Cara Mudah Memperbaiki Spray Gun Yang Yang Bocor

Cara memperbaiki spray gun yang bocor dan tersendat - Spraygun atau spet merupakan alat teknik yang wajib dipersiapkan sebelum proses pengecatan dimulai. Fungsinya sendiri sebagai pelontar cat atau mengantomisasi benda cair yang dikabutkan, sehingga membentuk suatu lapisan yang halus merata pada permukaaan bidang dengan bantuan angin bertekanan dari kompresor, namun saat ini juga ada tipe spray gun elektrik yang lebih praktis.

Macam-macam spray gun dibagi dua tipe yakni spraygun tabung atau dan bawah dengan teknologi hvlp dan lvlp. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing tergantung besar kecil dan bentuk objek yang dicat. Sementara untuk ukuranya ada beberapa pilihan diantaranya, F100, F75, K3 dan R3, semuanya sama-sama bisa dipakai untuk mengecat dengan bantuan angin kompresor.

Jika ingin mengecat mobil sebaiknya pakai tipe spray gun F5 atau bisa F100, sementara untuk motor pakai yang lebih kecil yakni K3 atau R3. Ya.. body motor ini ukuranya tidak terlalu besar/lebar, jadi paling pas pakai spray gun kecil. Sebetulnya sih bisa pakai F75, hanya saja banyak residu cat yang terbuang percuma atau lebih boros cat karena sembuaran yang leluar dari lubang nozzel lebih lebar.

Seiring lamanya pemakian spray gun menuai beberapa masalah mulai dari angin yang kembali ke tabung atau tersumbat sehingga semburan cat yang keluar tidak merata. Beberap permasalahan tersebut diakibatkan sisa cat atau residu yang mengendap dan mengeras didalamnya, jadi perlu di bongkar untuk membersihkanya.

Cara Memperbaiki spray gun yang bocor dan tersendat

Spray gun yang bocor disebabkan seal karet di dalamnya rusak sehingga cat bisa merembes keluar, jadi kita perlu mengganti seal tersebut. Yaa.. seal nozzel spray gun ini tidak ada yang menjual nya ya masbro, jadi kita perlu mengakalinya.

Baca juga Merk Clear Jahat Yang Bagus Untuk Cat Mobil dan Motor

Sebelumnya sih cukup gampang memperbaikinya ya, kita cukup menggunakan sealotif yang biasa dipakai buat pasang keran air. Lantas bagaimana cara menggunakan nya ??

Sebelumnya kita perlu membongkar spray gun terutama pada jarum skep dan nozzelnya, bila tidak pernah dibuka mungkin sedikit keras ya mabro, jadi agar tidak patah di dalam hati-hati saat membukanya. Jangan lupa untuk melepas baut kecil yang ada dibelakang nozzel.

Baca juga Kinclong mana? Perbedaan Kit Paste Wax Warna Biru dan Kuning

Kemudian lilitkan sealotif secukupnya di depan buat pengaturan jarum spray gun, agar terikat kuat tarik sealotif saat menggulungnya. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar dibawah ini.


Jika sudah pasang kembali baut sampai kencang, mungkin ini akan teras berat ya masbro. Namun setelah kencang selotif dialamnya akan menjadi memadat dan menjadi seal, sehingga cat tidak kembali merembes keluar.

Cara merawat spray gun agar lebih awet

Karena fungsinya cukup fital, spray gun perlu dirawat agar mampu menyemburkan cat secara halus dan tidak pecah tengah. Agar lebih awet cuci bersih spray gun dengan thinner setelah digunakan terutama bagian dalamnya dan pastikan seluruh lubang nozzel tidak ada sumbatan.

Baca juga 8 Merk Cat Kompresor Yang Bagus Untuk Body Motor

Sebaiknya jangan menyisakan cat atau thinner di dalam spray gun setelah digunakan. Tindakan ini justru membuat beberapa seal di dalam menjadi getas atau rusak akibat terlalu lama terendam thinner.

Demikianlah tips kali ini bagaimana cara memperbaiki spray gun yang bocor dengan mudah. Meski harganya murah seratus ribuan jika dirawat dengan baik dan sering dibersihkan tentu masa pakainya bisa lebih lama dan tidak bakalan tersendat. Semoga bermanfaat dan terimakasih kunjunganya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas