Cara Mengecat Dengan Pilox Agar Tidak Mudah Mengelupas

Cara mengecat dengan pilox agar tidak mudah mengelupas - Hallo dulur... Cat semprot pylox merupakan pilihan alternatif untuk proses repaint ulang body kendaraan khususnya pada dek motor. Ya.. Penggunaannya yang sangat lah simpel tanpa perlu mencampur dengan thinner dan tidak memerlukan spray gun untuk mengaplikasikanya.

Seperti yang kita tahu proses pengecatan bukanlah pekerjaan singkat, untuk menghasilkan warna yang mengkilap dan tahan lama dibutuhkan trik/keahlian khusus agar tidak gampang terkelupas. Selain itu penggunaan kualitas matrial cat juga turut berpengaruh ya masbro, gunakan merk pilox berkualitas bilaa mengingkan repair yang setara dengan duco paint. 

Sebetulnya proses mengecat dengan pilox semprot tidaklah jauh beda dengan mengecat pakai cat kompresor atau spray gun. Bahkan mengecat dengan pylox sangatlah simple, kita hanya perlu mengocoknya selama beberapa menit dan tinggal menyemprotkan pada objek yang akan dicat. Sementara untuk jarak pengecatan pun sama dengan memberi jeda disetiap lapisnya agar tidak meleh.

Namun meski sudah dilakukaan dengan benar tak sedikit yang mengeluhkan mengapa hasil mengecat dengan pilox banyak yang terkelupas bahkan ada yang luntur saat tersiram bensin. Lantas apa yang menjadi penyebabnya ? Apakah ada kekeliruan dalam pengaplikasikan ?

Cara mengecat dengan pilox agar tidak mudah mengelupas

Tahap Pengamplasan

Nah agar cat pilox awet, sebelum proses pengecatan dimulai kita perlu melakukan tahap pengamplas. Ya..Pengamplasan merupakan tahap awal yang wajib dilakukaan, untuk ukuran amplas pakai nomor 400 amplas air halus. Untuk merk sih saya pakai RMC ya masbro, karena lebih awet, jadi masih bisa dipakai untuk langkah selanjutnya.

Mengapa harus pakai amplas halus ? Begini, jika yang dipakai amplas kasar maka bekas goresan amplas akan jelas terlihat meski sudah ditimpa cat dan epoxy. Jadi untuk menghasilkan cat yang mulus dan mengkilap pemakian amplas wajib diperhatikan.

Baca juga 8 Merk Cat Kompresor Yang Bagus Untuk Body Motor

Amplas media yang ingin dicat hingga jamur dan kotoran yang menempel bersih, tak lupa untuk menggunakan sabun colek untuk menghilangkan sisi minyak atau oli dan lainya. 

Bisa dikatan tahap pengamplasan ini menentukan hasil pengecatan anda, semakin bersih dan halus objek yang diamplas, semakian kuat pula cat menempel dan memancarkan warna yang lebih mengkilap.

Setelah tahap pengamplasan selesai keringkan objek tersebut dan pastikan terbebas dari air dan sisa sabun. 

Tahap Pengecatan

Jika sudah kita bisa langsung memulai proses pengecatan, aplikasikan cat pylox secara tipis merata terlebih dahulu kemudian tunggu setengah kering untuk bisa menimpanya kembali. Yang sebelumnya pilox sudah dikocok beberapa kali agar bahan didalamnya menyatu.

Baca juga Cara Gampang Menghilangkan Cat Yang Mengkerut 

Tahap pengecatan bisa dilakukan sebanyak 3 lapis dengan memberi jeda disetiap lapisnya, atau hingga objek sudah tertutup cat secara merata baik saat dilihat dari sisi samping atau sisi depan.  

Jika ingin mengecat warna merah atau pink anda perlu memberi lapisan cat dasar warna putih terlebih dahulu. Bila tidak dilapisi cat dasar maka akan boros cat, karena warna merah teksturnya lebih bening dan susah nutup.

Nah agar cat pilox tidak mudah terkelupas tahap selanjutnya adalah memberi lapisan clear coat, selain mengkilapkan pernis juga sebagai pelindung cat agar lebih awet.

Baca juga Merk Spray Gun Yang Bagus dan Murah Untuk Pemula

Celar coat juga perlu kita aplikasikan 3 sampai 4 lapis, untuk lapisan pertama semprotkan setengah kering secara tipis-tipis. Kemudian tunggu barulah pada lapis berikutnya kita buat lapisan basah agar terlihat mengkilap dan tidak terlihat seperti kulit jeruk.

Perlukah memberi lapisan Epoxy ?

Begini, proses poxy bisa dilakukan untuk melapisi objek yang telah di dempul dan untuk melapisi permukaan cat lama yang telah rusak.

Baca juga Ini Dia Takaran Untuk Mencampur Cat Dengan Thinner

Jika cat yang akan ditimpa kembali kondisinya masih bagus/ori pabrik anda tidak perlu melakukan poxy. Tinggal amplas lalu kita cat, begitu pun saat ganti warna tidak perlu proses epoxy.

Nah, jika yang dicat adalah body plastik/kulit jeruk maka wajib memberi lapisan poxy primer terlebih dahulu. Jika pakai poxy biasa maka cat gampang terkelupas hanya dalam beberapa bulan.

Berapa lama cat semprot kering ?

Sebetulnya lama cepatnya kering tergantung kualitas pylox yang kita pakai ya masbro, untuk catnya bisa kering 1 sampai 2 jam dan untuk clear coatnya sedikit lebih lama 5 sampai 8 jam agar teksturnya mengeras.

Namun jangan mengambil tindakan untuk menjemurnya dibawah terik matahari agar cepat kering ya masbro, tindakan ini justru merusak struktur lapisaan cat dan tak sedikit yang malah timbul retakan akibat terlalu panas. Jadi cukup diangin-anginkan diruang terbuka saat proses pengecatan selesai.

Nah itulah tadi urutan atau cara mengecat dengan pilox agar tidak mudah mengelupas untuk pemula. Kuncinya adalah pada tahap pengamplasan, jika dilakukan dengan benar tentu menghasilkan repaint yang memuaskan. Semoga bermanfaat dan terimakasih kunjunganya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas