Turtorial Mudah Cara menghilangkan karat pada stang motor


Suryadidik.com - perawatan pada motor tidak hanya berfokus pada bidang yang terlihat saja layaknya pada sektor body ataupun pada tangki motor.Kompone lainya juga penting untuk mendapatkan perawatan memskipun hanya sebulan sekali saja. Salah satu kompon yang tak kalah penting adalah stang motor. Tanpa komponen ini tentu anda tidak bisa membelokkan motor ke kanan maupun ke kiri. Tak hanya itu saja kompone lainya juga menempel pada stang motor ini seperti saklar lampu sein, lakson, doubel starter dan lainya.



Karena fungsinya yang begitu penting tidak ada salahnya anda untuk selalu memberikan perawatan pada sektor kemudi ini. Seperti yang kita ketahui stang motor ini terbuat dari matrial besi yang rawan sekali berkarat jika dibiarkan begitu saja.

Tentu noda karat yang menempel tersebut mengurangi keindahan motor anda terutama pada motor jenis sport seperti Kawasaki ninja, Honda CBR, Yamaha Vixion serta jenis lainya. Berbeda dengan motor bebek ataupun matic yang tertutup dek jadi bila berkarat tentu tidak akan kelihatan mata.

Timpulnya karat ini disebabkan karena proses oksidasi zat asam yang terkandung alam air hujan. Tak hanya itu saja faktor usia juga menjadi menyebab terjadi nya proses alamiah tersebut. Jadi penting untuk selalu menjaga kebersihanya biar tetap awet dan mengkilap.

Baca juga Cara Mudah Menghilangkan Karat Pada Leher Knalpot dengan Coca Cola

Jika dibiarkan terlalu lama menempel karat ini justru akan semakin menyebar jadi banyak dan dapat mengerogoti logam bersi tersebut yang berubah menjadi bolong dan dapat menyebab kan stang kemudi anda patah.

Untuk menghindari kejadian yang cukup mengerikan seperti diatas tidak ada salahnya sejak dini anda melakukan penjegahan. Mulai dari selalu menjaga kebersihanya, mencucinya dengan air sumur setalah kehujanan atau hanya sekedar mengelapnya pagi hari sekali. Karena bila sudah tumbuh karat anda akan cukup keropoan untuk menghilangkan alhasil stang baru pun jadi solusi.. Yaa boros too broo

Tanpa membeli yang baru sebenarnya anda bisa membuat stang motor yang sudah usang menjadi baru kembali dengan yang sangatlah murah. Bahan apakah itu yang digunakan, mari kita simak bersama bagaimana cara menghilangkan karat pada stang motor untuk mengetahui jawabanya.
  • Amplas
Langkah pertama yang dapat anda tempuh adalah proses pengamplasan. Cara pertama ini bisa dikatakan cara yang paling murah hanya bermodalkan 4rb untuk membeli selembar amplas. Yang perlu diperhatikan dalam hal ini adalah pakailah amplas paling halus nomor 2000 jadi setelah tahap pengamplasan selesai tidak membuat permukaan stang jadi lecet semua.

Baca juga Viral .!! Cara Memperbaiki Accu Motor Yang Mati Dengan Bodrex

Berikut adalah cara mengamplas stang motor yang benar :

Sebelum diamplas, basahi stang terlebih dahulu dengan air berikutnya oleskan sabun colek secara merata teruatam pada bagian yang berkarat barulah anda bisa mengamplasnya sampai bersih. Jika karat sudah mulai rontok bilas dengan air dan amati hasilnya jika masih ada yang menempel ulangi kembali cara mengamplas tadi hingga karat bersih.

Jika karat yang menempel sudah banyak dan menebal anda bisa mengamplasnya dengan ukuran water prof yang lebih kasar terlebih dahulu nomor 400. Setelah selesai barulah anda bisa mengulangi menggunakan amplas halus untuk menghilangkan goresan bekas amplas kasar tersebut.
  • Autosol metal polish
Bahan kedua yang bisa anda coba adalah memakai autosol. Bahan yang kemasanya menyerupai odol ini memang memiliki kemampuan yang unik dan dijual dengan harga yang sangat murah tidak nyapek 30rb kita sudah bisa memilikinya.

Baca juga Cara Menyamarkan Dan Menghilangkan Cat Velg Motor Yang Terkelupas

Bahakan cara menggunakanya pun sangat lah simpel tanpa perlu bahan pencampur lainya. Cukup oleskan autosol secara rata pada noda karat terus tinggal gosok deh. Jika karatnya cukup tebal mungkin menggosoknya harus diulang beberapa kali broo. Biar lebih maksimal pakailah kain levis untuk mempolesnya. Selain karat menghilang stang pun dapat mengkilap layaknya habis dichrome.
Batu hijau

Selanjutnya ada bisa memakai batu hijau atau biasa disebut dengan watu ijo. Cara menggunakan batu ijo ini dengan mengiris halus terlebih dahulu layaknya mengiris gula merah. Setelah halus anda bisa mencampurkan bensin atau minyak tanah supaya jadi sedikit encer layaknya pasta.

Selah kedua bahan tercampur tingal olekan pada stang yang berkarat dan anda bisa menggosoknya secara perlahan dengan memberi sedikit tekanan saat proses pemolesan. Jika noda karat dekat dengan kabel gas atau bagian yang sulit dipoles sebaiknya anda bisa melepas stang dari motor agar lebih anda lebih leluasa.
  • Minuman Bersoda(Coca cola)
Mungkin dibenak anda ngak percaya masak Coca cola bisa menghilangkan karat pada stang motor. Kalau dibaut ngilangin haus dahaga disiang hari saya setuju ini.

Ngak percaya ??

Coba aja anda ikuti turtorial dibawah ini yang akan saya tulis dijamin kabur dah tu karat yang udah bikin motor kurang sedap dipandang. Cara menggunakan minuman bersoda ini cukup simpel dengan menuangkan sedikit pada noda karat kemudian sikat dengan sikat gigi yang ujung bulus halusnya sudah dipotong. Sekat beberapa kali dan siram kembali coca cola dan noda karatpun akan mulai luntur. Jika suah selesai bilas lah dengan air bersih ya sob biar ngak dikeruminin semut.hehee
  • WD - 40
Bahan ke 5 yang bisa ada gunakan adalah produk komersil WD 40, cairan ini menang sangat ampuh untyuk mengatasi karat yang membandel baik saat membuka baut yang berkarat atau sekedar untuk membersihkan kmengekaarat pada besi motor.

Untuk cara menggunakanya tinggal kocok terlebih dahulu barulah anda bisa menyemprtokanya ke bidang yang berkarat. Setelah disemprotkan tunggu beberapa saat agar cairan ini beraksi sehingga karat akan melunak. Berikutnya anda bisa menglapnya dengan lap yang bersih dan jika masih belum hilang anda bisa menyemprotkanya kembali.

Sebaiknya agar karat tadak balik lagi sesekali anda bisa mengoleskan cairan anti karat pada motor anda. Atau anda bisa mengoleskan minyak kayu putih maupun babi oil pada stang motor anda. Tujuan melapisinya dengan minyak ini untuk melindungi besi dari proses oksidasi selain itu bila terkena air hujan tidak akan langsung menempel pada besi motor anda.

Demikianlah beberapa bahan yang dapat anda pilih untuk cara menghilangkan karat pada stang motor anda. Pemilihan bahan yang tetap tentu akan meringankan anda untuk membersihkan kuda besi anda. Teteap jaga keselematan saat bekendara serta tertip berlalulintas. OK...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel