Cara Sederhana Merawat Motor Matic Agar Tetap Kinclong Seperti Baru


Cara merawat motor matic agar tetap kinclong sebenarnya sangatlah mudah dan murah yang bisa kita lakukan sendiri dirumah. Tak perlu biaya yang mahal, merawat motor hanyalah butuh ketelatenan dan harus dilakukan secara rutin atau setiap kondisi mody motor mulai kotor/habis kehujanan.


Meskipun mudah dan murah namun basih banyak orang yang malas untuk merawat motor agar selalu mengkilap dan nampak kinclong. Alhasil banyak motor tahun muda saat ini kondisi warna cat nya sudah mulai kusam dan pudar.

Cara merawat body motor matic agar warna catnya selalu terlihat mengkilap dan tidak mudah pudar pemilik motor tersebut harus merawatnya dengan rutin dan sepenuh hati. karena jika hati kita senang untuk merawat mobil maka kita akan merasa nyaman dan terasa enteng saat membersihkan body motor.

Berdasarkan pengalaman pribadi dan juga dari beberapa bengkel cat dan salon mobil, sebenarnya ada beberapa trik mudah yang bisa kita lakukan agar cat bodi motor selalu terlihat kinclong dan awet mengkilap. Nah berikut ini adalah cara merawat motor matic agar tetap kinclong : 
  • Cuci motor secara rutin
Cara pertama yang bisa kita lakukan adalah dengan mencucinya secara rutin atau minimal seminggu sekali. Namun alangkah baiknya ada bisa mencucinya jika motor sudah mulai kotor. Mencuci motor ini bertujuan untuk membersihkan partikel debu dan kotoran yang menempel pada permukaan cat. Jika hal ini dibiarkan secara lama maka debu dan kotoran yang menempel pada cat akan menimbulkan tumbuhnya jamur yang bisa membuat cat motor anda kusam bahkan bisa pudar.

Disaat musim hujan anda harus melakukan perawatan yang lebih extra karena air hujan mengandung zat asam yang tinggi. Segaralah cuci motor saat selesai kehujanan atau setelah digunakan untuk menerjang banjir. Air hujan yang bercampur debu dan kotoran juga bisa berpengaruh buruk pada permukaan cat dan juga pada standar dan kenalpot. Bahkan air hujan dapat membuat rangka motor cepat berkarat. Baca juga Cara Menghilangakan Karat Pada Knalpot Dengan Autosol

Cuci lah motor dengan shampo khusus motor/mobil dan gunakanlah air yang bersih untuk mencucinya. Selain menggunakan shampo motor, ada rekomendasi lain mencuci montor yaitu dengan menggunakan sabun cuci piring atau sunlight/mama lemon.

Pengalam pribadi selama 10 tahun lebih motor kami saya cuci dengan sunlight dan warna catnya masih tetap awet dan mengkilap. Dan segera keringkan dengan lap kanebo untuk menghindari noda bercak air dan jamur yang diakibatkan endapan dari air bekas cucian.

Yang perlu di ingat adalah jangan gunakan sabun colek atau sabun detergen untuk mencuci motor/mobil. karena ban ini mengandung senyawa yang keras. Tangan saja saat mencuci pakaian dengan detergen akan terasa panas dan kulit akan mengelupas. Apa lagi jika terkena cat motor kita ?
  • Parkirkan motor ditempat yang teduh
Yang tidak kalah penting adalah menempatkan atau memarkirkan motor kita ditempat yang teduh agar tidak terpapar langsung oleh panas matahari atau sinar ultra violet. Panas matahari yang secara langsung terkena permukaan cat tentunya akan berpengaruh buruk dan dalam jangka waktu tertentu warna cat motor matic anda akan berubah menjadi kusam dan pudar. Baca juga 4 Cara Mudah Menghilangkan Goresan Pada Dek Motor Matic

Jika tidak ada tempat parkir yang teduh seperti ditempat perbelanjaan maupun dirumah sakit yang memiliki tempat parkir terbuka, sangat disarankan untuk menutupi seluruh body motor matic anda menggunakan karus. Selain menyebabkan cat cepat pudar, panas matahari juga adapat mengakibatkan speedometer montor anda pecah/retak rambut.
  • Hindari penggunaan zat kimia
Cara merawat body motor matic agar tetap kinclong berikutnya adalah dengan menghindari penggunaan zat kimia. Beberapa fakta dilapangan mengatakan mengoleskan obat pengkilap secara sembarangan dan dilakukan secara terus menerus justru akan membuat warna cat motor cepat pudar atau bahkan habis terkikis zat yang terkandung dalam obat pengkilap tersebut.

Sebagai rekomendasi anda bisa menggunakan turtell wax untuk mengkilapkan body motor matic anda. Berbeda dengan obat pengkilap lainya turtell wax ini sangat aman kita gunakan. Kami sendiri menggunakanya untuk mengkilapkan cat motor dan mobil. Namun. penggunaanya juga jangan dilakukan secara terus menerus. Karena semua yang berkebihan itu pasti tidak baik😀

Anda bisa mengoleskan turtell wax sebulan sekali atau 2 bulan sekali untuk menghilangkan jamur yang menempel pada permukaan body motor matic anda.

Selain itu, hindari penggunaan silicon untuk mengkilapkan permukaan dasboard motor matic atau biasa disebut dek kulit jeruk. Memang penggunaan silicon akan membuat dasboard motor matic anda terlihat hitam menawan, namun sering berjalanya waktu warna hitam pada dek motor anda akan menjadi kusam dan pudar yang bisa menggurangi tampilan motor anda.

Sebagai pengganti silicon, anda bisa menggunakan minyak goreng untuk mengkilapkan dasboard motor matic anda, Penggunaan bahan yang alami tentunya akan meminimalisir terjadinya kerusakan pada struktur permukaan dek kulit jeruk.
  • Hindari menempelkan stiker maupun skotlet secara berlebih
Terkadang jika bosan dengan tampilan atau warna pada dek motor kita akan merubah warna nya dengan munutupinya sebagian maupun seluruh body motor menggunakan skotlet. Jika ingin memasang skotlet pada motor sangat disarankan pemasangn skotlet dilakukan oleh ahlinya.

Selain itu jangan biarkan skotlet menempel terlalu lama bahkan bertahun-tahun. Skotlet yang terlalu lama menempel pada motor biasanya jika dilepas akan beresiko cat ikut terkelupas maupun rusak. Bekas skotlet nantinya juga akan membekas pada permukaan cat yang membuat tampilan motor akan berkurang.

Selain skotklet, stiker yang ditempel pada body motor, baik stiker kata-kata, gampar stiker komunitas atau bahkan stiker warung kopi juga tertempel pada body motor. Memang menempelkan stiker yang strategis akan membuat kesan motor menjadi manis saat dipandang. Namun jangan biarkan stiker tersebut terlalu lama mempel karena siter akan sulit dilepas dan nantinya akan meningalkan bekas lem yang menempel kuat pada permukaan cat. Jika hal ini terjadi anda bisa mengunakan bensin aatau kompon untuk menghilangkanya.
  • Gunakan lap yang bersih dan halus
Pengguaan lap yang kasar untuk membersihkan motor justru malah akan membuat cat motor anda memperburuk keadaan. Bukanya motor bersih justru malah akan meningalkan goresan-goresan halus maupun kasar yang bisa membuat motor and kurang sedapt dipandang. Agar lebih aman anda bisa menggunakan kain microfiber atau kain khusus untuk lap mobil dan motor.

Saat mengelap motor pun disarankan satu arah dan jangan bolak barik maupun memutar. Mengelap dengan teknik memutar dan bolak balik justru malah akan mengembalikan partikel debu dan kotoran ke bagian body motor yang sudah bersih. Pengunaan lap kanebo disarankan secara demikian. Dan bersihkan body motor setiap pagi hari atau sebelum motor kita

Itulah tadi beberapa cara atau tips cara merawat motor matic agar tetap kinclong yang bisa menambah kepercayaan diri saat kita mengendarainya. Merawat motor secara rutun juga bisa memiliki keuntungan yaitu jika kita jual akan memiliki harga jual yang tinggi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel