10 Penyebab AC Mobil Tidak Dingin Hanya Keluar Angin

Penyebab ac mobil tidak dingin hanya keluar angin - Hallo dulur... Air Conditioning atau sering disebut AC merupakan salah satu komponen yang membuat berkendara semakin nyaman baik saat cuaca yang panas atau saat terjadi hujan. Ya.. Dengan adanya mesin mendingin ini ruang dalam kabin terasa sejuk terutama saat berpergian disiang hari. 

Cara kerja ac mobil sendiri diawali saat kamu menekan atau menyalakan AC dinama kompresor akan bekerja yang digerakkan mesin guna memompa dan mengsirkulasikan freon yang berupa gas ke dalam sistem pendingin. Kemudian freon dialirkan menuju kondensor untuk didinginkan dengan cara melepas panas ke udara melalui sirip kondensor. Pada kondisi saat itu juga freon yang didinginkan berubah bentuk dari gas ke cair.

Kemudian freon yang sudah menjadi cair, dialirkan ke filter/dryer untuk disaring dari uaa air maupun residu lain yang ikut terbawa dalam sistem pendingin. Freon yang sudah disaring kemudian dialirkan ke katup ekspasi untuk menurunkan tekanannya. Dengan menurunkan tekanannya maka secara otomatis suhu temperatur juga ikut menurun. Penurunan tekanan ini juga akan membuat freon menjadi kabut. 

Selanjutnya freon akan dialirkan ke evaporator hingga evaportor bersuhu dingin. Udaya di dalam kabin yang awalnya panas diserap melalui evaporator, maka otomatis saat melewati evaporator yang dingin, udara yang awalnya panas akan menjadi sejuk/dingin. Udara ini kemudian dialirkan kembali kerunganan yang membuat sekelilingnya menjadi sejuk.

Mungkin beberapa pemilik mobil pernah merasakan sistem pendingin AC yang kurang dingin bahkan tidak dingin sama sekali dan hanya merasakan angin saja yang keluar dari lubang kisi-kisi. Bahkan ada yang mengalami saat AC nyala malah mengeluarkan udara bersuhu panas sehingga ruang kabin terasa sumpek dan kurang nyaman.

Penyebab AC mobil tidak dingin hanya keluar angin

Masalah AC mobil tidak dingin bisa disebabkan beberapa faktor dan jangan berkifir karena freon habis saja. Untuk mengetahui penyebabnya yang lebih spesifik, berikut penjelasanya.

1. Thermistor rusak 

Baca juga Cara Termudah Menghilangkan Bekas Double Tape 3m Pada Body Mobil

Thermistor meruapakan salah satu komponen AC yang bertanggung jawab yang mengirim sinyal ke kompresor untuk berhenti bekerja saat suhu kabun sudah mencapai temperatur suhu yang disesuiakan sesuai pengaturan AC.

Jika thermistor ini rusak maka tidak akaan ada sinyal yang dikirim ke mesin kompresor. Alhasi kompresor akan terus bekerja memompa freon hingga evaporator membeku, kondisi ini bisa menjadi salah satu penyebab mengapa AC hanya mengeluarkan angin.

2. Fan belt terputus

Fungsi fan belt pada sistem pendingin adalah untuk menyalurkan putaran mesin menuju kompresor.  Jika mengalami putus atau mengalami kerusakan, tentu saja menggangu kerja kompresor karena tidak mendapatkan pergerakan/perputaran mesin dengan sempurna. Tentu saja jika putus kompresor tidak bisa bergerak sama sekali.

Jika kompesor tidak begerak sama sekali, maka otomatis freor tidak bisa tersalurkan. Sehingga AC hanya mengeluarkan angin saja bahkan sama sekali tidak keluar jika kompresor mati.

3. Tersumbatnya evaporator

Baca juga 3 Perbedaan Oli Shell Kuning dan Biru...Mana Yang Unggul

Evapotaror yang tersumbat kotoran dan debu akan membuat aliran udara yang keluar dari blower akan terhambat. Jika mengalami sumbatan maka otomatis sirkulasi AC juga akan terganggu.

Memang hal wajar jika kotoran dan debu terperangkap ke evaporator memalui hisapan blower yang terhubung dengan komponen tersebut. Namun agar tidak mengalami sumbatan yang terlalu banyak maka jarin-rajinlah untuk membersihkan evaporator.

4. AC kelebihan tekanan

Sebaiknya saat kamu melakukan pengisian oli kompresor lakukan dengan hati-hati, sebab pengisian oli yang jumlahnya berlebih justru membuat tekanan di dalam freon AC meningkat. Jika sudah meningkat, maka akan membuat kompresor jadi cepat panas.

Hal selanjutnya yang akan terjadi adalah menghambat proses kondensasi. Padal seperti yang sudah kami jelaskan tadi, kondensasi merupakan proses penting untuk menurunkan suhu. Jika proses ini terganggu AC mobil yang keluar tidak akan dingin lagi.

5. Exstra fan mati

Baca juga Cara Menghilangkan Bekas Lem Alteco Pada Cat Mobil

Penyebab lain mengapa ac mobil kurang dingin adalah komponen exstra fan mati. Jika komponen yang ada didepan kondensor ini mati, maka akan memperngaruhi proses kondensasi.

Padahal kondensasi merupakan proses yang membuatapenurunan suhu di dalam kondensor. Jika exstra fan ini tidak berputar, otomatis proses penurunan suhu tidak akan terjadi. Akhirnya ruang dalam kabin pun akan terasa panas.

6. Kondensor kotor

Cara kerja kondensor perlu kamu pahami dan ketahui terlebih dahulu sebelum membersihkanya. Kondensor merupakan bagian AC yang bertugas membuang suhu panas yang dilepaskan kompresor.

Jika bagian ini sampai kotor, maka bisa juga menjadi penyebab mengapa AC mobil hanya keluar angin. Untuk menghindari kondensor cepat kotor, kamu harus rutin membersihkan sebelum kotoran menumbuk dan menimbulkan sumbatan.

7. Kompresor AC rusak

Jika kondensor Ac kamu bersih, tetapi sitem pendingin tidak bisa bekerja maksimal maka bisa jadi penyebanya terletak pada kompresor yang sudah aus atau rusak akibat faktor usia.

Ciri kompresor rusak adalah sight glass berwarna hitam. Jika tanda ini muncul, maka menandakan receiver dray atau exspansion valve mengalami sumbatan.

8. Freon habis

Baca juga Cara Sederhana Membuat Semir Ban dari Sunlight

Agar dapat berfungsi sebagai pendingin, AC butuh freon. Jika freon ini habis, dapat dipastikan AC hanya mengeluarkan angin saja layaknya kipas angin. 

Jika memang freon habis, sebelum kamu isi ulang kembali cek terlebih dahulu beberapa komponen AC seperti pada selang dan komponen apakah mengalami kebocoran atau tidak. Jika ada yanag bocor maka perbaiki terlebih dahulu sebelum frein diisi kembali.

Jika hanya diisi tanpa melakukan pengecekan bila ada komponen yang bocor, maka sudah dipastikan freon akan cepat habis bahkan tidak sampai satu minggu.

Perlu kamu ketahui, freon pada AC mobil ini tidak akan habis jika tidak mengalami kebocoran. Kalaupun habis butuh waktu lama mungkin bisa 10 tahun lebih.

9. Isi freon sudah tua

Semua komponen mobil tentu ada masa pakainya tak terkecuali ini freon. Jika terlalu lama tentu freon tidak dingin kembali sehingga perlu dilakukan pengisian ulang.

Ciri-ciri freon yang sudah tua bisa kita rasakan saat menghirupnya, dimana saat  AC nyala namun saat dihirup hidung tidak terasa/berbau khas seperti udara dingin dari AC dapat dipastikan isi freon memang sudah tua.

Itulah penjelasan dari kami beberapa penyebab AC mobil tidak dingin hanya keluar angin yang perlu kamu ketahui sebelum memutuskan untuk mengisi ulang freon kamu. Sekian semoga bermanfaat dan terimakasih kunjunganya. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas