[PENTING] Cara Membersihkan Busi Mobil Yang Hitam


Cara membersih busi mobil yang hitam merupakan salah satu rutinatas cukup ringan yang dapat dilakukan secara berkalau atau setiap ada waktu senggang. Sama halnya dengan motor fungsi busi adalah sebagai penyalur api diruang mesin untuk proses pembakaran. Jadi Busi dibuat sedemikian rupa sehingga tidak akan leleh meskpin kontak langsung dengan api.


Karena fungsinya sebagai penyalur pengapian warna busi yang awalnya putih bersih berubah warna jadi hitam khas warna gosong habis terbakar. Tak hanya cukup sampai disitu ujung busi juga dipenuhi kerak yang dapat menggangu proses pengapian.

Dikutip dari detik.com - Jika busi sudah kotor dan berkerak, maka akan membuat kinerja busi akan berkurang yang berimbas pembakaran didakam mesin yang kurang sempurna. Sehingga akan membuat mesin mobil brebet. 

Klik disini Tips Mudah Membersihkan Jok Mobil Yang Berjamur

Oleh sebab itu kita wajib merawat busi setiap waktu dengan cara serta teknik yang benar agar tidak membuat mobil mogok ditengah jalan. Membersihkan busi juga tak boleh dilakukan dengan caraasal asalan yang dapat mempercepat usia busi kotor kembali.

Cara Membersikan Busi yang Hitam

Tentu sebelum dibersihkan terlebih dahulu anda harus melepas busi dan pastikan kondisi mesin sudah dingin. Karena akan mustahil jika membersihkanya dengan posisi yang masih tertancap pada mesin.

Jika sudah terlepas dengan benar anda harus menyiapkan alat dan bahanyang muliputi sikat kawat, amplas, bensin/solar serta wadah kecil untuk tempat bensin.

Setelah itu anda mengikuti langkah salanjutnya yang meliputi :

1.Cek Kondisi Busi

Setelah busi terlepas dari mesin anda bisa mengamati kondisi fisik busi tersebut jika mamsih putih bersih menandakan bahwan kondisinya masih normal serta bila ujung(elektroda) sudah berubah hitam maka suda saatnya untuk dibersihkan.

Lihat juga Cara Sederhana Memperbaiki Kaca Pintu Mobil Manual Yang Tidak Bisa Naik 

Berlu anda kendahuli warna ujung busi jangkotor baik bewarna hiitam maupun coklat dapat menandakan kondisi komponen mesin didalamnya.
  • Warna coklat, itu menandakan bahwa pembakaran didalam mesin secara sempurna dengan perbandingan bensin yang ideal.
  • Warna hitam, sedangkan untuk yang berwarna hitam dapat menajdi tanda bahwa pembakaran yang terjadi kuranglah sempurna dengan suplai bensin berlebih yang berakibat boros bensin.
  • Abu- abu, Sebaliknya jiga abu-abu menandakan suplai bensin yang terlalu sedikit/terlalu irit.
Jika kondisi busi berwarna hitam pekat dan sedikit basah maka tak perlu membersihkanya karena meskipun sudah dibersihkan sebersih mungkun akan percuma. Karena kondisi busi yang sudah seperti ini sudah rusak dan wajib diganti dengan yang baru.

2. Proses pembersihan

Langkah yang ke dua adalah dengan merendam busi didalam solar maupun bensin 5-10 menit agar kerak serta kotoran dapat melunak.

Baca juga  5 Cara Ampuh Menghilangkan Cipratan Aspal Yang Menempel Pada Bodi Mobil

Selelah itu anda dapat menyikat busi secar berulang-ualng  terutama pada bagian yang dekat dengan elektroda(bagian ulir drat). Jika tidak memiliki sikat kawat sobat juga bisa memkai sikat gigi bekas yang sudah dipotong ujungnya.

Biar semakin bersih anda juga dapat membersihkan busi dengan carburator cleaner, semprotkan secara beberapa kali kemudian gosok dengan sikat kawat untuk merontokan karbon yang masih menempel di sekitar elektroda busi.

 3. Pengamplasan

Terkadang kerak dan kotoran ada yang suda mengeras dan susah dihilangkan hanya dengan menyikatnya saja. Jika sudah mencoba oin diatas namun sisa karbon masih ada yang tersisa dan susahh hilang maka anda dapat menggunakan alat serta bahan lainya.

Amplas merupakan bahan yang masih bisa diandalkan untuk merontokan kerak yang masih menempel pada busi.  Namun perlu anda ketahui agar tidak melukai permukaanya pakailah amplas yang sedikit halus atau bisa menggunakan amplas nomor 600/360.

Jika sudah selesai tajap akhhir adalah memasangnya kembali, Disarankan untuk tidak menukar posisi busi. Bila sebelumnya busi tersebut berada pada silinder nomor 1 maka kembalikan lah di nomor satu Dan jangan sampai terbalik busi nomor 2 ditempatkan pada slinder nomor satu. Tutur wahyu salah satu mekanik bengkel Honda saat ditemui.

Sepele sih memang namun dalam satu micro busi ada perbedaan diamter busi. Apabila ditukar maka akan melakukan penyesuaian terlebih dahulu. daalm proses penyesuaian inilah dapat terjadikebocorsn pada kompresi karena ada celah micro(kecil) pada selah busi.

Kapan Busi Mobil Harus Diganti ?

Jika menggunakan busi berbahan nikel tanpa kandungan logam mulia seperti NGK standar pakainya apabila sudah menempuh jarak 20.000-30.000 km. Sedangkan untuk busi yang terkandung logam mulia masa pakainya akn lebih lama.

Sementara untuk busii tipe tertinggi yang mengandung Elektroda Ground Platinum dengan logam mulia ganda dapat diganti bila sudah 100rb km.

Sekian artikel saya tentang cara membersihkan busi mobil yang hitam. Tetap lakukan pengecekan komponen mesin secara teratur untuk menghindari momok mogok ditengah jalan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel