Kenali Tanda Oli Gardan Motor Matic Harus Diganti

Kenali oli gardan motor matic harus diganti - Hallo dulur... Dibandingkan mobil kendaraan motor masih mendomisili pasar otomotif ditanah air. Ya perawatan yang mudah dan tidak memakan tempat menjadi alasan para pecintanya serta dengan biaya pajak yang murah membuatnya bisa dijangkau seluruh lapisan masyarakat yang rata-rata pajak pertahunya hanya 200 ribuan tergantung jenis dan tahun pembuatanya.

Secara umum motor terbagi menjadi dua tipe yakni matic dan manual perseneling, namun dari kedua tipe tersebut jenis matic lah yang saat ini mendominasi permintaan pasar. Bahkan saat ini kaum hawapun juga mengunakanya untuk keperluan harian atau sekedar modifikasi.

Namun jika dibandingkan dengan mesin manual perawatan transmisi matic sedikit rumit dengan biaya servis yang sedikit mahal. Misal untuk pelumas saja motor matic perlu oli gardan sebagai pelumasnya dan penggantianya perlu dilakukan secara terjadwal untuk menjaga performa mesin tetap stabil.

Perlu anda ketahui masa pakai oli gardan lebih panjang dari pemulas mesin, sebab itualah penggantianya lebih lama. Setidaknya dilakukan satu kali setelah penggantian oli mesin 2 kali, jadi bila dilukan secara bersamaaan rasanya mubazir.

Tanda dan ciri-ciri oli gardan motor matic harus diganti

Odometer merupakan indikator paling poass buat mengukur penggantian oli gardan perlu dilakukan. Namun masih ada tanda lain untuk mengetahuinya yaitu dengan memperhatikan atau mendengarkan suara berisik dari dalam CVT yang terdengar tidak seperti biasanya. Suara tersebut umunya terdengar cukup keras dan terasa sangat risih saat mengendarainya.


Pada dasarnya waktu mengganti oli mesin dilakukan setelah menempuh jarak 3.000 km, sementara untuk oli gardan setelah menempuh 6.000 km maka oli gardan wajib diganti.


Selain dilihat dari angka pada odometer dan muncul suara berisik dari box cvt, penggantian oli juga perlu memperhatikan intensitas pemakain motor. Semakin sering digunakan ada baiknya waktu penggantiandapat dipercepat termasuk oli mesin.


Dilansir dari situs resmi Honda, kapan waktu mengganti oli gardan motor matic honda juga dapat dilihat dari dua hal, yakni berdasarkan durasi pemakain motor yang sudah mencapai delapan bulan dan berdasarkan jarak tempuhnya.

Efek dan dampak buruk tidak rutin ganti oli gardan

Tidak mengganti oli gardan dalam jangka waktu yang lama tentu dapat memicu kerusakan pada mesin yang cukup besar. Salah satu efek yang ditimbulkan adalah kerusakan pada gear ratio, yaitu menjadi lambat sehingga akan telat saat berganti transisi.


Munculnya kerusakan ini dapat dirasakan dengan munculnya getaran saat berakselerasi yang dibarengi dengan bunyi bersik kletek-kletek dari dalam box cvt. Bila kasus ini terjadi pada motor anda, biaya perbaikanya bisa lebih besar dan berkali-kali lipat dengan ongkos penggantian pelumas.

Kami sarankan untuk penggantian oli gardan disarankan untuk selalu memakai produk resmi pabrikan, dimana memang sudah diformulasi khusus untuk memenuhi kebutuhan trasmisi. Sementara untuk menghindari pemalsuan oli sebiaknya selalu membeli pada dealer resminya.

Nah, itulah tadi penjelasan singkat seputar tanda dan ciri-ciri oli gardan motor matic harus diganti beserta dampak buruk jika telat menggantinya. Untuk menjaga performa kendaraan anda jangan ragu untuk berkonsultasi langsung dengan pihak mekanik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas