Cara Mencairkan Lem Aibon Fox Kuning Yang Sudah Kering dan Mengeras

Cara mencairkan lem fox aibon kuning yang sudah kering dan mengeras - Hallo dulur .. Mungkin kita sudah tidak asing dengan yang namanya lem. Yaa.. Cairan lengket ini pada kehidupan sehari-hari sangatlah bermanfaatkan guna merekatkan suatu benda ke objek tertentu, baik menempelken berbagai jenis aksesoris ke dasboard mobil, mengelem sepatu yang jebot atau menyambungkan kembali benda yg patah.

Tak hanya satu lem juga memiliki banyak macamnya sesuai fungsinya, diantaranya :

Lem Putih 

Dalam penggunaanya lemputih lebih sering dipakai untuk kerajinan dari bahan ringan seperti kertas, kardus ataupun kain. Bahan dasarnya terbuat dari air, sehingga bekas lem ini mudah dibersihkan dengan tingkat keracunan yang rendah.

Lem Kuning

Lem kuning ini daya rekatnya lebih kuat ketimbang warna putih dimana banyak dipakai untuk pengerjaan kayu, pengrajin sofa/jok, plafon mobil dan kebutuhan lainya. Selain berdaya rekat kuat lem kuning seperti fox atau aibon ini juga mudah dibersihkan bila mengenai tangan tanpa ada rasa seperti terbakar.

Baca juga [KLIK DISINI] 5 Cri dan Perbedaan Oli Yamalube Asli dan Palsu

Super Glue (Lem setan)

Bisa dikatakan lem ini banyak diaplikasikan ke beberapa objek/benda dengan proses pengeringan yang sangat cepat dan berdaya rekat paling kuat. Sehingga paling pas dipakai guna menyatukan kembali beberapa benda yang patah dari berbagai matrial seperti kayu, plastik, besi, keramik dan objek lainya. 

Baca juga Begini Cara Memperkuat Lem Alteco Jadi Super Kuat

Bahkan saking kuatnya bekas lem alteco atau lem G akan sulit hilang, bahkan tidak bisa jika tidak menggunakan cairan khusus.

Lem Epoxy

Beda dengan lainya lem epoxy ini memiliki dua komponen yakni resin dan hardenner sebagai pengering. Jika ingin digunakan kedua komponen ini perlu dicampur terlebih dahulu dengan jumlah sesuai kebutuhan. Pasalnya bila sudah tercampur hardenner akan mengering dan tidak bisa dipakai ke esokan harinya.

Cara mencairkan lem fox aibon kuning yang sudah kering dan mengeras

Mungkin kejadian lem yang membeku pernah kita alam saat akan digunakan, tentu kejadian ini rasanya sangat menjengkelkan. Padahal sudah ditutup rapat tapi tetap saja kering, namun jangan langsung membuangnya dan membeli yang baru ya masbro, nyatanya lem fox yang sudah kering masih bisa dipakai dengan cara mengencerkan terlebih dahulu. Penasaran apakah bisa, berikut penjelasanya.

Agar tekstur lem kembali encer dan dapat dipakai kembali anda perlu menyiapkan minyak telon seperlunya. Untuk merk semua bisa asalkan bukan minyak goreng ya sob..

Baca juga [TERUNGKAP] Cara Membedakan Oli MPX 2 Asli dengan Oli Palsu

Kemudian tuangkan minyak telon sedikit demi sedikit kedalam kaleng, kemudian aduk secara berulang hingga menyatu dengan lem. Jika sekiranya masih terlalu kental tambahkan minyak telon kembali dan aduk selama beberapa kali.

Bila teksturnya sudah kembali encer lem sudah dipakai seperti sedia kala tanpa menggurangi daya rekatnya sedikit pun.

Baca juga Trik Mudah Cara Membuka Jok Beat Yang Terkunci Tanpa Kunci

Sebaiknya agar lem tidak kembali mengeras simpan dalam posisi yang benar, yakni ditempat yang teduh dan menututp rapat kemasan. Biar tidak ada udara masik gunakan lakban/isolasi untuk  merekatkan antara tutup dengan kaleng kemasan.

Cara Menghilangkan bekas lem fox dan aibon

Beda dengan bekas lem alteco yang susah hilang, membersihkan bekas lem fox terbilang sangat mudah meski noda tersebut sudah mengering berbulan-bulan bahkan tahun. Ya.. Kita cukup memerlukan bahan sederhana yang mungkin sudah tersedia yakni bensin atau pertalite, kalau solar mungkin agak susah ya karena sifatnya lama menguap.

Sementara untuk caranya cukup simpel ya.. Yakni dengan menuangkan bensin pada kain yang bersih kemudian usapkan diatas permukaan lem atau bisa menuangkanya secara langsung kemudian tunggu beberapa saat agar melunak.

Jika sudah gosok dengan lap yang bersih secara berulang, jika masih keras tidak ada salahnya untuk meuangkan bensin kembali. Sangat tidak disarankan menggunakan benda tajam seperti pisau cuter atau silet untuk mengeroknya ya mas.. Karena bisa melukai objek yang tertempel lem.

Demikianlah penjelasan cara mencairkan lem aibon fox kuning yang sudah kering dan mengeras dengan bahan yang sangat sederhana. Semua jenis lem memiliki keunggulan dan kelemahan masing masing, jadi gunakan dengan bijak sesuai kebutuhan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas