Rincian Biaya Perbaikan Motor Matic Kehabisan Oli

Rincian biaya perbaikan motor matic kehabisan oli - Untuk menjaga performanya motor perlu dirawat sehingga berkendara semakin aman dan nyaman dalam jangka panjangnya. Besaran biaya perawatan tergantung tingkat kerusakan serta beberapa komponen yang perlu diganti. Jika sekedar servis ringan dan ganti oli mesin 120 ribu hingga 150 ribu tergantung merk pelumas yang dipakai.

Jika saat ini motor kamu mengalami permasalahan, alangkah baiknya ketahui dulu komponen mana yang mengali kerusakan dan kisaran berapa besaran biaya perbaikanya. Nah untuk kasus ini kami mengambil contoh motor jenis matik. Namun sebelum mengetahui berapa biayanya, ada baiknya terlebih dahlu mengetahui penyebab terjadinya mesin rusak bahkan harus turun mesin untuk kerusakan total.

5 Ciri-ciri mesin motor matic harus turun mesin

Setidaknya terdapat 4 ciri gampang mengetahui mesin motor matic perlu turun mesin untuk perbaikan total yang perlu kamu cek sebagai berikut :

Munculnya asap putih dari knalpot

Ciri pertama yang paling jelas terlihat adalah munculnya asap putih pada lubang knalpot dan tidak akan hilang meski mesin kondisi panas sekalipun. 

Baca juga [TERUNGKAP] Cara Membedakan Oli MPX 2 Asli dengan Oli Palsu

Mulculnya asap dari knalpot disebabkan oleh reaksi oli yang ikut terbakar diruang bakar mesin. Kondisi ini akan semakin parah jika tidak segera diperbaiki.

Motor susah dinyalakan

Motor susah dinyalakan disebabkan karena oli naik ke ruang bakar pembakaran sehingga busi kerap basah dan meninbulkan kerak sehingga membuat suplai listrik terhambat untuk proses pembakaran.

Suara mesin terdengar lebih kasar

Ciri motor matic harus turun mesin berikutnya adalah suara mesin terdengar lebih kasar. Suara kasaar ini disebabkan komponen didalamnya seperti seher dan ring seher yang luka/baret sehingga menimbulkan bunyi saat mengalamai gesekan.

Jika tidak segera diatasi suara ini akan semakin terdengar keras dan parahnya bisa ngunci atau macet saat suhu mesin terlalu panas.

Performa mesin menurun

Saat seher dan ring seher luka/aus secara otomatis membuat kenerjanya menurun sehingga performa mesin berkurang dan lebih cepat panas.

Volume oli selalu berkurang

Ciri terakhir adalah jumlah oli selalu berkurang banyak bahkan habis dalam waktu dekat. Ini disebabkan karena mesin cepat panas dan oli merembes dan ikut terbakar yang menjadi penyebab munculnya asap putih.

Rincian biaya perbaikan motor matic kehabisan oli

Masalah umun yang menjadi penyebab motor matic atau bebek harus turun mesin adalah jadwal penggantian oli yang selalu telat, entah itu karena kelalaian pemilik karena terlalu sibuk atau memang masalah keuangan. 

Baca juga 3 Perbedaan Oli Shell Kuning dan Biru...Mana Yang Unggul

Mundurnya jadwal penggantian oli membuat kualitas pelumas semakin menurun dan volumenya bisa berkurang. Akibatnya suara mesin menjadi lebih kasar dan lebih cepat panas, jika dibiarkan terlalu lama beberapa komponen diruang mesin bisa hancur seperti seher/piston akan ngancing dan tidaka bisa dihidupkan sama sekali. 

Sementara untuk baiay turun mesin motor matic di bengkel biasa atau resmi Ahass mulai dari 500 ribu hingga 1 jutaan tergantung tingkat kerusakan dan beberapa park yang harus diganti. 

Berikut merupakan contoh rincian biaya perbaikan New Honda Beat akibat kehabisan oli :

1. Piston kit Rp150 ribu

2. Gasket top set Rp80 ribu 

3. Skir klep Rp50 ribu

4. Korter Rp100 ribu

5. Noken As Rp 300 ribu

6. Rocker Arm Rp170 ribu

7. Jasa bongkar mesin Rp 300 ribu

Baca juga Cara Mencairkan Lem Aibon Fox Kuning Yang Sudah Kering dan Mengeras

Harga tersebut hanya sekedar gambaran dan tidak bisa menjadi patokan, mungkin bisa lebih murah atau lebih mahal tergantung tingkat kerusakan dan park yang perlu diganti. Perlu kamu ingat, masing-masing bengkel biasanya mematok tarif berbeda-beda, tergantung kebijakan masing-masing mekaniknya. Selain itu lokasi bengkel juga menentukan harga jasa pembongkaran.

Bongkar mesin total

Turun mesin total ini dilakukan jik ada kerusakan di bangian connecting road/stang seher dan bearing connecting yang rusak. Rusaknya komponen ini disebabkan karena faktor usia dan oli yang bercampur dengann air. Cirinya ditandani dengan suara mesin yang terdengar lebih kasar berasal dari bagian tengah mesin. Untuk komponen yang diganti sama sepertisaat bongkar mesin diatas dan ditambah dengan menganti stang seher dan krus as, sebagai berikut.

1. Connecting rod Rp200 ribu

2. Bearing kruk as Rp110 ribu

3. Jasa bongkar pasang Rp400 ribu

Dari data diatas bisa disimpulkan besaran biaya perbaikan motor matic kehabisan oli dan harus turun mesin tergantung dari tingkat kerusakan dan komponen yang perlu diganti. Semakin parah kerusakanya maka akan semakin mahal pula biayanya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas