Cara Membuat Semir Ban Mobil Dari Bahan Non Silicon

Cara membuat semir ban mobil dari bahan non silicon - Hallo dulur... Menjaga tampilan mobil senantiasa segar memang bukanlah perkara mudah, tak sedikit yang mengkesampingkan soal tampilan sebuah kendaraan. Bahkan meski banyak cat yang baret dan beberapa bagian yang penyok masih saja digunakan buat kebutuhan sehari-hari. Namun ada beberapa orang yang merasa risih atau kurang percaya diri saat mengendarainya.

Untuk membuat tampilan mobil lebih segar anda bisa mencucinya saat kondisi kotor atau melakukan proses poles jika lapisan cat sudah kusam atau menguning untuk warna putih. Namun ada komponen yang perlu dijaga kebersihanya yakni ban. Yaa meski posisinya dibawah jika kondisinya kotor tentu mengurangi nilai estetika sebuah kendaraan, masak body sudah bersih kinclong tapi kondisi ban masih kotor tidak mengkilap. Lucu bukan ??

Baca juga Kinclong mana? Perbedaan Kit Paste Wax Warna Biru dan Kuning

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat tambilan ban terlihat mengkilap, bersih dan menghitam, salah satunya adalah mengoleskan cairan silicon atau lebih sering disebut semir ban yang umumnya berwarna putih susu. Namun tak sedikit yang beranggapan kalau pakai silicon justru meninggalkan efek samping diantaranya membuat dinding ban pecah-pecah serta mengurangi kemampuan ban saat bermanuver.

Sebetulnya taanpa memakai produk komersil dari bahan kimia kita bisa membuat semir ban sendiri non silicon bahkan mungkin beberapa bahanya sudah tersedia dirumah anda. Dan kabar baiknya semir buatan sendiri ini lebih aman dan yang pasti sangatlah murah. Penasaran ?? Yuk simak penjelasan dibawah ini :

Cara membuat semir ban mobil dan motor dari bahan non silicon

Sebelumnya tika perlu menyiapkan beberapa item bahan diantaranya :

Baca juga Cara Termudah Menghilangkan Bekas Double Tape 3m Pada Body Mobil dan motor

  • Sabun cuci piring (sunlight, mama lemon sejenisnya)
  • Minyak goreng (belum terpakai)
  • Shampo rambut (botol/sachet)
  • Air bersih
  • Kuas sedang dan
  • Gelas plastik kecil (ukuran disesuaikan)


Jika semuanya sudah lengkap kita perlu mencampurkan semua bahan tadi secara merata dan tinggal kita aplikasikan pada dinding ban.

Pertama tuang minyak goreng yang masih murni tidak jelantah, kemudian tuangkan sabun cuci piring 1/3 gelas dan shampo dengan takaran sama 1/3. Sementara untuk air bisa cukup 1/4 gelas kemudian aduk hingga ke empat bahan menyatu, jika berbusa tunggi beberapa menit, setelah hilang bisa langsung kita gunakan.

Takaran tadi sebetulnya tidak jadi patokan ya masbro, karena semua tergantung kebutuhan yang kita pakai. Jika membuat semir lebih banyak tentu tekaranya juga berbeda atau lebih banyak pula. Baca juga Cara Mencairkan Lem Alteco G Yang Sudah Beku dan Kering

Sebelum digunakan sebaiknya cuci ban hingga bersih, kemudian oleskan semir buatan sendiri secara merata. Menang sih saat digunakan akan muncul gelembung-gelembung busa, namun setelah kering warna ban jadi hitam mengkilap dan tidak mudah hilang meski tersiram air hujan.

Beberapa keunggulan menggunakan semir ban buatan sendiri adalah membuat usia pakai ban lebih lama karena lebih aman tanpa silicon serta tidak membuat partikel debu menempel. Untuk kualitas sih kami rasa sebanding dengan produk komersil seperti kit black magic.

Selain dari beberapa bahan tadi membuat semir ban juga bisa pakai oli bekas yang lebih simpil tanpa campur sana sini, cukup di oleskan merata diatas permukaan ban. Hanya saja hasil yang di dapat tidak sebagus pakai minyak goreng dengan campuran sunlight dan shampo.

Oke, demikianlah tips ringan cara membuat semir ban mobil dari bahan non silicon yang sangat aman dipakai berulang tanpa khawatir merusak struktur karet. Sekian semoga bermanfaat dan selamat mencoba. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas