Ngak Perlu Dipoxy !! Cara Menimpa Cat Lama Mobil Anti Mengelupas

 

Cara menimpa cat lama mobil agar anti mengelupas - Dari sekian banyak pemilik kendaraan ,tak jarang beberapa otmania yang suka mengotak atik atau istilah kerenya modifikasi. Baik memberi ubahan pada velg mapun pemasangan body kit, namun tak sedikit pula yang nekat ganti warna sekedar menyegarkan penampilanya.

Selain untuk modifikasi proses repair ulang juga dipilih karena cat lama sudah banyak yang pecah bahkan mulai pudar diberbagai sisi. Bagi sebagian orang permasalahan semacam cat ulang lebih mempercayakan pihak bengkel yang menggarapnya, baik kelas cat oven atau alternatif lain bisa membawanya ke bengkel pinggir jalanyang harganya tentu lebih murah ketimbang yang resmi.

Namun tak sedikit yang melakukanya sendiri dengan alasan biaya yang dikelurkan lebih murah, bahkan tidak sampai 2jt sekadar membeli bahan untuk kapasitas full body. Jika sudah sampai sampai bengkel sekedar biaya perbaikan cat mobil yang terkelupas bisa 4 jutaan, mungkin kalau bengkel resmi bisa 3kali lipatnya.  

Sebetulnya bila ada kemauan kuat cara mengecat ulang mobil tidak susah-susah amat kok masbro, jika dipelajari dalam waktu dekat kita bisa melakukanya sendiri dengan cacatan sudah memiliki peralatan pendukung kompresor, spray gun beserta selang dan mesin poles.

  

Ya kesulitan cat ulang mobil adalah saat proses pendempulan dimana harus mendapatkan permukaan yang rata dan halus untuk mudah diamplas. Namun jangan anggap remeh steep lainya karena tak sedikit yang merasa gagal akibat ketidak tahuan teknik yang dipakai.

Baca juga 4 Kelemahan Cat Ulang pada mobil Yang Harus Diketahui 

Jika tertarik untuk mencobanya sendiri tidak ada salahnya masbro mengikuti turtorial cara menimpa cat lama mobil agar tidak kembali mengelupas bahkan pecah-pecah.

Pertama, 

Tahap awal bisa mulai proses pengamplasan memakai amplas nomor 4000 kemudian bilas 150 untuk meratakan sekaligus menghaluskan.Sembari diamplas anda bisa membersihkanya dengan air sabun atau detrgen untuk menghilangkan kotoran, minyak atau oli yang menempel.


Proses pendempulan bisa dilakukan jika ada permukaan body yang kurang rata atau ada beberapa cat lama yang mengelupas. Bila meninginkan dempul yang mudah diaplasikan serta empuk saat diamplas tidak ada salahnya masbro mencoba merk tanury yang harga pergalonya 95rb atau bisa pakai alfagloss.

 Kedua,

Jika tahap semua tadi sudah selesai tingal memberi lapisan cat dasar sesuai warna cat ini memakai thinner super sebagai pelarutnya. Biar cat lama ngak bereaksi/ngangkat penyemprotan cat dasar bisa dilalukan secara tipis atau hanya satu lapis terlebih dahulu, tunggu agak kering dan anda bisa menimpanya kembali hingga cat tertutup rata.

Baca juga  Ukuran Dan Cara Amplas Cat Dasar Mobil

Bila ditengah perjalanan di dapati cat lama beraksi keriting, hentikan sejenak proses pengecatan. Jika masih dilanjut justru cat yang kriting makin parah, sedangkan cara mengatasinya cukup simpel ya masbro tinggal menunggunya kering damplas pakai grid 400 sampai halus dan bisa ditimpa cat kembali secara perlahan.

 

Pelapisan cat dasar juga tidak perlu full body, cukup pada bagian yang didempul/poxy. Full body hanya dilakukan jika ganti warna. Pemberian warna cat dasar ngak main asal lo masbro, perlu mengekuti cat inti.

Ketiga,

Langkah selanjutnya adalah mengamplas cat dasar jika sudah mengering, jika yang kita pakai jenis cat PU proses pengeringanya jauh lebih cepat tidak sampai 20 menit meski prosesnya in door. Berbeda bila pakai NC mengering nya lebih lama. Untuk amplasnya bisa pakai 1500 ya masbro sampai permukaan terasa halus. 

Baca juga Yuk Simak Perbedaan Cat Mobil Oven dengan Biasa

Berikutnya tinggal menyemprotkan cat inti secara merata 3 sampai 4 lapis sudah cukup. Sedangkan jumlah cat untuk 1 mobil full body sedan 2 kg sudah termasuk cat dasar mabro. Untuk mobil agak besarsekelas avanza 1kg 1/2.Sedangkan untuk jumlah clear coatnya 1kg dan 2kg untntuk kendaraan beasar.

Mengecat ulang mobil apa perlu dipoxy ??

 


Pemberian lapisan epoxy bisa dilakukan jika permukaan cat yang akan kita timpa kembali kondisinya sudah rusak(tidak mulus), misal permukanya pecah-pecah atau timbulnya bintik-bintik yang merata. Selebihnya bisa diapliaksikan pada permukaan body yang di dempul atau diapliakskan pada permukaan plat sebelum terlapis dempul.

Oke, diatas meruapakan beberapa teknik yang benar cara menimpa cat lama mobil agar tidak gampang mengelupas. Untuk menghasilakan kualitas yang maksimal aplikasikan juga bahan berkualitas baik pada thinner maupun clear coatnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas