Penyebab Motor Beat Tidak Bisa distarter dan diengkol

Penyebab motor beat tidak bisa distarter dan diengkol - Hallo dulur ... Honda merupakan salah satu produsen motor raksasa asal negeri sakura Jepang yang terkenal termasuk negara kita ini Indonesia. Bahkan negara kita ini menjadi salah satu pasar terbaik honda, baik jenis roda dua ataupun roda empat semacam mobil dengan sparepat yang tergolong lengkap dan mudah dicari.

Salah satu produk honda yang saat ini masih diminati adalah Beat, dimana harga jualnya sangat terjangkau dengan performa mesin yang bandel, hemat bbm dengan body yang ramping dan sporty. Namun meski termasuk tipe motor terbaru dengan teknologi canggih, honda beat terbaru ini tak luput dari kesalahan, salah satunya adalah mesin tidak bisa nyala meski sudah distarter secara berulang.

Jika kerusakan ini terjadi tentu anda akan merasa kebinggugan padahal aki masih dalam kondisi baru atau normal. Apalagi kebetulan kita terburu-buru mau berangkat ke suatu tempat yang sangat penting, tentu hal ini membuat acara kita gagal akibat motor tidak bisa nyala dan belom lagi kita perlu mendorongnya ke bengkel untuk perbaikan.

Memang dalam sebuah motor sudah tersematkan kick starter sebagai solusi menyalakan mesin disaat aki sedang soat, namun ini tidak berlaku pada Honda PCX. Akan tetapi kick starter ini sangat jarang digunakan karena terlalu ribet dan menguras cukup tenaga, alasan inilah yang membuat kick starter tidak bisa diguanakan dalam kondisi darurat karena macet dan keras saat diengkol.

Penyebab motor beat tidak bisa distarter dan diengkol

Lantas apa penyebab utama beat ESP tidak bisa nyala secara mendadak ?Apakah karena aki soak ? DIkutip dari bengkel resmi AHHAS Honda menyatakan ada banyak faktor yang jadi penyebabnya, jadi belum tentu karena aki lemah sehingga tidak dapat distarter.

Jika kondisi aki masih sehat atau normal, maka ada masalah lain yang jadi penyebabnya yang perlu baikers pahami. Perlu anda ketahui bila motor beat yang distarter sudah ACGC, bisa jadi masalahnya ada pada sistem ACGC itu sendiri.

Baca juga [TERUNGKAP] Cara Membedakan Oli MPX 2 Asli dengan Oli Palsu

Nah, sebetulnya sangat lah mudah mengatasi motor Beat ESP yang tiba-tiba mendadak tidak bisa distarter, anda perlu membongkar area kipas magnet yang berada di dekat area knalpot untuk memastikanya. Hal ini bisa dikarenakan banyaknya kotoran yang menumpuk dan menempel, adanya kabel yang putus atau soket yang kendur. 

Baca juga Kinclong mana? Perbedaan Kit Paste Wax Warna Biru dan Kuning

Jika memang kotor anda cukup membersihkanya dan semprot dengan air kompresor beberapa kali hingga bersih, kemudian pasang kembali dan coba untuk menyalakan mesin. Biasanya dengan cara yang cukup simpel ini mesin akan kembali nyala, jika komponen ACG yang memutar krus AS hanya kotor saja.

Baca juga Cara Mencairkan Lem Aibon Fox Kuning Yang Sudah Kering dan Mengeras

Sesimpel itukah cara memperbaikinya ? Tentu tidak, coba sebelumnya anda perhatikan dengan seksama, perhatikan pada bagian soket dan kabelnya dan pastikan tidak ada yang kendur atau malah putus. Jika soket kendor maka anda perlu menancapkanya kembali hingga kencang dan coba kembali untuk starter ulang.

Begitupun juga jika ada beberapa kabel yang terkelupas, anda cukup mengisolasinya dengan rapat dan sambung kembali jika putus. Bila beberapa cara diatas tidak berhasil sebaiknya bawa ke bengkel untuk melakukan pengecekan secara keseluruhan. Saran kami sih sebaiknya bawa ke bengkel resmi Honda dimana sudah didukung peralataan canggih buat servis motor injeksi.

Nah demikianlah beberapa penjelasan kami seputar penyebab motor beat tidak bisa distarter dan diengkol secara mendadak. Semoga yang kami sampaikan tadi bisa berguna dan bisa dijadikan tanbahan referensi buat perbaikan. Dan terimakasih kunjunganya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas