Penyabab dan Ciri-ciri Kompresor AC Mobil Rusak

Penyebab dan ciri-ciri kompresor  ac mobil rusak - Hallo dulur... Agar makin nyaman berkendara, kondisi interior mobil harus dalam kondisi bersih dan wangi. Namun itu saja tidak cukup, pasalnya saat siang hari berkendara makin panas sehingga perlu penyejuk udara. Agar mampu mengeluarkan udara dingin AC harus benar-benar dalam kondisi bagus, pasalnya tak sedikit yang mengeluhkan hanya keluar angin saat dinyalakan. 

Beberapa kerusakan yang sering dialami sistem pendingin udara yang sering dialami adalah pada bearing kompresor. Dimana kompresor merupakan komponen vital agar mesin AC dapat bekerja, fungsinya adalah menyerap hawa panas dari refrigerant (zat pendingin) dan melepaskanya ke udara. Dengan adanya kompresor, sirkulasi udara panas menjadi dingin dapat terjadi dan udara pun menjadi sejuk saat freon dipompa keluar.

Sayangnya, sama halnya dengan komponen lain, kompresor AC juga ada masa pakainya dan tak sedikit yang mengalami gangguan sehingga kinerjanya terganggu. Entah itu karena kurangnya perawatan atau karena faktor usia yang memaksa kita mengganti yang baru. Gangguan atau kerusakan pada kompresor perlu terdeteksi sejak dini agar kerusakan tidak meluas/parah. 

Penyebab dan ciri-ciri kompresor AC mobil rusak

1. Udara yang keluar kurang sejuk

Baca juga Perbedaan Oli Shell Helix HX5 dan HX7, Mana Yang Lebih Unggul

Fungsi utama AC pada mobil adalah mengeluarkan udara sejuk, sehingga berkendara saat siang hari terasa adem dan nyaman. Namun, jika sistem pendingin mobil ini mengalami gangguan udara yang keluar dari kisi-kisi AC pun terasa panas, penggap karena ruang kabin minim oksigen. Nah kondisi ini bisa jadi ciri-ciri kompresor AC mobil kamu bermasalah.

Jika kompresor AC sudah kehilangan tekanan, kinerja AC pun tidak bisa maksimal bahkan mati. Saat pertama kali dinyalakan AC memang mengeluarkan udara yang dingin. Nmaun hembusan udara yang sejuk lama-kelamaan akan melemah dan menghilang sehingga hanya terasa angin saja. Jika kejadian ini dibiarkan, tekanan komprersor akan hilang dan AC tidak bisa mendinginkan udara di ruang kabin.

2. Munculnya bunyi kasar

Baca juga 3 Perbedaan Oli Shell Kuning dan Biru...Mana Yang Unggul

Ciri lain yang bisa kamu rasakan jika kompresor AC rusak adalah munculnya suara kasar yang terdengar grok saat AC dinyalakan. Bunyi tersebut bisa muncul jika ada komponen yang aus didalam ruang kompresor, bisa komponen piston atau bearing yang telah aus. Bisa juga karena oli kompresor yang kualitasnya menurun atau volumenya berkurang.

Jik muncul bunyi kasar saat AC dinyalakan, ada baiknya untuk segera melakukan pengecekan dibengkel. Pemeriksaan dibengkel bisa membantu kamu mengetahui dari mana sumber bunyi dan apa penyebabnya, apakah memang terjadi pada kompresor AC atau komponen mesin lainya yang bermasalah.

3. Kebocoran refrigerant/freon

Kebocoran freon juga bisa menjadi ciri kompresor ac mobil rusak. Saat mesin kompresor mengalami troubel, maka refrigerant tidak dapat bersirkulasi dengan baik. Alhasil refrigeant akan bocor dan bahkan dapat keluar dari sistem pendingin mobil. Jika terus dibiarkan refrigerant akan cepat habis, bahkan dalam hitungan minggu.

Selan boros, kebocoran refrigerant justru bisa membahayakan pengguna mobil. Jika terhirup uap refrigerant bisa menggangu sistem pernapasan dan menyebabkan sesak napas. Bila terhirup dalam jumlah banyak, bisa membuat iritasi mata dan tenggoroakan. Sehingga untuk mencegah masalah ini terjadi, sebaiknya lakukan pengecakan di bengkel AC jika beberapa ciri tadi terjadi pada mobil kamu.

4. Suhu AC kurang stabil

Baca juga Cara Menghilangkan Bekas Lem Alteco Pada Cat Mobil 

Terakhir, jika kompresor rusak tentu membuat AC kurang stabil bahkan mati atau hanya mengeluarkan angin yang panas. Ya. Kerusakan yang terjadi pada kompresor akan membuat sistem kerja AC untuk mendinginkan suhu kabin akan lemah, kadang dingin kadang panas.

Jika ciri ini terjadi pada mobil kamu, bisa dipastikan kerusakan terjadi pada magnetic cluth kompresor ac mobil. Magnetic cluth yang telah melemah membuat kompresor kesulitan menyerap freon, dampaknya sirkulasi AC terganggu dan udara sejuk yang keluar pun tidak stabil.

Bagai mana ? Sangat mudah bukan mengetahui ciri-ciri kompresor AC mobil rusak dengan mendetiksinya sejak awal, kamu bisa mencegah kerusakan menjadi sangat parah dan parahnya jika dibiarkan bisa merambat ke komponen lain. Sehingga biaya perbaikan bisa berkali lipat. Sekian semoga bermanfaat dan terimasih kunjunganya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas