Turtorial Cara Mengecat Merah Candy Untuk Pemula

Cara mengecat merah candy tone untuk pemula - Hallo dulur... Proses repaint ulang merupakan langkah untuk menyegarkan tampilan sebuah benda seperti motor atau mobil. Dengan melakukan pengecatan secara tidak langsung akan meningkatkan nilai estetika sebuah kendaraan serta membuat rasa percaya diri saat mengendarainya. Namun tak sedikit yang merasa gagal atau kurang puas dengan hasil pengecatanya.

Beberapa kesalahan yang kerap ditemui adalah cat lama jadi keriting atau clear coat meleleh akibat terlalu tebal saat diaplikasikan atau hasil pengecatan tidak bisa kilap basah wet look. Selain dari faktor aplikatornya beberapa kesalahan tadi bisa disebabkan pemakain bahan yang kurang berkualitas sehingga setelah di clear coat cat tidak bisa mengkilap, justru teksurnya seperti kulit jeruk dan lebih kasar.

Beberapa warna yang sampai sekarang masih cukup populer adalah merah candy ataau lebih sering disebut warna permen. Beda dengan dengan lainya cat candy ini lebih bening dan sulit diaplikasikan atau sangat susah nutup jika salah dalam mengaplikasikanya, baik dalam pemilihan warna cat dasar atau jeda disetiap lapisan catnya.

Turtorial cara mengecat merah candy yang benar untuk pemula

Sebetulnya mengecat merah candy tidaklah beda dengan warna lainya, hanya saja ada tahap yang perlu diperhatikan yakni menggunaan warna cat dasar. Nah untuk lebih jelasnya simak penjelasan secara singkat dibawah ini :

Langkah pertama,

Proses pertama tentu adalah tahap pengamplasan dengan ukuran amplas 400 hingga permukaan bersih dan beberapa residu partikel jamur terangkat. Gunakan sabun untuk menghilangkan bekas minyak atau oli. Intinya semakin bersih objek diamplas makaa cat akan semakin kuat menempel atau tidak cepat mengelupas.

Baca juga 8 Merk Cat Kompresor Yang Bagus Untuk Body Motor

Langkah kedua, 

Tahap berikutnya adalah pendempulan jika diperlukan untuk meratakan atau menghaluskan bidang yang rusak akibat penyok atau baret. Kemdian amplas dempul hingga halus dan sambunganya menyatu dengan cat. Baca juga Ukuran dan Cara Amplas Body Motor yang Benar Untuk Cat Ulang

Berikutnya kita bisa naik ke tahap epoxy, itupun jika diperlukan juga. Yaa.. Poxy bisa kita pakai untuk melapisi cat lama yang sudah rusak atau pernmah dicat pakai pilox. Dengan begitu cat lama tidak beraksi atau keriting saat ditimpa cat baru.

Namun, jika cat lama kondisinya masih bagus, bisa langsung naik ke tahap cat dasar. Cat yang bagus ditandai dengan permukaanya masih mulus meski sudah kusam, tidak bekas keriting atau masih cat bawaan pabrik.

Langkah ketiga,

Bisa dikatakan tahap ke tiga ini menjadi penentu sukses tidaknya hasil repaint anda. Ya.. Warna-warna candy memang memerlukan warna dasar khusus. Jika keliru justru akan lebih boros cat akibat susah nutup dan warna yang dihasilkan tidak sesuai samplenya.

Baca juga Merk Clear Jahat Yang Bagus Untuk Cat Mobil dan Motor

Namun sebelum memberi lapisan cat dasar paksikan epoxy sudah diamplas halus pakai ukuran 400 kemudian keringkan.

Jadi warna cat dasar untuk merah candy adalah wajib pakai cristal silver, aplikasikan hingga objek tertutup sempurna setidaknya 3 sampai 4 lapis.

Untuk cat dasar sebaiknya gunakan thinner tipe super agar hasilnya lebih halus dan yang pasti cepat kering.

Langkah keempat,

Selanjutnya adalah mengamplas cat dasar hingga permukaanya halus pakai amplas air ukuran 1500. Pengamplasan cukup dilakukan secara pelan, jangan sampai cat dasar habis terkikis amplas. Jika habis atau atau botak terkena amplas maka anda perlu melapisinya kembali.

Langkah kelima,

Jika cat dasar sudah halus kita bisa langsung naik ke pengecatan cat inti warna candy tone, untuk tinner masih sama yakni pakai thinner super. Sebaiknya jangan bakai thinner eceran literan yang tidak tahu akan kualitasnya yaa masbro, jadi gunakan yang memang berkualitas.

Sementara untuk spray gun bisa pakai F75 dan F100 untuk clear coat, sementara untuk mengecat motor bisa pakai tipe K3 atau R3. 

Untuk menghindari cat beraksi keriting beri jeda saat proses pengecatan disetiap lapisanya dan takaran cat dengan thinner juga harus sesuai agar hasil pengecatan lebih halus dan tidak bertekstur kulit jeruk.

Langkah keenam,

Jika cat inti sudah merata kita bisa langsung melapisinya dengan clear coat sebanyak 3 sampai 4 lapis dengan memberi jeda disetiap lapisanya untuk menghindari clear meleleh.

Ada beberapa yang mengeluhkan hasil clear coatnya kurang mengkilap, ini disebabkan penggunaan tiner yang kurang sesuai. Untuk clear coat wajib memakai thinner tipe PU/poly urethane. Saat proses pengaplikasian pun perlu diperhatikan, pada lapis pertama semprotkan secara tipis merata tunggu sejenak dan lapis ke 2 dan ke 3 buat lapisan basah dengan menekan spraygun lebih dalam.

Langkah ketuju,

Steep terakhir adalah proses pemolesan yang bisa kita lakukan setelah clear coat kering keras setidaknya 8 sampai 24 jam. Semakin lama atau semakin clear keras maka hasil pengomponan bisa maksimal.

Sebelum dikompon clear perlu diamplas terlebih dahulu hingga permukaanya halus, untuk amplas gunakan ukuran 2000. Amplas hingga tekstur kulit jeruk hilang yang ditandi dengan warnanya berubah doff dan muncul buih-buih putih saat diamplas.

Jika sudah bisa langsung mengomponya hingga cat kembali mengkilap, bekas amplasan dan tekstur kulit jeruk hilang. Terakhir bisa melakukan proses wax untuk menghilangkan bekas kompon yang terlihat seperti kabut diatas permukaan cat. Untuk wax bisa pakai kit metalik car wax, turtell wax atau produk komersil lainya.

KESIMPULAN

Jadi bisa kita simpulkan cara mengecat merah candy tone tak jauh beda degan warna lainya, hanya saja penggunaan warna dasar perlu disesuaikan yakni cristal silver. Baik pakai cat kompresor atau pilox semua teknik yang dipakai sama. Semoga bermanfaat dan terimakasih kunjunganya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas