Penyebab Dan Cara mengatasi Shockbreaker Belakang Yang Terlalu Empuk


Suryadidik.com - Shocbreaker depan dan belakang pada motor difungsikan untuk meredam getaran ketika kendaraan perjalan terutama saat melewati jalanan yang bergelombang atau rusak. Dengan suspensi yang terasa empuk tentu akan membuat nyaman saat mengendarainya. Bayangkan coba tanpa ada komponen ini tentu motor akan terasa keras dan membuat pinggul kita terasa encok. Ya mungkin seperti naik kuda lah rasanya heee


Akan tetapi skok yang terlalu empuk juga akan teras tidak enak saat kita mengendarainya turutama pada si pembonceng. Mengapa demikian ?

Jika shockbreaker  terlalu empuk bila motor melewati jalan yang tidak rata atau guntukan tentu si pembongceng akan merasa terpental ke atas dan bisanya akan di iringi suara daaakk yang berasal dari skok belakang. Mungkin bila motor kita naiki sendirian hal ini tidak akan terjadi kecuali berat badan kita yang lebih.

Baca juga Kenali Tanda V Belt Motor Matic Harus Diganti Agar Tidak Putus Dijalan 

Shockbreaker terlalu empuk ini disebabkan karena pengisian oli yang terlalu sedikit. Berbeda dengan oli yang kental oli skok ini malahan sedikit encer. Itu penyebab pertama, penyebab ke dua
adalah adanya ke bocoran oli yang disebabkan seal rusak atau pecah. Hal ini juga bisa disebut skok mati. Yang bila kita naik motor sendirikan akan terasa keras dan bila berboncengan atau membawa beban akan terasa sangat empuk.

Usia shockbreaker sendiri tidak bisa diperkirakan berapa tahun kemudian akan rusak. Karena suspensi yang rusak dipengaruhi beberapa hal salah satunya ialah terlalu seringnya  motor digunakan untuk mengakat beban yang berlebihan. Tidak hanya membuat skok rusak membawa beban yang tak semestinya tentu akan merusak ban seperti cepat bocor.

Baca juga Kenali Tanda dan Gejala Jika Busi Motor Akan Mati dan Cara Mengatasinya  

Shock belakang yang bocor juga ditandai dengan melernya oli yang keluar dari sil karet sehingga membuat debu-debu halus akan menempel. Meskipun dibersihkan oli ini kan tetap keluar.

Apakah shocbreaker yang rusak bisa diperbaiki ?

Bisa, cara mengatasi shockbreaker yang terlalu empuk adalah dengan menyuktikan kembali oli skok ke dalam bagian shockbreaker dan seal yang sudah rusak atau bocor harus diganti yang baru. Untuk urusan ini alangkah baiknya anda serahkan pada tukang servis skok motor yang biasanya akan dikenakan tarif 80rb.an tergantung kesulitanya.

Apakah bisa awet setelah diperbaiki ?

Dari pengalaman pribadi, dulu saya pernah memperbaiki skok belakang motor supra diarea pati jawa tengah. Memang bila skok telah diperbaiki/disuntikan oli kembali shockbreaker terasa enak seperti skok pada umunya, namun rasa enak itu tidak berumur lama, Selang 5 bulan kemudian skok kembali mati atau rusak.

Muhammad rofi'i menakik Ahass Honda mengatakan kepada saya memang skok yang mati atau rusak bisa diperbaiki namun tidak butuh waktu lama akan rusak kembali. Jadi bila rusak lebih baik ganti yang baru biar lebih awet dan tidak buang-buang duit dan saran saya gunakanlah shocbreaker yang asli. Skok asli memang lebih mahal ketimbang skok yang merk abal abal namun akan sebanding dengan kualitasnya.

Lihat juga Tips Sederhana Membersihkan Busi Motor yang Sudah Matii Tanpa Ke Bengkel

Bila ingin memakai skok variasi saran saya gunakan yang merk TDR. Memang haranya 2 kali lipat dengan skok merk abal-abal namun kualitas yang akan menjawab. Sebagai perbandingan teman saya menggunakan skok merk...dan saya menggunakan TDR yang tak pasang di motor Vario. Selang dua tahun berjalan shockbreker teman saya sudah rusak duluan.

Kesimpulan dari artikel ini adalah shockbreaker belakang yang terlalu empuk atau rusak bisa diperbaiki, namun tidak berselang lama akan kembali rusak. Jadi bila sudah rusak lebih baik ganti dengan yang baru.

Itu tadi ulasan singkat tentang cara mengatasi shockbreaker yang terlalu empuk, agar aman dan nyaman saat berkendara sebaiknya lakukan pengecatan komponen motor secara berkala broo..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel