Cara Menghilangkan Cat yang Tebal Pada Body Plastik Motor

Cara menghilangkan cat pilox yang tebal pada body plastik motor - Hallo dulur.. Siapa sih yang ngak pengen tungganganya terlihat kece dan terlehat elegen dimata pacar. Ya untuk membuat motor tampil beda memberi sentuhan moifikasi merupakan langkah utama yang perlu dilakukan. Beberapa ubahan yang banyak dilakukan adalah pada velg jari-jari, melapisi dek dengan stiker atau memberi lapisan chrome di beberapa komponen.

Beda lagi bila menginginkan body motor terlihat baru kembali atau sekedar ganti gambar untuk memperoleh gradasi warna yang diinginkan. Proses repair sendiri dapat dilaukan dengan dua cara yakni dengan memakai cat pilox atau menggunakan cat kompresor dengan hasil yang lebih glossy. 

Memang sih mengecat kembali mampu membuat kendaraan lebih beda, namun proses repiar yang dilakukan secara berulang justru membuat cat menumpuk dan lebih terlihat tebal. Tentu hal ini jauh dari kesan elegan dan ke originalnya. Untuk membuatnya kembali tipis agan bisa merontokan atau mengerok nya dengan bahan yang aman, secara body motor terbuat dari plastik yang rentan rusak bahkan meleleh. 

 

Cara Menghilangkan Cat Pilox Duco Yang Tebal Pada Body Plastik Motor


Nah mungkin saat ini dulur merasa binggung mencara cara mengerok cat yang tebal pada dek motor, secara mengamplas saja tidak cukup buat membersihkannya hingga lapisan terakhir. Agar mudah dihilangkan dibawah ini ada beberapa cairan perontok cat yang bisa agan gunakan.

 

  • Thinner

Seperti yang kita tahu fungsi tinner adalah untuk mencair cat, epoxy ataupun clear coat.  Thiner sendiri dibagi dari beberapa macam ya, dintaranya thiner A, Super, HG, ND atau tiner bakar/PU.

Baca juga (KLIK DISINI) Perbedaan Thinner A dan Thinner Super

Ya.. selain buat pengencer, ternyata tiner bisa kita manfaatkan buat mengelupas cat pada dek motor berbahan plastik Lo.. Penasaran bagaimanakah caranya ?

Pertama, lepas dek dari bodi motor untuk mempermudah proses pengerjaan. Oh iya untuk thinnernya pakai yang HG ya, karena sifatnya lebih keras tipe lainya. Sebetulnya pakai tiner bakag/PU juga lebih bagus hanya saja harga per liternya kuah lebih mahal.

Oke, sebelumnya amplas seluruh permukaan dek pakai ukuran 120. Proses pengamplasan ini bertujuan buat membuka struktur lapisan cat.

Berikutnya oleskan tinner HG secara merata keseluruh body motor menggunakan kuas cat berulangkali hingga lapisan cat beraksi/melunak. Bisanya sih 8-10 lapis sudah cukup, semua tergantung seberapa tebal cat yang akan dikupas.

Bila sudah lunak kerok cat menggunakan scrub atau kape selagi cat masih lembek dengan perlahan.  Saat mengupasnya dilakukan lapis perlapis atau dari bagian atas terlebih dahulu dan untuk lapisan selanjutnya bisa dioleskan thiner kembali biar melunak. Pengupasan yang langsung ke cat dasar justru merusak body plastik itu sendiri.

Baca juga 8 Merk Cat Kompresor Yang Bagus Untuk Body Motor 

Terakhir bisa kita amplas buat menghilangakan sisa-sisa cat yang masih tertinggal. Bisa diawali dengan ukuran 240, 400 dan dibilas ke grid lebih halus 1500 untuk menghilangkan bekas dari amplas kasar.

 

  • Soda Api/Paint Remover

Cara kedua ini bisa kita ambil bila menggunakan tinner saja tidak kuat menghilangkan cat yang terlalu tebal, jadi dibutuhkan campuran soda api buat mengupasnya. Seperti yang kita tahu paint remover merupakan bahan kimia yang tergolong keras dimana dapat merontokan cat hanya sekali oles bahkan mampu mengupas chrome dengan cepat. 

Oke, sebelum digunakan campurkan pain remover dengan thinner HG atau bisa pakai cobra hitam dengan perbandingan 1(remover):5(tinner). Jadi tujuan memberi campuran thinner ini adalah untuk meredam panasnya soda api sehingga media yang kita kupas berbahan plastik rusak bahkan leleh.


 


Sedangakncara mengaplikasikanya tidak jauh beda dengan yang diatas yakni dengan mengaplasnya terlebih dahulu dengan grid kasar 120 agar soda api meresak ke dalam cat dengan cepat. Selanjutnya bisa dioleskan remover beberapa kali hingga lapisan cat mulai melunak dan siap untuk dikupas perlapis.

Baca juga Deretan Merk Pilox Yang Bagus Buat Body Motor dan Mobil 

Proses terakhir bisa kita amplas sebagai cara mengbersihkan sisa cat yang masih tertinggal. Sebelum dicat kembali sebaiknya amati permukaan dek apakah ada goesan bekas skrap, gunakan dempul untuk meratakanya kembali.

Demikianlah beberapa cara menghilangkan cat pilox yang tebal pada body motor tanpa susah payah sekedar mengampasnya. Karena termasuk cairan keras gunakan sarung tangan agar kulit tidak mengalami iritasi. semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Good Job....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas