Urutan dan Ukuran Amplas Untuk Repaint Body Motor

Urutan dan ukuran amplas untuk repaint body motor - Hallo dulur... Proses pengecatan merupakan suatu langkah untuk membuat kendaraan terlihat seperti baru kembali atau sekedar ingin modifikasi agar terlihat beda. Sementara untuk mengecat bisa dilakukan dengan dua pilihan yakni dengan cat kompresor atau menggunakan cat semprot/pylox yang lebih gampang.

Bukanya tanpa alasan biaya mengecat dengan cat kompresor terbilang cukup mahal ya masbro, untuk full body motor sekelas honda scoopy saja bisa 500 bahkan 700 ribu, itupun waktu pengerjaanya bisa satu minggu lebih jika bengkel sedang ramai. Padahal jika dikerjakan sendiri kita hanya butuh 300 ribu untuk membeli cat, thinner, clear coat, epoxy dan dempul jika diperlukan. Jika ingin lebih murah lagi bisa pakai cat pylox.

Bisa dikatakan repaint ulang kendaraan merupakan pekerjaan yang cukup panjang dan dilakukan secara berurutan. Jika langsung dicat dan tidak melalui tahap pengamplasan dan epoxy sudah dipastikan cat gampang sekali terkelupas dalam hitungan bulan.

Proses pengamplasan juga tidak boleh dilakukan secara asal, ya untuk menghasilkan cat yang halus ukuran amplas yang dipakai pun berbeda pula. Pasalnya jika keliru setelah selesai clear coat nanti sangat terlihat goresan bekas amplasan tadi meski sudah ditimpa cat dan pernis berulang.

Urutan dan ukuran amplas untuk repaint body motor

Tahap awal

Tahap awal yang dipakai adalah nomor 400 untuk mengamplas objek sebelum tahap pendempulan atau epoxy dimulai. 

Amplas seluruh sisi objek dan gunakan sabun untuk mengangkat sisi minyak yang menempel, jika ada bekas lem stiker gunakan bensin untuk menghilangkanya. Pasalnya sebelum proses mengecat dimulai objek harus benar-benar steril agar cat menempel sempurna.

Baca juga Ini Dia Takaran Untuk Mencampur Cat Dengan Thinner

Tuhuan mengamplas pada tahap ini adalah untuk mengangka/menghilangkan noda jamur yangtidak bisa hilang meski dicuci air sabun berulang.

Tahap pedempulan

Beda lagi untuk pengamplasan dempul ukuran amplas yang dipakai perlu disesuaikan, jika dempul yang diamplas terlalu ukuranya terlalu tebal maka pakai amplas dengan great kasar agar cepat halus/rata, jadi pakai amplas 120 kemudian ulangi dengan ukuran lebih halus 240 dan 400.

Jika dempul tidak terlalu tebal langsung saja pakai amplas 240 kemudian bilas dengan 400 dan bisa langsung naik ke tahap poxy.

Tahap epoxy

Sementara untuk mengamplas poxy ukuran amplas yang dipakai masih sama yakni 400, biar lebih halus pakai saja bekas amplas yang sudah kita pakai pada tahap awal tadi.

Baca juga Kenali Perbedaan Epoxy Primer dan Epoxy Filler

Setelah mengering keras, amplas hingga permukaan epoxy lebih halus yang ditandai permukaanya terlihat mengkilap jika disiram air dan saat diraba terasa halus.

Sebetulnya sih bisa saja langsung ditimpa cat, hanya saja hasil pengecatan nanti cenderung bertekstur kulit jeruk dan buturan catnya cenderung besar-besar tidak bisa halus seperti hasil pabrik.

Tahap cat dasar

Perlukah cat dasar di amplas ? Sangat perlu ya masbro, jika langsung naik ke tahap cat inti akhir saat dilapisi clear coat nanti tekstur kulit jeruk cenderung besar-besar dan akan sulit dihilangkan.

Baca juga 8 Merk Cat Kompresor Yang Bagus Untuk Body Motor

Jadi, cat dasar perlu diamplas sebelum naik ke cat akhir. Sementara untuk ukuranyaa pakai 1500, cukup diamplas sedikit-sedikit saja hingga halus, jika terlalu ditekan akan rawan habis terkikis amplas.

Lantas apakah perlu cat inti di amplas sebelum naik ke tahap clear coat ? Sebetulnya tidak perlu ya masbro setelah cat kering dan merata keseluruh objek langsung saja kita tinpa pernis. Pengamplasan justru merusak struktur lapisan dan tidak hilang meski terlapis pernis beberapa kali.

Tahap pemolesan

Pemolesan merupakan tahap akhir dari urutan proses repaint ulang, tujuanya untuk menghaluskan, meratakan, mengkilapkan sekaligus menghilangkan tekstur kulit jeruk pada cat baru.

Karena proses akhir jada ukuran amplas untuk mengamplas clear coat pakai great paling halus yakni nomor 2000. 

Oke temen-temen, demikianlah teknik seputar urutan dan ukuran amplas untuk repaint body motor yang tak ada bedanya dengan mengecat ulang mobil. Semoga bermanfaat dan jangan takut mencoba hal baru untuk hasil yang lebih baik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas