Perbedaan Oli Motor SPX 1 dan SPX 2, AWAS KELIRU SALAH PILIH

Perbedaan oli motor SPX 1 dan MPX 2 - Hallo dulur... Ibarat kata oli seperti darah kita, dimana bersirkulasi membawa oksigen ke seluruh tubuh sehingga semua bagian bisa digerakan. Tentu ini sama halnya dengan fungsi oli yaang berfungsi melumasi seluruh komponen yang ada di dalam mesin agar mampu bekerja maksimal dan meningkatkan performanya.

Karena berdampak langsung dengan komponen mesin, tentu pemilihan pelumas sebaiknya tidak dilakukan secara asal. Pilihlah sesuai dengan spesifikasi dan kebutuhan mesin, yang tak kalah penting adalah menyesuaikan kapasitas atau volume oli yang perlukan pastikan takaran sudah sesuai dan tidak terlalu banyak atau malah terlalu sedikit/dibawah levelnya. Tentu ini akan membawa dampak buruk dikemudian hari.

Sebetulnya pihak barikan sudah mengeluarkan pelumas yang direkomendesikan buat kendaraan produksinya. Misal untuk motor Honda pakai AHM SPX dan MPX, Yamaha pakai Yamalube, Suzuki SGP dan pabrikan lainya. 

SPX merupakan kepanjangan dari Superior protection Expert, dimana oli spx ini dapat dikatakan performanya lebih unggul dibandingan dengan yang satunya MPX. Sementara untuk harga jelas SPX lebih mahal baik untuk tipe 1 dan 2.

Oh iya, mungkin ada temen-temen yang bertanya mengenai bahan baku dari pembuatan oli ini. Oli SPX dibuat dari bahan baku full sintetis dan bukan menggunakan bahan baku semi sintetik atau mineral.

Perbedaan oli motor SPX 1 dan SPX 2 untuk mesin Honda

Perbedaan peruntukan
 
Perbedaan pertama yang akan kita bahas adalah mengenai peruntukan dari kedua oli honda ini. Namun untuk tingkat kekentalan baik dari SPX 1 atau SPX 2 sama - sama 10W-30. 


Namun ada perbedaan pada setifikasi Jaso-nya, dimana SPX 1 memiliki Jaso Ma sedangkan SPX 2 memiliki Jaso Mp.

Jaso merupakan kepanjangan dari Japanese Automotive Standart Association, yakni lembaga jepang yang bertugas mengecek standart kualitas oli. Jika kamu meilihat label JASO pada kemasan oli, berarti oli tersebut cocok buat mesin motor. Ya, kode JASO berarti oli tersebut memang untuk moto, bukan mobil.


Itu artinya SPX 1 diformulasikan atau diperuntukan buat motor jenis kopling basah baik itu motor dengan kopling semi otomatis maupun motor dengan kopling manual seperti pada motor Honda Supra GTR, Supra 125, Sonic 150, atau CBR 150 R dan motor Honda lainya.

Sementara untuk AHM SPX 2 dibuat khusus dimana diperuntukan buat motor tipe kopling kering seperti pada trasmisi motor matik. Contoh motor matic yang bisa pakai SPX 2 diantaranya Honda PCX 150, ADV 150 CC, Honda Beat, Vario dan jenis matic lainya.

Jika secara peruntukan, baik jenis SPX maupun MPX keduanya sama-sama dibedakan dengan tipe 1 dan 2 yang tidak bisa saling ditukar penggunaanya. Khusus untuk tipe mpxada tipe mpx 3 yang mana diformulasikan khusus buat motor jenis kopling basah yang usianya sudah mulai tua 15 tahun lebih.

Perbedaan takaran


Sementara untuk urusan takaran, kedua oli AHM Honda ini memiliki perbedaan ketersediaan takaran diaman SPX 1 terdapat tiga pilihan takaran diantaranya 800 ml atau 0,8 liter, 100 ml atau 1 liter  dan 1200 ml atau 1.2 liter. Sementara oli SPX 2 tersedia satu pilihan  saja dengan takaran 800 ml atau 0.8 liter.

Perbedaan kemasan

Bicara soal cover, ada pembeda dari kedua dari kemasan oli SPX 1 dan SPX 2 yang sangat jelas. Oli SPX satu menggunakan botol kemasan berwarna orange dengan tutup botol berwarna merah. Sedangkan SPX 2 menggunakan kemasan sama warna orenge namun tutup botol warna biru. Jadi hanya beda tutup botolnya.

Kemasan SPX 1

Kemasan SPX 2



Perbedaan harga

Untuk urusan harga tentu ada berbedaan antara SPX 1 dan SPX 2. Berikut adalah data rangkumanya :

SPX 1 dengan isi/takran 0.8 liter Rp 53.000

SPX 1 takaran 1 liter Rp 59.000

SPX 1 takaran 1.2 liter Rp 70.000 dan SPX 2 0.8 liter Rp 54.000. Mungkin ada perbedaan harga disetiap provinsi.


Nah, demikianlah sedikit penjelasan dari kami seputar perbedaan oli mesin SPX 1 dan SPX 2 untuk motor Honda. Gunakanlah pelumas yang sesuai dengan spesifikasi mesin agar masa pakanya bertahan lebih lama. Sekian semoga bermanfaat dan terimakasih kunjunganya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas