Penyebab Freon AC Mobil Cepat Habis Tapi Tidak Bocor

Penyebab freon ac mobil habis tapi tidak bocor - Hallo dulur... Berkendara rasanya akan semakin nyaman jika kondisi ruang kabin terasa sejuk. Ya.. Peran AC disini sangatlah penting untuk mendinginkan udara yang panas saat siang hari, namun tak sedikit yang mengeluhkan mesin pendingin ini tidak bekerja dengan baik atau malah sama sekali tidak berfungsi.



Banyak faktor yang menyebabkan mengapa AC tidak bisaa mendinginkan ruang kabin dengan baik saat dibutuhkan, mulai dari freon yang habis, kerusakan pada kompresor atau beberapa komponen pendukung lain yang telah aus. Keberadaan freon sangatlah penting, dimana bertugas untuk mendingin ruangan yang panas dan pengap. Freon akan dipompa oleh kompresor kemudian disalurkan dan bersirkuasi ke dalam ruangan kabin dengan bantuan hembusan angin yang dihasilkan dari mesin blower.

Namun tak sedikit yang mengeluhkan freon ac mobil habis sehinggi sistem pendingin tidak bekerja dengan baik. Perlu kamu ketahui sebetulnya freon ac tidak bisa habis meski dipakai berkali-kali dalam jangka yang lama. Freon akan habis jika terjadi kebocoran meski hanya sebesar jarum pentul atau ada beberapa seal yang telah aus.

Penyebab freon ac mobil habis tapi tidak bocor


Ac mobil merupakan bagian terpenting saat berkendara disiang hari terutama saat kondisi yang sedang panas-panasnya. Meski sudah dinyalakan biasanya malah mengeluarlan udara yang panas dan tidak terasa dingin padahal freon baru diganti dan sudah dicek tidak ada kebocoran disemua komponen. Lantas apa yang jadi penyebab freon ac mobil habis tapi tidak bocor ?

Baca juga 3 Perbedaan Oli Shell Kuning dan Biru...Mana Yang Unggul

1. Elstra fan tidak berfungsi

Saat ekstra fan tentu akan menggangu kinerja komposor saat mempompa freon, kondisi inilah yang membuat proses pendingian suhu menjadi menurun. Akhirnya udara yang keluar saat ac di nyalakan malah terasa panas, jika kondisi ini terlalu lama dibiarakan, maka sudah pasti freon akan lebih cepat habis dalam jangka waktu yang lebih cepat.

2. Drive belt putus

Saat drive belt terputus dari sambungan antara putaran mesin dan kompresor ac akan membuat bagian kompresor tidak mampu berputar sehingga kondensator yang ada pun tidak akan bisa bekerja dengan baik.

Hal inilah yang bisa menyebabkan freon yang keluar dari mesin pendingin justru tarasa panas panas. Agar kembali normal dan bisa mendinginkaan suhu kabin dengan baik kamu perlu mengganti drive belt yang putus dengan yang baru.

3. Saluran pembuangan air drain hose tersumbat

Seiring lamanya pemakian saluran pembuangan air AC bisa saja tersumbat atau mapet akibat kerak dan kotoran yang lama menumpuk. Inilah yang menjadi salah satu penyebab ac mobil tidak bekerja dengan normal. Sehingga membuat freon akan lebih cepat habis meski tidak mengalami keboroan.

4. Kerusakan pada magnetic cluth

Baca juga Cara Termudah Menghilangkan Bekas Double Tape 3m Pada Body Mobil

Penyebab freon ac mobil cepat habis tapi tidak bocor juga bisa disebabkan kerusakan pada magnetic cluth. Seperti yang kita tahu fungsi magnetic clutch atau katup magnet adalah sebagai penghubung putaran putaran mesin dengan kompresor melalui vbelt. Jika sudah rusak tentu membuat suplai freon jadi terhambat.

5. Tekanan AC yang berlebih

Tekanan ac yang berlebih juga menyebabkan freon cepay habis meski tidak ada kebocoran pada pipi atau beberapa sealnya. Masalah ini bisa terjadi saat proses pengisian oli kompresor jumlahnya terlalu banyak. Alhasil tekanan AC malah semakin meningkat sehingga menyebabkan kompresor lebih cepat panas dana membuat freon lebih cepat menguap.

Biaya perbaikan Ac mobil yang tidak dingin


Tak sedikit para memilik mobil yang membiarkan begitu saja AC mobil yang rusak dan enggan untuk memperbaikinya kembali, pasalnya biaya perbaikian mesin pendingin ini cukup mahal bahkan menyentuh angka jutaan juta yang rusak adalah kompresornya sehingga perlu menggantinya dengan yang baru.

Sementara untuk biaya perbaikan ac mobil yang tidak dingin bervariasi ya masbro, jika hanya pengisian ulang freon biayanya cukup 200 sampai 250 ribuan ruang kabin sudah kembali dingin. Namun jika ada beberapa komponen yang telah aus sepeti seal-sealnya dan ada kebocoran paada selang bisa 400 ribuan tergantung seberapa parah kebocoran tersebut, belum termasuk ongkos freon.

Jadi bisa disimpulkan biaya perbaikan AC bisa sampai 700 ribuan, biaya tersebut bisa lebih mahal jika yang rusak adalah kompresornya atau harus ganti radiator ac.

Nah temen-temen demikianlah informasi seputar penyebab freon ac mobil cepat habis tapi tidak bocor beserta biaya perbaikianya. Semoga artikel kali ini berguna dan bermanfaat buat kamu semua, sekian dan terimakasih kunjunganya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas