Kenali 5 Penyebab Mobil Bergetar Saat AC Dihidupkan

Penyebab mobil bergetar saat AC dihidupkan - Hallo dulur... Beberapa pengendara sering dipusingkan dengan malah pada sistem pendingin udara. Ya.. Kondisi AC yang normal tentu membuat berkendara makin nyaman terutama saat siang hari yang terasa panas dan di musim hujan seperti sekarang untuk menghindara kaca berembun.

Tak sedikit mobil-mobil tua tahun 2000 kebawah yang membiarkan sitem pendingin udara ini dibiarkan mati. Bukanya tanpa alasan, tak sedikit biaya yang perlu digelontorkan guna memperbaiki ac mobil yang rusak. Seperti yang kita tahu Ac terdiri dari beberapa komponen, dimulai dari mesin kompresor, selang AC, evaporator, radiator dan lainya. Jika salah satu komponen ini mengalami kerusakan dan perlu diganti bisa satu sampai tiga jutaan lebih untuk menggantinya.

Pernahkah kamu merasakan mesin mobil bergetar ? Mungkin saja masalah ini pernah kamu alami namun hanya membiarkan betu saja tanpa melakukan pengecekan yang lebih mendalam. Padahal ada satu kondisi ketika mesin dan body mobil ikut bergetar saat AC dihidupkan. Bila ini terus terjadi, berarti ada beberapa komponen yang menjadi penyebabnya. Jika hal ini terjadi ada baiknya untuk meneliti lebih lanjut untuk menghindari kerusakan lainya.

Penyebab mobil bergetar saat AC dihidupkan saat rpm rendah

Tentu kita akan merasa risih saat mendengar getaran yang sangat terasa meski berada di dalam ruang kabin sekalipun. Nah apa saja yang menjadi penyebabnya ? Simak penjelasanya dibawah ini.

1. Masalah sistem Idle Up

Baca juga Cara Menghilangkan Bekas Lem Alteco Pada Cat Mobil

Gejala yang menimbulkan mesin dan body mobil ikut bergetar saat ac nyala biss disebabkan adanya kerusakan pada sistem idle up nya. Hal ini bisa terjadi saat rpm turun terlalu rendah namun saat ac dimatikan getaran tidak terjadi lagi. Tentu jasa problem ini segera diatasi untuk menghindari masalah merambat komponen lainnya.

Perihal masalah sistem idle up AC, ketika mesin mobil bergetar saat AC dinyalakan ternyata tidak mampu membuat ruang kabin menjadi dingin. Beban mesin yang bertambah saat rpm rendah membuata kinerjanya tambah berat. Inilah yang membuat kerja kompresor AC kurang maksimal. 

Masalah pada idle up sebetulnya masih bisa diatasi dengan cepat jika kamu mematikan AC mobil. Namun ini akan membuat ruang kabin menjadi panas, untuk itu segaralah cek sistem sensor dan akuator. Jika memang kinerjanya sudah buruk, segeralah untuk menggantinya. Sehingga mesin tidak akan bergetar lagi saat AC kamu nyalakan.

2. Bearing AC mobil rusak

Baca juga [TERUNGKAP] Cara Membedakan Oli MPX 2 Asli dengan Oli Palsu

Selanjutnya bisa terjadi karena bearing AC mengalami kerusakan. Bearing atau pulley yang rusak membuat putaran AC jadi tersendat. Saat putaran tersendat inilah yang memicu munculnya getaran.

Jika gejala ini terjadi, segeralah untuk melakukan perbaikan. Karena jika dibiarkan terus-menerus, bagian timing belt juga mengalami kerusakan yang membuat biaya perbaikan semakin membengkak. 

3. Sistem AC mobil buntu

Penyebab lain yang membuat mesin tiba-tinba mengalami getaran saat Ac menyala adalah sistem AC mobil mengalami buntu. Kasus semacam ini memaang jarang dijumpai. Biasanya penyebab utamanya adalah terjadinya frosting di bagian saluran AC.

Baca juga 3 Perbedaan Oli Shell Kuning dan Biru...Mana Yang Unggul

Frosting merupakan pembekuan freon yang membuat aliranya jadi tersendat Padahal freon perlu bersirkulasi dengan lancar dan tidak ada rintangan agar bisa terus memberi udara dindin didalam ruang kabin. 

Sistem kerja freon AC mobil sebetulnya tidak jauh beda dengan pendingin ruangan rumah yang memerlukan aliran aliran udara yang baik pada sistem AC. Itulah mengapa kondensor AC selalu ditempatkan di luar ruangan. Dengan posisi tersebut, sudah pasti sirkulasi udara jadi lebih baik. Ini juga yang harus dipenuhi di dalam sistem AC mobil. Jangan sampai sirkualasi AC mengalami buntu, jika aliranya sudah terhambat, secara otomatis mesin akan ikut bergetar saat AC dinyala.

Nah, itulah beberapa penyebab mobil bergetar saat AC dihidupkan yang bisa kamu cek satu persatu. Agar masa pakainya lebih lama rajinlah untuk merawat mesin pending udara ini, toh tak sedikit biaya yang perlu kamu keluar untuk memperbaikinya jika rusak. Sekian semoga bermanfaat dan terimakasih kunjunganya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas