Penyebab Shock Depan Motor Terlalu Empuk Dan Cara Mengatasinya


Penyebab shock depan motor terlalu empuk ini setidaknya disebabkan oleh dua fakor, pertama pengisian oli yang terlalu sedikit, ke dua adanya kebocoran seal jadi oli akan merembes keluar dan akan mengutangi volume oli yang ada didalamya.


Skok yang telalu empuk inilah yang menyebabkan suara jedak jeduk karena bumbungan skok terbentur dengan pangkon skok bagian atas. Suara ini akan semakin terdengan keras bila digunakan untuk berboncongan dan melewati gundukan jalan atau biasa disebut polisi tidur.

Setiap jenis motor sendiri memiliki karestriktik yang berbeda beda misal untuk moto cross atau motor trail dibuat skok yang sanglah empuk agar saat motor digunkan untuk melewati jalan yang terjan dan gundukan tanah tidak membuat motor terpental jauh. Untuk skok depan yang dibuat keras digunakan dalam dunia balap roadrace ataupun dracbike. Dibuat keras ini bertujuan skok tidak jedak jeduk atau monteng sehingga bila motor dalam kecepatan tinggi akan terasa stabil. Toh kita tahu sendiri lintasan balap pasti jalanya halus dan rata yaa..

Lihat juga Beberapa Penyebab V belt Sering Putus Yang Wajib Diketahui

Untuk motor konvensional atau kendaraan yang digunakan sehari-hari dibuat tidak teralu empuk dan tidak terlalu keras jadi motor bisa digunakan pada jalan yang rusak atau diajalan yang rata seperti jalan raya.

Lantas apakah shock depan motor yang terlalu empuk bisa diperbaiki ??

Rofi'i mekanik Bengkes Honda Ahass menyatakan," shockbreaker depan yang terlalu empuk bisa saja diperbaiki yaitu dengan cara menambah takaran oli yang ada didalam tabung shock. Dan pastikan pengisian oli skok pada sisi kanan dan kiri takaranya harus sama. Bila oli yang ada pada shock kanan lebih sedikit kari kiri atau sebaliknya bisa menyebabkan skok menjadi jedak jeduk karena empuk sebelah. Jadi diperlukan takaran yang sama pada saat memasukkan oli skok kanan dan kiri.

Lihat juga Tips Sederhana Membersihkan Busi Motor yang Sudah Matii Tanpa Ke Bengkel

Bila ingin melakukan pengisian oli yang baru sebaiknya oli shock yang lama di buang terlebih dahulu sampai habis.

Jika seal shock mengalami kebocoran cara memperbaikinya iya itu ganti seal yang rusak dengan yang baru. Agar seal tidak rusak kembali sebaiknya tambahkan volume oli nya agar shock tidak terlalu empuk.

Kesimpulan dari artikel ini adalah Shockbreaker depan terlalu empuk ini disebabkan karena volume oli yang terlalu sedikit jadi untuk membuat agar sedikit keras, harus menambah volume oli. Berkurangya oli ini disebabkan karena ada kebocoran oli karena seal mengalami kerusakan. Rusaknya seal ini disebabkan shock terlalu empuk jadi saat motor melewati jalanan yang bergelombang seal akan lagsung terbentur bagian atas.

Lihat juga Cara Murah Mengkilapkan Mesin Motor Seperti Chrome 

Namun bukan berarti skok yang terlalu keras disebabkan karena oli terlalu banyak loo..Shock yang terlalu keras bisa saja ditimbulkan karena usia oli yang sudah lama tidak diganti dan adanya kerusakan pada per yang ada didalamya. Jadi perlu dilakukan pengecekan terlebih dahulu sebelum mengambil tindakan perbaikan.

Nah itu tadi penjelasan singkat penyebab shock depan motor terlalu empuk, bila tidak bisa memperbaikinya sendiri sebaiknya sobat bisa membawanya ke bengkel dan bila ada keinginan untuk mengganti shock yang baru atau yang variasi sebaiknya memilih kulitas yang baik meski harganya sedikit mahal.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel