4 Cara Membedakan Oli Mobil Honda Asli dan Palsu

Cara membedakan oli mobil honda asli dan palsu - Hallo dulur... Tentu kita sudah tahu oli merupakan cairan kental yang berperan penting, dimana bertujuan untuk melumasi semua komponen yang bergerak saat mesin dinyaalakan. Jika melupas yang dipakai tidak standar dengan kebutuhan mesin, misal terlalu kental atau lebih encer komponen mesin bisa hancur mengalami keausan. Alhasil biaya perbaikan bisa 20x lipat dari harga pelumasnya.

Karena fungsinya cukup vital maka penggantian oli perlu dilakukan secara rutin terutama kendaraan yang sering jalan jarak jauh. Oli dapat kita ganti bila jarak tempuhnya sudah 10.000 km atau selama pemakian 6 bulan sekali, mana yang tercapai lebih dulu. Sementara untuk kendaraan roda dua bisa lebih cepat 3.000 sampai 5000 km.

Jenis-jenis oli mesin Honda

Setidaknya ada 4 tipe oli yang bisa anda pakai, diantaranya :

1. E-pro Gren

2. E-pro Blue

3. E-pro Gold dan

4. E-pro Turbo

Namun ke empat tipe tersebut jangan disamakan ya, masing-masing memiliki tingkat viskositas yang berbeda sesuai standard internasionalnya. Jadi pemakianya bisa disesuaikan dengan spesifikasi dan kebutuhan mesin.


Karenan termasuk oli berkualitas dan permintaan pasar yang tinggi membuat beberapa oknum nakal segaja membuat oli palsu yang diberi label Honda. Tentu ini akan merugikan konsumen dan parahnya berdampak kerusakan mesin yang cukup fatal.

4 Cara membedakan oli mobil honda asli dan palsu

1. Cek kondisi printing stiker dan segel tutup galan

Kualitas warna printing/cetakan parang ori dealer tentu sangatlah bagus dan tercetak jelas dengan jarak font yang sama. Selain itu anda bisa membandingkan park number antara stiker di galon depan (gambar nomor 3) serta belakang. Anda akan menemui park number yang sangat sama persis(dalam contoh kali ini kami mengambil gambar dari E-pro Blue maka berupa kode 08234-P99-F4NN3.






Selain melihat dari stiker, mengecek kondisi segel tutup botol juga tak kalah penting untuk mengetahui palsu tidaknya. Galon pada produk palsu akan memakai segel yang kurang bundar, pemasangan kurang rapi bahkan ada beberapa yang rusak. 


2. Membedakan kode unit dus dengan galon 

Oli yang asli kode unit pada dus dan galon akan tercetak sama. Kita bisa lihaat gambar 1 dibawah ini, terdapat kode unik 210218DN1B24. Jika dilihat di gambar 2, tercetak kode unik yang sama persis tetap berada dibawah tutup botol pada bagian belakang galon/kemasan. Baca juga Kinclong mana? Perbedaan Kit Paste Wax Warna Biru dan Kuning




Perlu anda tahu kode unik pada galon tidak semuanya berada di posisi sama. Namun semenjak 2021 pelumas mesin Honda ori ini telah di lengkapi dengan kode unik guna menghindari pemalsuan oli. Jika kode ini tidak ada di galon maka kemungkinsn kuat keluaran/stok lama, cek tanggal produksinya.


3. Lakukan scanning berkode di belakang bawah galon


Jika oli yang anda beli asli maka saat kode di scanning maka akan terbaca oleh ponsel, setelah terscan akan memperlihatkaan tanggal produksi oli  di buat. Tidak perlu aplikasi khusus, tidak cukup mengarahkan kamera tepat pada barkot tersebut. Maka secara otomatis akan masuk ke website resmi Honda.

4. Tips terkahir

Tips terakhir mengetahui palsu tidaknya tanpa perlu membuka segel atau tanpa melihat cairan oli di dalamnya adalah dengan melihat harga jual pada dealer resminya. Jika harga jualnya terlampau jauh dibawah starndar sudah dipastikan oli tersebut adalah tiruan/KW.

Demikianlah sedikit info dari kami cara membedakan oli honda asli dan palsu tanpa perlu membuka tutup botol untuk mengetahui isinya. Semoga bermanfaat & jangan lupa bagikan artikel ini agar temen-temen otomania lain tidak tertipu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas