KENALI Ciri-ciri magnet Clutch AC Mobil Rusak

Ciri-ciri magnet clutch AC mobil rusak - Hallo dulur... Pada beberapa kendaraan tua tahun 2000 kebawah kebanyakaan sistem pendingin udara tidak berfungsi dengan sempurna bahkan ada beberapa yang mati dan membiarkan begitu saja. Seperti yang kita tahu tak sedikit biaya yang perlu kamu keluarkan untuk peremajaan mesin AC ini agar kembali normal dan mengeluarkan udara sejuk.

Namun tidak menutup kemungkinan mobil tahun muda juga bisa mengalami kerusakan pada sistem AC ini. Jika ada beberapa komponen yang rusak/aus tentu AC tidak mampu bekerja maksimal, sehingga udara yang keluar melalui kisi-kisi terasa seperti kipis angin tidak dingin bahkan angin yang dihembuskan terkadang terasa panas. 

Sebetulnya gejala AC rusak bisa kita ketahui sejak awal, namun tak sedikit yang membiarkan begitu saja sehingga kerusakan menjadi lebih parah. Beberapa tanda yang kerap muncul diantaranya, muncul suara tak wajar saat AC dinyalakan dan udara kurang sejuk tidak stabil, maka hal ini bisa menjadi indikator awal kerusakan dari sistem pendingin.

Kompresor merupakan salah satu komponen vital yang ada pada sistem pendingin mobil. Komponen ini bertugas menyerap hawa panas dari refrigerant atau zat pendingin/freon dan melepaskanya ke udara. Dengan adanya kompresor, sirkulasi udara pada sistem pendingin mobil dapat terjadi sehingga kamu bisa menikmati udara sejuk dari AC. Bayangkan jika komponen ini rusak, yang pasti proses pendinginan suhu tidak akan terjadi.

Ciri-ciri magnet clutch AC mobil rusak

Fungsi magnetic clutch AC mobil adalah untuk menghubungkan putaran mesin dengan kompresor. Saat dinyakan pully akan berputar terus menerus mengikuti putaran mesinyeng terhubung melalui komponen fan belt. Komponen ini juga sering disebut sebagai pengaktif dan men non aktifkan kerja kerja kompresor saat suhu kabin sudah dingan dan akan kembali berputar jika suhu dingin menurun.

Baca juga 3 Perbedaan Oli Shell Kuning dan Biru...Mana Yang Unggul

Karena memiliki tugas sangat vital, keberadaanya harus benar-benar fit sehingga proses pendingian udara dalam kabin berjalan lancar. Jadi penting mengetaui ciri ciri magnetic clutch ac mobil rusak berikut adalah beberapa tanda kerusakan yang bisa kamu deteksi.

1Ciri pertama magnet clucth bermasalah adalah hembusan ac yang keluar hanya terasa angin dan tidak dingin atau bisa saja hembusan angin yang keluar akan dingin ketika mobil dalam kecepatan tinggi. 

Baca juga Cara Termudah Menghilangkan Bekas Double Tape 3m Pada Body Mobil

Saat kodisi tertentu udara yang keluar terasa panas dingin kadang panas lalu dingin dan panas lagi dan dingin lagi. 

2. Jika kondisinya memang rusak atau bermasalah terkadang jika suhu disekitar panas atau saat siang hari magnetic akan mati dengan sendirinya atau tidak dapat bekerja dan saat malam hari akan hidup dan suhu udara yang keluar akan dingin terus.

3. Untuk lebih memastikan rusak tidaknya magnetic, cek pada bagain puli magnetic clutch muncul warna gusong, ini bisa menjadi tanda kerusakanya. Bekas gosong ini bisa terjadi pergesekan fan belt saat berputar.

4. Saat AC kondisi on rpm akan terasa naik dan dibarengi dengan suara clak-clak cukup keras yang terdengar dari sistem komponen AC.

Indikasi ini dapat terjadi pada mobil tua dan keluaran terbaru sekalipun, jadi jika tanda ini terdeteksi pada kendaraan kamu segeralah untuk melakukan pengecekan di bengel AC untuk segera diperbaiki.

Penyebab magnetic clutch AC mobil cepat rusak

Cepat rusaknya magnet clutch disebabkan cara pengoprasian AC yang salah atau memang faktor usia sehingga perlu diremajakan.

Baca juga [TERUNGKAP] Cara Membedakan Oli MPX 2 Asli dengan Oli Palsu

Pengoprasian AC yang salah adalah sering mengaktifkan dan menonaktifkan kembali yang bertujuan menghemat konsumsi bahan bakar. Namun efeknya membuat kinerja magnet clutch cepat putus, nyambung, putus dan nyambung kembali. Sehingga saat putaran mesin sedang tinggi justru membuat gesekan clutch berlangsung kasar, efeknya lama kelamaan magnetic clutch cepat aus.

Nah, itulah tadi beberapa ciri-ciri magnet clutch AC mobil rusak dan faktor penyebabnya. Jika beberapa indikasi ini muncul bersegeralah untuk membawanya langsung ke bengkel apakah masih bisa diperbaiki atau harus diganti. Semoga artikel kali ini bermanfaat, sekian dan terimakasih kunjungnya

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas