Cara Menghilangkan Warna Kusam Pada Body Motor

Cara menghilangkan warna kusam pada body motor - Memiliki kendaraan senantiasa mengkilap kinclong seperti baru memberi kepuasan tersendiri bagi siapa saja yang memilikinya. Terutama bagi kita yang membeli dengan hasil keringan sendiri dan mengumpulkan selama bertahun-tahun. Namun sering berjalanya waktu dan lamanya penggunaan cat akan berubah pudar bahkan ada beberapa lapisan yang habis terkikis obat pengkilap.

Banyak faktor penyebab mengapa cat body motor cepat sekali kusam dan pudar, diantaranyaa adalah terlalu sering terpapar panas matahari, banyaknya partikel debu yang dibiarkan menempel atau pengaruh penggunaan sabun saat mencucinya.

Sebetulnya cukup simpel untuk melindungi cat motor senantiasa kinclong, yakni dengan memarkirkanya ditempat teduh. Seperti yang kita tahu pantulan sinar UV yang bebrlebih justru merusak struktur lapisan cat, sehingga lama kelamaan menjadi kusam dan jangan gunakan sabun colek atau detergen untuk mencuci motor. 

Cara menghilangkan warna kusam pada body motor

Sebetulnya sangat gampang mengembalikan cat mobil yang kusam kembali tanpa perlu proses repaint ulang yang perlu biaya tak sedikit, kita hanya perlu melakukan Polish memaki kompon putih. Selain mengkilapkan kompon putih juga ampuh menghilangkan noda kuning pada cat putih. Penasaran bagaimana caranya, simak penjelasan di bawah ini.

Pertama, 

Sebelumnya motor perlu dicuci untuk menghilangkan kotoran dan resido yang menempel. Jika tidak dibersihkan justru menimbulkan goresan halus yang sulit hilang saat proses Polish nanti .

Jika tidak sempat mencucinya anda cukup mengelapnya dengan kanebo basah hingga kotoran halus hilang.

Baca juga Kinclong mana? Perbedaan Kit Paste Wax Warna Biru dan Kuning

Kedua,

Selanjutnya kita bisa mengoleskan kompon putih secara merata ketas permukaan cat, kemudian gosok/polish beberapa kali dengan gerakan melingkar dan beri sedikit tekanan, agar lebih mudah saat menggosoknya gunakan lap microfiber . Pada proses ini memang butuh tenaga lebih jadi persiapkan fisik anda. Jika ingin lebih cepat anda bisa pakai mesin poles khusus.

Proses polish bisa dihentikan jika cat yang kusam kembali kinclong dan noda kuning hilang pada cat warna putih. Untuk full body motor setidaknya anda perlu 2 jam untuk mempolesnya, tergantung seberapa tebal residu jamur yang menutupi permukaan cat.

Ketiga,

Terakhir adalah proses wax, dimana bertujuan membersihkan bekas kompon menempel diatas permukaan yang terlihat seperti kabut. Fungsi lain dari obat wax adalah menambah efek glossy dan memberi efek daun talas, dimana saat tersiram air akan langsung jatuh ke bawah tanpa meninggalkan bekas water spot yang menjadi penyebab cat gampang kusam.

Baca juga Deretan Merk Pilox Yang Bagus Buat Body Motor dan Mobil

Cara merawat polesan agar tidak cepat kusam

Untuk menjaga efek glossy tahan lebih lama anda perlu merawatnya secara rutin setidaknya yakni dengan melakukan wax seminggu atau dua minggu sekali dan menjaga kebersihanya dengan cara mencuci dan mengelapnya jika ada debu yang menempel.

Baca juga [TERUNGKAP] Cara Membedakan Oli MPX 2 Asli dengan Oli Palsu

Jika dibiarkan begitu saja tanpa perawatan tidak ada satu bulan cat akan kembali kusam dan mengguning dengan cepat.

Karena bersifat abrasif atau mengerus cat sebaiknya jangan terlalu sering menggunakan kompon ya masbro, gunakan kompon seperlunya saja untuk menggompon saat cat sudah kembali kusam. Kalau untuk wax sih aman-aman saja karena tidak mengikis lapisan cat, jadi pengunaan bahan auto detailing perlu diperhatikan.

Bagaimana cukup gampang bukan tips cara menghilangkan warna kusam pada body motor tanpa perlu ke bengkel. Kondisinya yang selalu mengkilap tentu menambah nilai plus tersendiri termasuk harga jualnya. Semoga bermanfaat dan terimakasih kunjunganya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas