semakin menurun sehingga berkendara makin terasa kurang nyaaman dan parahnya mengancam jiwa pengendara itu sendiri. 

Kenali ciri-ciri kampas kopling mobil habis

1. Menurunya akselerasi mesin

Tanpa kampas kopling akan habis yang bisa kita rasakan adalah menurunya akselerasi mobil. Saat kampas kopling telah aus, otomatis tenaga yang dihasilkan dari rotasi mesin tidak bisa disalurkan dengan baik pada sistem transmisi.

Saat pedal gas ditekan kinerja atau kecepatan mesin tidak akan bertambah, justru suara mesin akan terdengan berdecit bahkan terdengan meraung. Jika tidak segera diganti kselerasi mobil yang mulai melemah akan mendatangkan dampak buruk kedapanya. 

Baca juga Cara Termudah Menghilangkan Bekas Double Tape 3m Pada Body Mobil

Jik kampas benar-benar habis, maka kondisi mobil akan macet atau tidak bergerak meski dalam kondisi nyala. Kondisi ini tentu membahayakan anda dan pengendara lainya. Untuk itu segera ganti kampas kopling ynga lama dengan baru jika tanda ini sudah dirasakan.

2. Pedal kopling nampak lebih tinggi

Ciri lain bisa kita rasakan sari pedal kopling, saat kampas mulai aus atau malah sudah habis maka posisi pedal gas akan lebih tinggi. Akibatnya jarak pedal injak kopling pun menjadi lebih pendek.

Pedal kopling pada mobil manual ketinggianya dapat diatur sesuai selera menyesuiakan kabel kopling. Namun jika posisinya tiba-tiba naik kemungkinan besar kondisi kampas kopling anda sudah menipis atau habis, sehingga perlu melakukan penggantian sesegera mungkin.

3. Mesin cepat panas

Sebenarnya mesin yang terasa panas saat mobil digunakan merupakan hal yang lumprah, bagaimanapun juga ada energi yang diolah di dalam mesin saat mobil berjalan. Namun anda perlu mewaspadai mesin cepat panas tidak seperti biasanya, karna bisa menjadi penanda kalau kampas kopling perlu diganti.

Baca juga Perbedaan Ban Mobil Bridgestone Vs Michelin, Mana yang Bagus ??

Saat kampas kopling aus, rotasi mesin akan cepat meningkat. Sehingga kondisi kampas yang menipis akan membuat permukaannya licin, nah karena sudah licin maka rotasi mesin akan bergerak lebih cepat.

4. Munculnya bau gosong

Selain dapat dirasakan dan dilihat, untuk mengetahui kampas kopling akan habis juga bisa kita rasakan dengan indara penciuman. Jika mencium bau hangus atau gosong menandakan kampas yang aus dan terbakar. 

Baca juga Kinclong mana? Perbedaan Kit Paste Wax Warna Biru dan Kuning

Bau hangus ini muyalnya tidak tercium dari kabin, namin saat kondisi kampas sudah menipis bau gosong yang timbul akan semakin kuat dan menyengat. Kopling yang aus tidak hanya membawa dampak buruk pada mesin, namun juga membuat nyamanan berkendara akan semakin terganggu.

Kampas kopling akan gampang terbakar saat mobil melaju pada medan tanjakan atau turunan yang curam seperti jalanan di pegunungan. Kontur jalan yang berkelok dan naik turun membuat perpindahan trasmisi menjadi intens, alhasil akan terbakar akibat mengalaami gesekan tinggi antara flywheel dengan plat penekan.

5. Perpindahan gigi terasa berat dan seret

Ciri lain yang bisa ketahui adalah sulitnya saat tuas trasmisi akan berpindah gigi. Dalam kondisi normal terasa lebih empuk dengan hanya memberi sedikit tekanan saat di pindahkan. 

Kampas kopling yang habis membuat mesin terus berputar meski pedal gas tidak ditekan, perputaran yang terus menerus inilah yang membuat sulit terhubung. Sehingga teras lebih keras saat digeser. Agar kembali normal anda perlu mengganti kampaskopling dengan yang baru.

6. Selip kopling

Kondisi kopling yang aus juga bisa di tandai dengan selipnya komponen ini. Kondisi ini sangat lumprah terjadi pada mobil yang gampasnya sudah tidak bisa dipakai kembali. Namun hal ini tentu sangat menggangu pengendara, terutama bagi yang tidak familiar dengan kerusakan ringan pada mobil.

Mengetahui ciri-ciri kampas kopling mobil habis sangatklah penting untuk menjaga performa mesin dan membuat rasa nyaman dalam berkendara. Demikanlah informasi yang dapat kami sajikan sekian dan terima kasih kunjunganya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas