Penyebab Freon AC Mobil Cepat Habis Tapi Tidak Bocor dan Cara Mengatasinya

Penyebab freon ac mobil cepat habis tapi tidak bocor - Hallo dulur... Kondisi AC yang selalu dingin tentu membuat berkendara terasa nyaman tidak merasa pengap dan keteteran saat terjadi hujan akibat kaca beraksi ngembun. Namun seiring dengan pemakian sistem pendingin udara ini terkadang mengalami trobel sihingga saat dinyalakan terkedang hanya mengeluarkan angin atau bahkan tidak beraksi sama sekali.

Penyebab AC hanya mengeluarkan angin bisa saja disebabkan jumlah freon yang berkurang atau malah habis. Secara fungsi freon berperan sebagai sumber pendingin udara, sehingga saat habis jelas AC mobil tidak akan terasa dingin.

Jika sudah habis logikanya kita akan mengisinya kembali agar fungsi AC kembali normal. Namun sebelum pengisian ulang, tentu kamu perlu melakukan pengecekan dibeberapa komponen selang apakah mengalami kebocoran atau ada seal yang telah aus. 

Ya.. Freon merupakan gas yang gampang sekali menguap jika ada bagian yang bocor meski sekecil jarum pentul sekalipun. Jadi sebelum mengsinya kamu perlu mendeksinya, agar setelah diisi tidak akan habis kembali. 

Penyebab freon AC mobil cepat habus tapi tidak bocor dan cara mengatasinya

Namun ternyata freon yang cepat habis bisa saja terjadi mesti tidak terdeteksi adanya kebocoran. Penyebabnya bisa bermacam-macam mulai dari kerusaakan dari pada beberapa komponen atau seal yang telah aus. Untuk lebih jelasnya simak penjelasan dibawah ini.

Kerusakan pada magnetic clutch

Baca juga 3 Perbedaan Oli Shell Kuning dan Biru...Mana Yang Unggul

Magnetic clutch atau katup magnet merupakan bagian dari komposor AC mobil, dimana berfungsi sebagai penghubung putaran mesin dengan kompresor melalui fan belt/drive belt.

Kerusakan pada magnetic clutch bisa terjadi akibat mengoprasikan AC yang kurang sesui. Hal ini berupa menyalakan suhu terendah sehingga membuat kinerjanya putus nyambung dengan tempo terlalu cepat. Sebaiknya saat mobil melaju dalam kecepatan tinggi, maka pengaturan suhu AC berada pada putaran tertinggi. 

Sistem pendingin tekanan AC berlebih

Penyebab lain mengapa freon ac mobil cepat habis lainya adalah sistem tekanan ac yang berlebih. Hal ini disebabkan karena pengisian oli kompresor yang terlalu berlebih, sehingga membuat tekanan pada AC meningkat yang berdampak kompresor cepat panas. Maka akan berimbas pada terhambatnya proses kondensasi yang membuat ac tidak dingin.

Extra fan mati

Penyebab selanjutnya adalah Extra fan tidak bekerja. Hal ini dapat mempengaruhi kinerja AC sehingga tidak dapat mengeluarkan udara dingin. Jika komponen ini mati, maka akan mempengaruhi kondensator yang membuat tidak adanya penurunan suhu sehingga freon akan terasa panas dan masuk ke dalam kabin.

Baca juga Cara Termudah Menghilangkan Bekas Double Tape 3m Pada Body Mobil

Fan belt/drive belt putus

Pada permasalahn iniu tak sedikit pengemudi yang merasakanya. Fan belt yang terlepas dari sambunganya antara putaran mesin dan kompresor AC membuat kompresor tidak berputar. Sehingga kondensator tidak bisa bekerja dengan baik.

Penyebab gas freon yang cepat habis membuat AC mobil hanya pengeluarkan angin biasa tidak bersuhu dingin. Jika sudah putus, sebaiknya menggantinya dengan fan belt berkualitas sehingga masa pakainya lebih lama. Ada baiknya untuk memilih yang tahan panas, kedua hal ini penting ada perhatikan agar sistem pendingin mobil kamu tidak rusak kembali.

Evaporator unit indoor bocor

Sama halnya dengan kondensor pipa, evaporator unit indoor juga bisa mengalami permasalahan sama yakni kebocoran. Meski bocornya hanya sebesar jarum pentul, freon akan gampang menguap dengan cepat.

Faktor pengguaan dan usia yang terlalu tua membuatnya karatan dan fatalnya bisa kebocoran. Cara mengatasinya adalah dngan menggantinya atau alternatif lanya adalah dengan pengelasan pada titik yang bocor.

Cara mengatasi freon AC mobil yang cepat habis dan bocor

Baca juga [TERUNGKAP] Cara Membedakan Oli MPX 2 Asli dengan Oli Palsu

Cara tepat mengatasi isi freon yang cepat habis adalah dengan menyelidiki dahulu penyebabnya sesuai penjelasan diatas. Namun untuk mestikan adanya kebocoran secara pasti, kamu bisa mengeceknya dengan bantuan busa dari air sabun.

Untuk melakukanya meskin harus keadaan nyala dan posisi AC harus on. Selanjutnya oleskan air sabun secara merata menggunakan sponse ke seluruh saluran ac, mulai dari bagian selang hingga kompresor dan beberapa seal perekat. Jika ada kebocoran, maka gelembung akan muncul. 

Nah, jika memang ada kebocoran maka anda perlu menggantinya dengan yang baru agar freon tidak merembes keluar. Ada baiknya untuk membawanya ke bengkel spesialis AC secara langsung agar ditangani oleh ahlinya untuk menghindari hal yang tidak kita inginkan.

Oke temen-temen, demikianlah beberapa penyebab freon AC mobil cepat habis tapi tidak bocor dan cara mengatasinya agar ruang kabin kembali dingin lagi. Semoga artikel kali ini bisa bermanfaat, sekian dan terimakasih kunjunganya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas