Penyebab Shock Hidrolik Pintu Belakang Mobil Lemah


Penyebab Shock Hidrolik Pintu Belakang Mobil Lemah - Pada mobil keluaran terbaru ini mayoritas pintu belakang atau bagasi nya dibuka mengarah ke dengan alasan lebih luas serta memudahkan pengguna untuk menempatkan suatu benda. Pintu yang terbuka ke atas ini menggunakan teknolgi shocbreaker hodrolik atau shockbreaker electrik.


Untuk dapat mengangkat pintu belakang dilengkapi dengan 2 shock yang letaknya berada dikanan dan kiri. Adanya shock hidrolik ini memudahkan kita untuk membuka pintu tanpa memerlukan tenaga seketar untuk mengangkatnya ke atas. Cukup memberikan tarikan sedikit untuk membuka kunci otomatis akan langsung terbuka ke atas.

Namun tahukah kamu ?? Seiring dengan usia mobil serta seringnya penggunaan bukan tidak mingkin shock bagasi mobil ini menuai masalah. Terlalu sering dibuka dan ditutup, terlebih lagi dilakukan dengan perlakukan kasar memberikan hendakan saat menutupnya justru akan membuat kinerjanya semakin melemah.

Baca juga [PENTING] Cara Membersihkan Busi Mobil Yang Hitam

Meskipun mobil dibeli dengan harga yang cukup fantastik serta ditopang dengan komponen yang berkualitas bukan tidak mungkin suatu saat akan mengalami kerusakan dengan seringnya pemakain mobil itu sendiri.

Sepeleh sih memang karena letak piranti ini tidak terlihat namun agar awet dan dapat berfungsi dengan semestinya tidak ada salahnya anda untuk selalu menjaga kebersihanya terutama pada bagian AS shock. Karena sudah banyak yang menyatakan bahwa kinerja hidrolik pintu belakang mulai menurun meskipin usianya belum mencapai 5 tahun.

Ciri-ciri shock bagasi avanza adalah sangat jelas terlihat ketika akan membuka pintu otomatis kekuatan daya dorong untuk mengkat dan menahan pintu mulai menurun. Begitupun juga jika sudah ke atas bakan jika tidak ditopang dengan tangan pintu dapat turun dengan sendirinya meskipun hanya pelan.

Lihat juga Wajib Tahu !! Perbedaan Angin Nitrogen dan Angin Biasa Pada Ban Mobil 

Karena Komponen ini harga jualnya cukup mahal, supaya awet tidak ada salahnya anda  merawatnya secara teratur. Dibawah ini adapa beberapa poin cara merawat sokbreaker pintu bagasi ini :

Jaga Kebersihanya

Langka awal yang dapat dilakukan adalah selalu menjaga kebersihanya terutama pada bagian vitalnya yaitu AS shock. Jika terdapat butira serta kotoran yang menempel segeralah bersihkan dengan cara membuka pintu bagasi agar As dapat keluar dari sabung sepenunya.

Yang perlu saya garis bawai disini dalah dunakan kain yang halus. Penggunaan lap yang kasar dapat memicu lecet pada permukaan. Jika AS baret otomatis dalam jangka dekat apat merusak sill shock yang berakibat kebocoran pada tabung penyimpanan oleh.

Lihat juga  Cara Sederhana Membuat Semir Ban dari Sunlight

Tidak hanya itu pada saat proses pengecatan secara tidak sengaja semburan catnya menempel pada shock. Yang membuat As shock jadi kasar, apa bila dinaik turunkan otomatis juga dapat merusak shill shock. Untuk menghindari kejadian ini anda dapat meminimalisirnya dengan cara menutup rapat menggunakan koran.

Perlakukan Pintu Secara Halus

Poin yang kedua ini mungkin bagi dulur sudah menjadi kebiasaan yang tak mungkin terelakan. Ya menutup pintu dengan memberikan bantingan serta hentakan yang cukup keras juga menyebabkan shockbreaker cepat rusak. Bahkan juga bisa membuat engsel pintu jadi kendur yang membuat pintu keras saat ditutup.

Faktor Usia

Mungkin penyebab ke tiga ini tak bisa tak bisa dihindari. Sama halnya dengan komponen lainya shock hindrolis juga ada umurnya, jika rutin perawatan serta penggunaan yang semestinya bukan tidak mungkin akan awet dan berumur panjang. Begitu sebaliknya perlakukan yang kasar justru akan mempercpeat rusaknya komponen ini.

Kesimpulanya adalah jagalah selalu kebersihan shock terutama pada bagian as nya serta jangan terlalu keras saat menutup pintu bagasi. Jika sudah rusak cara memperbaiki shock bagasi adalah menggantinya dengan yang baru.

Baca juga 100% Kuat !! Cara Memperbaiki Dudukan Spion Mobil Yang Patah

Meskipun yang rusak hanya sebelah misalkan pada bagian kiri otomatis bagaian kanan juga harus diganti ?? Begini, pernah ada kejadian mengganti shock hanya satu saja setelah dipasang justru shock yang lama sill olinya meletus saat bagasi ditutup.

Penggantian shock cuman 1 juga tidak membuat dampak yang tidak begitu maksimal soal nya shock yang satunya sudah lemah. jadi meskipun yang rusak hanya satu sebaiknya ganti ke duanya dengan yang baru agar berfungsi dengan semestinya, Toh di bengkel shockbreaker ini dijual satu pasang, meskipun ada yang ngecer mungkin solit dijumpai kecuali di toko barang bekas.

Itulah beberapa poin yang bisa saya sampaikan mengenai penyebab shock hidrolik pintu belakang mobil lemah. Dengan perawatan yang tepat bukan tidak mungkin rasa aman dan nyaman menyertai anda saat berkendara.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel