5 Tanda Bearing Kompresor AC Mobil Rusak dan Penangananya

5 Tanda bearing kompresor ac mobil rusak - Hallo dulur... Bagi sejumlah pengendara mobil kerap dipusingkan dengan permasalahan yang terjadi pada mesin pendingin atau AC. Dimana terkadang hanya keluar angin saja, yang membuat ruang kabin terasa sumpek sehingga berkendara terasa kurang nyaman. Selain terasa panas, jika AC tidak berfungsi justru membuat kaca berembun saat terjadi hujan, tentu ini sangat membahayakan akibat jarak pandang terhalang.

Banyak faktor mengapa AC tidak berfungsi dengan normal atau bahkan tidak beraksi sama sekali saat dinyalakan. Mulai dari isi freon berkurang/habis, selang mengalai kebocoran atau bearing AC tidak bekerja dengan sempurna. Jika beberapa komponen ini mengalami masalah tentu saja AC tidak mampu mengsirkulasikan udara yang dingin.

Agar tidak mengalamai kerusakan penting untuk menjaga mesin pendingin udara ini agar tidak terjadi malah. Pasalnya jika rusak tak sedikit biaya yang perlu kamu keluarkan untuk perbaikan bisa 500 sampai dua jutaan lebih jika kerusakan terjadi pada komponen vitalnya.

5 Tanda bearing kompresor AC mobil rusak 

Kompresor Ac merupakan komponen vital agar sistem pendingin udara dapat bekerja. Sebab, tugas kompresor adalah memberi tekanan pada agen pendingin cooling agent dan kemudian menyalurkanya. 

Jika kompresor mengalami masalah, maka AC pun tidak mampu mengeluarkan udara sejuk untuk mendingkan ruang kabin. Kerusakan pada kompresor AC bisa saja muncul dari bearingnya. Untuk bisa mengetahuinya berikut ciri-ciri bearing kompresor AC rusak.

1. Udara yang keluar terasa panas

Baca juga 3 Perbedaan Oli Shell Kuning dan Biru...Mana Yang Unggul

Ciri pertama yang mudah kamu rasakan dengan mudah, yakniu dengan merasakan hembusan udara yang keluar dari kisi-kisi AC. Jika hembusan udara yang keluar saat AC dinyalakan, bisa jadi bearing kompresor AC mobil mengalami kerusakan. Jika bearing rusak otomatis tidak mampu menyalurkan refrigerant sehingga hembusan udara yang keluar tidak sejuk.

2. Munculnya suara aneh

Komponen AC terdiri dari beberapa komponen yang sistem kerjanya saling bersangkutan. Maka saat komponen satu rusak atau tidak bekerja dengan sempurna, otomatis komponen lainya juga ikut terpengaruh.

Begitu juga saat bearing rusak, salah satu ciri-ciri yang bisa dirasakan saat bearing kompresor mengalami kerusakan adalah munculnya suara aneh secara tiba-tiba yang berasal dari ruang kompresor. Bagian yang rusak bisa saja bersunginggungan dengan komponen lain sehingga menimbulkan suara atau decitan yang terdengar nyaring.

3. Merembesnya cairan pendingin

Disekitar kompresor AC terdapat bantalan internal, fungsinya adalah sebagai penahan cairan pendingin agar tidak merembes keluar dari ruang kompresor.

Baca juga Cara Termudah Menghilangkan Bekas Double Tape 3m Pada Body Mobil

Namun, seiring dengan lamanya pemakian mobil bagian ini bisa mengakami penurunan fungsi akibat faktor usia sehingga bantalan bisaa aus bahkan rusak. Jika ini terjadi maka cairan pendingin dapat merembes keluar memalui bagian-bagian yang aus.

4. AC lebih sudit diatur

Baca juga Cara Mencairkan Lem Alteco G Yang Sudah Beku dan Kering

Kerusakan yang terjadi pada bearing dapat membuat kinerja kompresor AC terganggu. Tugas dari kopling kompresor ini adalah untu mengatur kapan kompresor aktif dan non aktif. Alhasil AC pun akan sulit diatur, takan AC bisa tiba-tiba kencang atau mati mendadak jika komponen ini rusak. Kualitas udara yang dikeluarkan pun cenderung buruk dan minim oksigen.

5. Memperbaiki bearing kompresor AC mobil yang rusak

Baca juga Cara Menghilangkan Bekas Lem Alteco Pada Cat Mobil

Jika beberapa ciri-ciri diatas terjadi pada sistem pendingin AC mobil kamu, besar kemungkinan bearing kompresor memang telah rusak. Lantas apa yang perlu dilakukan ? Sebenarnya dengan mengganti bearing kompresor AC yang rusak sudah cukup dan anda masih tetap bisa mengguanakan kompresor yang lama.

Hanya sajaa, ini tidak disarankan untuk pemakian jangka panjang. Sebab jika kerusakan terjadi pada mesin kompresor akan cepat menyebar dan membuat kerusakan pada komponen lain. Untuk itu, ada baiknya untuk mengganti kompresor AC dengan yang baru jika beberapa tanda tadi terlihat saat AC kamu nyalakan.

Itulah beberapa tanda bearing kompresor AC mobil rusak dan cara memperbaikinya. Jika beberapa ciri-ciri diatas terjadi pada mobil kamu bersegeralah untuk melakukan pengecekan di bengkel khusus agar kerusakan tidak merambat komponen lain dan semakin parah. Sekian, semoga bermanfaat dan terimakasih kunjunganya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas