Cara Mengatasi Kompresor Angin Yang Lemah Tanpa Ke Bengkel

Cara mengatasi kompresor angin yang lemah tanpa ke bengkel - Untuk menghasilkan pengecatan yang kilap basah tanpa tekstur kulit jeruk tentu bukanlah perkara gampang. Banyak faktor yang menjadi penyebab mengapa hasil repaint terlihat kurang menarik bahkan mengalami kegagalan, salah satunya adalah cat lama menjadi keriting.

Banyak hal yang menjadi penyebab mengapa proses pengecatan ulang malah terlihat kusam dan cenderung kasar. Ya.. Pemakain spray gun disini berdampak besar dengan hasil pengecatan anda. Untuk pengecatan mobil sebaiknya gunakan spray gun jenis F75 atau F100 sementara buat pengecatan motor bisa pakai K3 atau R3.

Yang tak kalah penting adalah tekanan angin yang dihasilkan dari kompresor. Jika terlalu lemah tentu semburan cat yang keluar dari spray gun cenderung besar-besar yang menjadi penyebab cat kulit jeruk terutama saat dipakai buat tahap clear Coat.

Idealnya untuk pengecatan mobil sebaiknya gunakan kompresor ukuran 1 HP, semakin kuat tekanan yang hasilkan semakin bagus pula buat proses mengecat. Namun seiring lamanya pemakian angin yang keluar dari kompresor terkadang tekanannya kencang. Lantas apak penyebabnya ?

Cara mengatasi kompresor angin yang lemah tanpa ke bengkel

Kurangnya angin yang keluar dari kompresor disebabkan beberapa hal ya masbro. Mulai dari terjadinya sumbatan di dalam klep, selang keluar masuk udara yang bocor atau kapasitor yang sudah lemah. Berikut adalah beberapa penjelasanya. 

Baca juga Cara Mencairkan Lem Aibon Fox Kuning Yang Sudah Kering dan Mengeras

Pengecekan klep dan filter

Pertama kita perlu melepas ke empat baut yang ada diatasnya, jika terasa sulit atau berat anda bisa menyemprotkan cairan penghilang karat. Jika baut patah didalam kita akan kesulitan untuk mengeluarkanya, jadi perlu kehati-hatian saat membokarnya. Jangan lupa untuk melepas pipa selang yang menempel.


Bila sudah dibongkar kita bisa membersihkan sumbatan debu yang menempel didalamnya. Bersihkan kotoran tersebut dengan sikat dan cuci dengan bensin hingga bersih.

Tumpukan debu inilah yang menjadi penyebab angin susah masuk ke dalam tabung, alhasil tekanan angin yang dikeluarkan menjadi lemah karena tidak seimbang.

Biar makin mantap bersihkan juga filter udaranya ya sob, jika kondisinya rusak tidak ada salanya untuk diganti biar udara yang masuk ke dalam tidak bercampur debu.

Baca juga 8 Merk Cat Kompresor Yang Bagus Untuk Body Motor

Jika kedua komponen tadi sudah bersih masang kembali seperti semula, pastikan terpasang secara presisi agar angin tidak merembes keluar. 

Begitupun juga untuk pemasangan baut jangan sampai miring agar drat tidak rusak, agar tidak mengalami patah pasang baut jangan terlalu kuat ya masbro. Selain rawan patah juga akan sulit saat dibuka saat ingin memperbaiki kompresor yang rusak.

Agar tidak mengalami kebocoran, cek dengan air sabun baik pada sambungan pipa atau pada saat pemasangan klep tadi. Jika bocor pasang kembali secara benar dan pada sambungan pipa balutkan selotip agar angin tidak merembes keluar.

Mengganti kapasitor

Seiring dengan lamanya pemakian kapasitor pada kompresor juga kehilangan akan fungsinya, dimana ditandai dengan perputaran kipas menjadi pelan dan tiba-tiba mesin mendadak mati dan terasa berat saat akaan menyala.

Baca juga Cara Sederhana Mengatasi Kompresor Sering Keluar Air

Jadi penting juga untuk mengganti kapasitor agar kompresor bekerja secara normal dan mampu menghasilkan tekanan angin yang kencang.

Demikianlah turtorial singkat cara mengatasi kompresor angin yang lemah tanpa ke bengkel.Yang tak kalah penting adalah selalu menjaga kebersihanya, tidak ada salahnya dibersihkan seminggu sekali dan selalu menjaga ketersediaan oli. Jangan sampai kehabisan pelumas yang membuat kerusakan pada piston.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas