Cara Murah Merawat Dan Mengkilapkan Chrome Mobil Yang Kusam


Tidak bisa dipungkiri bodi mobil yang berbalut krom akan membuat tampilanya semakin terlihat istimewa. Sehingga tak sedikit pula para pemilik mobil yang berlomba lomba lomba untuk mengkilapkan chrome mobil, mulai dari grill depan, cover spion dll. Ya karena bagian grill ini letaknya ada didepan bila terlihat kusam dan berkerak pasti akan terlihat langsung oleh mata. Bagian depan mobil ibarat wajah kita yang perlu adanya perlukan khusus.



Membersihkan chrome plastik sebenarnya sangatlah mudah yang menjadi berat mungkin karena rasa malas itu sendiri. Tanpa adanya perawatan dan hanya dibiarkan begitu saja justru akan membuatnya kusam dan kuning. Bila hal ini sudah terjadi tentu tidak bisa dihilangkan begitu saja hanya dengan air biasa, butuh trik dan teknik khusus untuk menghilangkanya.

Krom ini sebenarnya memiliki 2 jenis yakni chrome logam/besi dan chrome plastik. Sebenarnya perawatnya tidak lah jauh beda dari chrome logam maupun plastik, anda bisa memulainya dengan melakuakn perawatan rinagn seperti salalu menjaga kebersihanya lebih lebih saat musim hujan yang dapat membuat lapisan krom jadi kuning dan berkerak.

Baca juga Cara merawat Dan menghitamkan List Karet Kaca Mobil

Apakah chrome yang sudah kusam dan kuning bisa mengkilap kembali ??

Setidaknya kami memiliki 3 tahapan cara mengkilapkan chrome mobil yang sudah kusam, yang bisa tanda coba dan yang  pasti hasilnya sangatlah memuaskan.

Tahap Awal

Pada tahap pertama sobat bisa mencuci permukaan chrome pakai air sabun serta gosok pakai kain yang halus supaya permukaanya tergores. Berikutnya anda bisa mengeringkanya pakai kain kanobaatau lap kering juga bisa kok. 

Tahap Ke Dua

Baca juga Tips Menghilangkan Cat Tembok Yang Menempel di Cat Mobil

Selanjutnya siapkan kompon putih secukupnya, sobat dapat membeli compon kemasan kecil 1 ons 7rb yang banyak dijual ditoko cat atau toko bangunan. Oleskan kompon pada permukaan krom dan diamkan beberapa saat biar meresap gitu dan baru gosok pakai lap yang kering dan halus yaa. Bila masih sulit hilang, oleskan kembai kompon  dan ulangi tahap menggosoknya. Bila chrome sudah kembali mengkilap, bersihkan sisa sisa kompon yang masih menempel yaa. Hal ini bertujuan bila kompon sudah mengering biasanya akan sulit dibersihkan

Tahap Ke Tiga

Setelah noda kunuing dan kusam menghilang gunakan lah bedak tabur untuk mengembalikan kilap chrome. Caranya sangat sederhana sekali cukup taburkan bedak pada permukaan kain dan gosokkan pada chrome secara perlahan namun pasti.

Baca juga 5 Cara Ampuh Menghilangkan Cipratan Aspal Yang Menempel Pada Bodi Mobil

Perawatan menggunakan bedak ini dapat dilakukan seminggu sekali bair krom tetap kinclong dan mengkilap. Terkadang orang salah kaprah dalam hal ini yang menggosokkan bahan pengkilap bodi yang bertujuan agar chrome dapat mengkilap. Namun hal ini justru membuat permukaan chrome menjadi kuning dan bakal ditumbuhi jamur.

Inti dari artikel cara mengkilapkan chrome ini adalah dengan selalu menjaga kebersihanya dan jangan gunakan bahan mengkilap misalkan kit untuk mengosoknya yang bertujuan untuk membersihkanya. Lapisan krome ini berbeda dengan cat jadi gunakanlah bahan alami untuk mengkilapkanya yakni gunakanlah bedak tabur biar chrome awet kinclong.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel