Kelebihan dan kekurangan open air filter untuk motor matic dan manual

Kelebihan dan kekurangan open air filter – Hallo dulur… Banyak baikers modifikasi Indonesia terutama anak remaja sekolah yang ingin membuat motor lari lebih kencang dengan tarikan ringan namun terbentur akan dana. Sehingga modifikasi alakadarnya pun ditempuh yakni dengan mencopot box filter untuk mendongkrak kaselarisanya baik pada tipe manual maupun matic. 

Baca juga Cara Alami Menghitamkan Body Motor Matic Secara Permanen

Namun sayang, jika saringan udara dilepas ini terdapat plus minus yang berdampak buruk pada motor anda. Memang sih tidak begitu teras, tapi efek buruknya akan kita rasakan dalam jangka panjangnya terutama pada jeroan mesin. Pada area balap seperti drac race memang tidak memakai filter udara, namun motor dragrace sudah disetting mekanik dan tidak digunakan untuk keperluan sehari hari.

Fungsi filter udara pada motor adalah untuk menyaring udara yang masuk ke dalam ruang bakar mesin, jika dicopot tentu udara yang kotor bercampur debu dan ikut masuk ke dalam sehingga menimbulkan kerusakan yang efeknya bisa kita rasakan dikemudian hari. Dan parahnya jika ada orang usil yang sengaja memasukan suatu benda misal batu keritikil, jika ini terjadi sudah di pastikan anda perlu bongkar mesin/tun up untuk memperbaikinya. 

Namun semua problem tadi bisa teratasi, yakni dengan memakai open filter jika menginginkan tampilan motor tetap keren tanpa rasa khawatir merusak mesin.

Kelebihan dan kekurangan open air filter untuk motor matic dan manual

Sebelum memutuskan di pakai pada motor anda, sebaiknya ketahui dulu apa saja kelebihan dan kekurangan serta efek samping yang ditimbulkan dalam jangka panjangnya memakai filter udara model open filter yang katanya bikin tampilan motor tambah kece.

Jika dibandingkan dengan filter udara bawaan pabrik, model open filter lebih dipilih para baiker yang suka kecepatan dan modifikasi. Dimana penggunanya mampu meningkatkan performa mesin dan membuat tampilan motor makin keren.

Baca juga [TERUNGKAP] Cara Membedakan Oli MPX 2 Asli dengan Oli Palsu

Lantas apa lagi yang membuat penyaringan udara model open filter lebih unggul dan layak dipakai baut motor matic maupun non matic ??

"Secara kerapatan saringan atau elemen filter lebih besar dibanding dengan filter pabrik atau bawaan motor, letaknya yang terbuka jumlah udara yang masuk jauh lebih banyak." Terang Rofi'i salah satu owner bengkel Honda resmi.

Baca juga Kinclong mana? Perbedaan Kit Paste Wax Warna Biru dan Kuning

Dengan menyesuaikan setelan komponen pendukung lainya, penambahan jumlah udara yang masuk tentu mampu mendongkrak performa tenaga dari mesin motor.

Buat sobat baikers yang sudah upgrade throttel body atau karburator, saringan udara model open filter jelas jadi pilihan bila dibandingkan tanpa fillter apapun dimana udara yang kotor bercampur debu rentan masuk ke ruang pembakaran.

Box filter bawaan pabrik bisanya tidak bisa dipasang kembali jika ukuran karburator sudah di upgrade atau modifikasi. Open filter sendiri sifatnya universal alias bisa dipakai buat motor apaun sesuai diameter/ukuran moncong throtty atau karburator yang dipakai saat ini.

Nah demikianlah sedikit ulasan kelebihan dan kekurangan open air filter untuk motor manual dan matic. Kami rasa sih aman-aman saja dipakai ya masbro tanpa rasa khawatir merusak mesin dan membuat tanpilan motor sekain kece dengan berbagai pilihan warna. Namun semua kembali pada anda pengen pakai yang standart bawaaan pabrik atau modifikasi.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas