Cara Memperbaiki Kompresor Lambat Mengisi Angin

Cara memperbaiki kompresor lambat mengisi angin - Salah satu problem yang sering muncul pada kompresor lama adalah pengisian angin ke tabung cenderung lebih lama, Sehingga tidak mampu memberi angin bertekanan kencang saat dipakai untuk mengecat atau sekedar buat tambal ban. Tentu ini bisa menggangu kinerja anda terutama dalam dunia perbengkelan.

Agar kembali normal tentu saja harus segera diperbaiki, atau melakukan pengecekan terlebih dahulu untuk mengetahui komponen mana yang bermasalah. Karena jika dibiarkan begitu saja permasalahan bisa saja bertambah yang membuat anda kerepotan, apalagi jika dipakai buat ngecat pasti angin akan tekor jika spray gun ditekan.

Untuk mengatasi masalah seperti ini sebetulnya kita bisa memperbaikinya sendiri yakni dengan mengecek beberapa bagian mesin kompresor yang kemungkinan besar menjadi penyebabnya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan mengulas satu persatu penyebab dan bagaimana cara memperbaikinya sendiri dirumah. Simak penjelasan dibawah ini untuk menambah wawasan kita semua.

Cara memperbaiki kompresor lambat mengisi angin

1. Check valve aus 

Check valve adalah bagian kompresor yang terletak diantara ujung pipa pengisian dan tabung kompresor (one way). Fungsi check valve untuk menahan angin agar tidak keluar dari tabung penyimpanan. Namun jika check valve sudah aus, maka tidak mampu menahan tekanan angin sehingga angin kembali keluar dari tabung ketika sudah mencapai titik tekanan tertentu.

Baca juga Kinclong mana? Perbedaan Kit Paste Wax Warna Biru dan Kuning

Sementara untuk cara mengatasi kerusakan pada bagian check valve ini, bukalah one way dan ambil valvenya. Jika ditemukan permukaan valve telah rusak (tidak rata), maka ratakan kembali dengan cara mengamplasnya hingga rata kembali.

2. Klep rusak

Penyebab lainya adalah kerusakan pada bagian klep, fungsi klep pada kompresor adalah untuk mengatur jalanya penghisapan dan pemampatan udara. Jika klep rusak maka angin tidak bisa dimampatkan, sehingga angin keluar dari lubang penghisapan. Sehingga mengakibatkan kompresor lama mengisi udara.

Baca juga Cara Mencairkan Lem Aibon Fox Kuning Yang Sudah Kering dan Mengeras

Untuk mengatasi klep kompresor yang telah rusak, sebelum diganti sebaiknya cek terlebih dahulu apakah masih bisa diatasi atau perlu menggantinya. Bila belum parah kita bisa meratakan klep yang telah aus dengan mengampasnya hingga rata kembali, namun jika sudah patah atau sobek sebaiknya ganti dengan yang baru.

3. Kebocoran pada jalur pengisian pipa.

Penyebab selanjutnya mengapa kompresor lama mengisi karena adanya kebocoran pada jalur pengisian Kebocoran biasanya terjadi pada sambungan drat masing-masing pada ujung pipa yang terhubung pada blower atau tabung kompresor.

Untuk mengetahui bocor tidaknya sambungan pipa tersebut, kita bisa mengeceknya dengan cara membasai pakai air sabun dan meneteskanya. Jika terjadi kebocoran maka air sabun tersebut akan muncul gelembung-gelembung busa secara terus menerus.

Untuk mengatasi sambungan drat yang bocor kita cukup membalutkan selotif secukupnya kemudian kencangkan dan cek dengan air sabun, jika masih bocor tambahkan selotif dan pasang dengan kencang.

4. Drain Valve Bocor

Kebocorann pada datung juga membuat kompresor lama mengisi, penyebab tabung kompresor bocor disebabkan oleh drain valve yang kendor akibat getaran saat mesin dinyalakan.

Baca juga Cara Mencairkan Lem Alteco G Yang Sudah Beku dan Kering

Drain valve merupakan bagian pembuangan yang posisinya ada dibawah tabung kompresor, fungsinya sendiri untuk menguras air yang ada di dalamnya. Jika mengalami kebocoran akibat sering di copot, gunakan selotif untuk menyumbatnya atau mengganti dengan yang baru.

Itulah beberapa cara memperbaiki kompresor lambat mengisi angin dan beberapa poin penyebab nya. Agar usia pakai lebih lama dan tidak rewal jangan lupa untuk mengecek ketersediaan oli dan bersihkan filter udara jika sudah kotor. Semoga bermanfaat dan terimakasih kunjunganya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas