Cara Mencairkan Lem Fox Kayu Yang Sudah Kering dan Mengeras

Cara mencairkan lem kayu yang sudah kering dan mengeras - Hallo dulur... Mungkinn kita tidak asing dengan merk lem serbaguna fox dimana pada kehidupan sehari-hari banyak dipakai dalam dunia perbengkelan atau untuk merekatkan beberapa perabotan rumah yang terlepas. Semisal untuk menempelkan kembali alas sepatu atau bisa juga buat campuran untuk plamir tembok rumah.

Dibanding dengan produk lain lem ini memang berdaya rekat kuat dan tahan air jika proses pengeleman dilakukan dengan baik dan benar. Lem fox sendiri terdapat dua tipe yakni warna kuning dan putih, keduanya memiliki fungsi yang berbeda meski sama-sama sebagai perekat.

Seperti yang sudah kami singgung tadi fungsi atau kegunaan lem fox warna kuning adalah untuk merekatkan beberapa objek misal menempelkan alas sepatu/sendal yang terkelupas, mengelem kembali kulit jok/sofa yang lepas atau menempelkan pernak pernik diatas dashborad mobil dan lain sebagainya.

Sementara untuk warna putih banyak dipakai pada bidang furnitur, untuk kerajinan berbahan kertas, perekat wallpaper dinding atausebagai campuran plamir tembok.  

Cara mencairkan lem fox kayu yang sudah kering dan mengeras

Seiring lama tidak digunakan tentu sisa lem ini akan kering dan mengeras. Sebaiknya jika masih ada sisi simpan rapat-rapat jangan sampai ada udara yang masuk, sehingga masih bisa dipakai saat dibutuhkan. Namun anda tak perlu khawatir karena lem yang terlanjur mengering pasih bisa dipakai dengan mencairkanya terlebih dahulu, berikut penjelasanya.

Mengencerkan lem fox dengan thinner/alkohol

Baca juga Cara Mencairkan Lem Alteco G Yang Sudah Beku dan Kering

Thinner merupakan cairan kimia yang fungsi utamanya adalah untuk melarutkan cat. Tiner juga cukup bagus dipakai untuk mengencerkan lem fox putih yang mengering. 

Semua jenis thiner bisa dipakai ya masbro, cukup campurkan thiner dengan lem diwadah yang sudah tersedia lalu aduk hingga keduanya menyatu dan mencair. Untuk takaranya cukup disesuaikan dengan kebutuhan. Baca juga Cara Mencairkan Lem Aibon Fox Kuning Yang Sudah Kering dan Mengeras

Mengencerkan lem fox dengan air mendidih

Cara kedua ini sering kami pakai saat sisa lem sudah mengental saat ingin dipakai, dibanding dengan thiner tentu pemakian air panas jauh lebih murah. Baca juga [TERUNGKAP] Cara Membedakan Oli MPX 2 Asli dengan Oli Palsu

Mengapa harus dengan air panas/mendidih ? Dengan menggunakan air yang bersuhu panas tentu lem akan cepat menyatu dan mencair saat keduanya dicampurkan. Akan tetapi jika pakai air biasa, daya rekat lem justru berkurang dan kurang bisa menyatu.

Tidak disarankan untuk menggunakan spirtus atau bensin untuk mengencerkanya ya, memakai kedua cairan ini justru membuat lem menggumpal dan sulit untuk dipakai kembali serta menggurangi daya rekatnya. 

Nah demikianlah sedikit tips bagaimana cara mencairkan lem fox kayu yang sudah kering dan mengeras agar bisa dipakai kembali. Semoga artikel kali ini bisa bermanfaat sekian dan terimakasih kunjunganya. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas