8 Penyebab Kipas Radiator Motor Tidak Berputar

Penyebab kipas radiator motor tidak berputar - Untuk dapat bekerja secara normal dalam performanya motor memiliki banyak komponen yang berkaitan satu sama lain, dengan fungsi dan cara kerja yang berbeda. Contonya adalah busi dimana berfungsisebagai penyalur arus listrik saat proses pembakaran sehingga terjadilah perputaran mesin.

Komponen lain yang memiliki fungsi cukup penting adalah radiator, dimana memiliki fungsi yang sangat vital menjaga suhu mesin kendaraan layaknya mobil. Oleh karena itu bagi pemilik motor penting untuk merawat radiator dengan baik agar tidak mengalami overheat. 

Beberapa kerusakan yang kerap di jumpai pada sistem radiator adalah kipas radiator macet atau tidak bisa berputar, tentu kejadian ini mengakibatkan mesin cepat panas. Jika masalah ini terjadi oada motor anda, simaklah ulasan berikut ini untuk mengetahui penyebabnya.

Penyebab kipas radiator motor tidak bisa berputar

1. Fan belt putus 

Secara kerja kipas akan berputar jika terdapat komponen pengeraknya fan belt, sehingga Viscous atau kipas dapat berputar. Sehingga jika fan belt rusak bahkan putus maka bisa menyebabkan kipas tidak dapat bergerak.

Baca juga Kinclong mana? Perbedaan Kit Paste Wax Warna Biru dan Kuning

2. Visco fan rusak

Banyaak hal yang jadi faktor penyebab mengapa kipas radiator tidak bisa berputar, komponen kipas viscous atau viscon fan ini terletak di bagian tengah baling-baling. Apabila komponen viscon mengalami kerusakan bahkan jebol, maka secara otomatis kipas tidak dapat berputar seperti biasanya.

3. Sekring kipas radiator rusak

Sekring merupakan suatu komponen yang berfungsi sebagai pengaman beberapa pengaman rangkaian elektrikal agar tidak terjadi korsleting listrik. Melihat fungsinya yang sangat penting maka jika sekring putus otomatis aliran listrik akan terputus maka aliran listrik juga akan terputus, sehingga kipas tidak bisa berputar.

4. Kabel kipas putus

Penyabab lainya adalah salah satu kabel yang terhubung langsung dengan radiator putus, sehingga tidak ada aliran listrik untuk mengerakan kipas. Jadi cukup pastikan saja apakah jalur kabel ada yang terputus atau rusak, sehingga anda bisa memberbaiknya dengan menyambungnya kembali.

Putusnya kabel ini biasanya disebabkan dua faktor yakni akibat di gigit tikus atau meleleh karena menempel pada blok mesin yang panas.

5. Motor kipas pendingin mati

Kipas radiator akan berputar secara normal jika motor penggerak bekerja dengan baik, tetapi jika terjadi kerusakan maka bisa jadi penyebab kipas radiator mati. Jika komponen motor kipas pendingin rusak, maka akan langsung terhubung dengan sekring yang menyebabkan rusak atau mati.

Baca juga [TERUNGKAP] Cara Membedakan Oli MPX 2 Asli dengan Oli Palsu

6.Coolant temperature sensor rusak

Penyebab lainya adalah coolant temperatur sensor yang rusak atau mati, bisa dikatakan komponen ini memang memiliki peran penting. Pada dasarnya bnerfungsi mengukur suhu pendingin mesin pembakaran internal.

7. Fan control module rusak

Kipas radiator bisa berputar karena adanya komponen pendukung fan control module, maka jika mengalami kerusakan kipas radiator tidak bisa berkerja. Jadi anda perlu mengecek fan control module terlebih dahulu apakah berfungsi dengan normal atau rusak.

8. Kipas radiator jebol

Agar dapat berputar  secara sempurna kipas radiator terdapat sil, jika siel ini jebol atau rusak maka tidak bisa berputar seperti biasanya. Dengan begitu kipass tidak bisa berputar meskipun suhu panas sudah melebihi batas sesuai dengan pengaturan pada radiator motor.

Cara mengatasi dan memperbaiki kipas radiator motor yang tidak bisa berputar

Baca juga Deretan Merk Pilox Yang Bagus Buat Body Motor dan Mobil

Setelah mengetahui beberapa poin penyebabnya, maka anda bisa mengecek komponen mana yanag bermasalah atau rusak. Jika sudah mengetahui penyebabnya anda bisa mencari solusinya apakah diganti dengan park yang baru tau sekedar memperbaikinya.

Jika diperbaiki ada baiknya untuk membawanya ke bengkel khusus radiator atau bisa di bengkel resmi yang sudah dilengkapi peralatan canggih. Namun untuk biaya servis sedikit cukup mahal jika kerusakanya cukup parah, jadi sesuaikan terlebih dahulu dengan kebutuhan anda.

Nah demikianlah tadi beberapa poin penyebab kipas radiator motor tidak bisa berputar semua permasalahan ini bisa terjadi tidak memandang usia kendaraan atau lamanya pemakian. Semoga bermanfaat dan terimakasih kunjunganya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas