Tips Cara Cepat Membersikan Jok Motor yang Berjamur


Cara membersihkan jok motor yang berjamur -  Masih ingat ngak berapa harga motor anda waktu beli ?? 15jt ? 20 ? atau bahkan 40jt ? Wah ternyata cukup mahal juga ya kalau dipikir-pikir. Itupun kalau membelinya dengan cash bisa membeli kredit mungkin harganya lebih melar lagi. Dengan harga yang rata-rata mencapi 20jt rasanya sangat sayang jika motor tersebut tidak berusia lama. Jadi biar bertahan lama serta performanya tetap prima tidak ada salahnya  untuk merawatnya dengan sepenuh hati.


Tidak dipungkiri kerusakan pada motor dapat terjadi pada komponen manapun dan dapat terjadi kapan pun baik motor klasik maupun jenis yang terbaru. Salah satu komponen yang tidak terpikirkan adalah jok motor. Tentu komponen ini akan mempengaruhi kenyamanan anda saat berkendara. Namun kenyamanan ini akan terusik bila jok yang anda duduki berjamur. Tidak hanya membuat tampilan motor jadi kurang menarik timbulnya jamur yang menumpuk dan mengumpal jika dibiarkan juga bisa merusak struktir kulit pembungkusnya. Bahkan dapat menganggu kesehatan anda bila terlalu sering mendudukinya.

Jika dibiarkan munculnya jamur di kulit jok ini akan berkembang biak dan berubah menjadi banyak Ya kayak jamur dikulit lah guys. hehe Jadi segeralah basmi sedini mungkin bila sudah terdeteksi kemunculanya. Sehingga anda tidak keruponan untuk menghilangkanya.

Baca juga Cara Mudah Menghilangkan Karat Pada Leher Knalpot dengan Coca Cola 

Tumbuhnya jamur ini bisa terjadi karena kurang menjadi kebersihnya, penyebab lainya adalah dari keringan saat anda mendudukinya dan keringat tersebut akan bercampur kotoran dan debu yang berterbangan saat driving yang cukup jauh. Atau juga bisa disebabkan akibat air kecil si baby saat anda jalan-jalan.

Untuk menghilangkanya dibutuhkan bahan-bahan yang suda direkomendasikan. Dibawah ini ada beberapa bahan pembersih jok motor yang kotor dan jamuran.
  • Kit multi purpose super cleaner
Cairan pertama yang bisa adalah menggunakan bahan khusus pembersih jamur Kit Multi Purpose Super Cleaner. Cairan komersil buatan pabrik yang dijual bebas dipasaran ini memang cukup ampuh untuk membantu anda dalam berbagai macam asalah salah satunya adalah jamur.

Baca juga Begini Cara Mudah Menghilangkan Baret Di Speedometer Motor 

Cara menggunakanya pun sangatlah mudah yakni dengan mengkocoknya terlebih dahulu kemudian semprotkan pada kulit pembungkus jok yang berjamur sampai rata. Setelah itu tunggu beberapa saat barulah anda bisa menyikatnya pakai sikat gigi. Sebenarnya bisa saja menggunakan sikat baju namun penggunaan sikat baju yang memiliki bulu kaku ini dapat membuat kulit jok jadi rusak.
  • Sabun cuci piring dan Sitrum
Jika ingin berhemat anda bisa memakai cara yang kedua ini, cukup ribet sih harus campur ini itu namun sangat ampuh dan patut anda coba.

Bila anda ingin mencobanya siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan :
  • Sabun cuci piring(Mama lemon, Sunlight)
  • Asam sitrum
  • Sikat gigi dan
  • Gelas plastik kecil
Setelah semua lengkap anda tinggal meraciknya dengan mengikuti langkah dibawah ini :

Tuangkan sabun cuci piring ke gelas pastik, takaran bisa disesuaikan seberapa banyak jamur yang menempel. Jika volumenya sedang tuangkan sunlight 1/4 gelas plastik kemudian campurkan bubuk sitrum kurang dari 1/4, beri sedikit aduk hingga rata.

Baca juga Dampak Buruk Penggunaan Cairan Anti Bocor Ban Tubles Pada Vleg


Setelah adonan tercampur rata pindahkan ke wadah spray bisa pakai bekas semprotan pembersih kaca atau semprotan kisprai, tutup rapat dan sudah siap untuk digunakan.

Semprotkan cairan tadi ke jok secara rata dan sekat berulang-ulang hingga jamur menghilang. Jika masih sulit dan masih kuat menempel semprotkan kembali dan ulangi tahap penyikatan begitu seterusnya hingga jamur hhilang sampai ke akarnya. Setelah selesai anda bisa mengelapnya dengan lap kering hingga bersih.
  • Hindari penggunaan detergen
Detergen untuk mencuci pakaian memang sangat ampu digunakan untuk membasmi kotoran dan noda jamur yang membandel  baik itu pada baja ataupun bidang lainya. Detergen ini memang mampu untuk membersihkan jok motor yg berjamur. Namun cepat atau lampat akan memiliki dampat pada permukaan kulit jok yang ditandai dengan memudar warnanya bahkan jangka panjang akan membuat beberpa bagian yang mulai getas dan robek.

Sebaiknya hindarai memakai detergen sebagai bahan cara membersihkan jok motor yang berjamur, penggunaan bahan dan cairan yang tidak sesuai tentu akan memepercepat usia jok yang membuat anda harus mengganntinya dengan yang baru.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel