Begini Tips Mengecat Body Motor Plastik Agar Tidak Mengelupas

Cara Mengecat Body Motor Berbahan Plastik Dengan Pilox Agar tidak Mengelupas - Hallo dulur... Siapa sih yang nggak tau dengan cat semprot kaleng. Yaa.. Pylox merupakan bahan/alat cat yang sangat praktisi, dapat digunaakna kapan pun dan multifungsi. Kalau waktu sekolah dulu sing buat oret-oret baju seragam masbro...

Berbeda dengan cat kompresor cat pilox ini tidak butuh tinner sebagai pelarut dan sudah dilengkapi angin bertekan dalam kaleng, jadi untuk menggunkan nya cukup dikocok beberapa menit lalu mencet nozzel dan arahkan ke media yang pengen diwarnai. Baca juga Cara Membuat Tekstur Cat Seperti Kulit Jeruk Sendiri

Dalam dunia otomotif cat pilox banyak dipakai buat mengecat motor ataupun velg mobil. Meski serbaguna, namun tahukah kamu bahwa tak semua media yang dapat diwarnai dengan pilox, salah satunya adalah body plastik atau sering disebut dek kulit jeruk.

Mengapa bahan plastik tidak bisa dicat ?? Sebutulnya bisa masbro, hanya saja tidak bertahan lama atau gampang terkelupas. Karena bodi kulit jeruk mengandung minyak, seperti yang kita tahu cat tidak menempel secara sempurna bila permukanya mengandung minyak, oli atau bahan pengkilap.

Cara Mengecat Body Motor Berbahan Plastik Dengan Pilox Agar Tidak Mengelupas

Sebetulnya mengecat body kulit jeruk tidak jauh beda dengan mengecat media lainya, hanya saja perlu tambahan bahan yakni PP primer plastik. Agan bisa memakai produk samurai paint yang harganya 48rb perkaleng isi 400ml.


Cara menggunakan PP primer plastik juga tidak terlalu rumit ya, sebelum diapliaksikan amplas body motor kasar dengan ukuran 400 dan cuci pakai sabun hingga bersih. Jika sudah kita tinggal mengaplikasikan PP primernya secara merata 2-3 lapis dan tunggu hingga mengering.

Baca juga Cara Menghilangkan Kulit Jeruk Pada Cat Motor

Berbeda dengan epoxy filler yang satu paket dengan hardener dan memerlukan thiner sebagai pelarut. PP primer tidak ada/tanpa hardener dan tidak butuh tiner sebagai pelarutnya. Jadi teksturnya sudah encer tinggal diaplikasikan dengan spraygun.

Bila sudah mengering baru bisa kita timpa epoxy dan langsung dicat setelah poxy kering yang sebelumnya diamplas dengan ukuran 400 hingga permukaanya halus. 

Dan untuk proses clear coatnya dapat dilakukan setelah cat inti merata keseliruh media. Agar menghasilkan cat kilap basah agan bisa menyemprotkan 3-4 lapis dengan memberi jeda disetiap lapisanya. Baca juga Cara Menghilangkan Cat Yang Menempel Pada Body Motor 

Untuk pernis agan bisa pakai cat pilox samurai paint 2K01 dimana mampu memberi kilap lebih dan tahan meski disirma bensin sekalipun.

Fungsi PP primer disini adalah untuk menutupi/menghilangkan kandungan minyak pada dek motor kasar, jadi cat mampu menempel sempurna atau tidak gampang terkelupas meski memakai cat pilox

Nah, demikianlah tadi penjelasan bagaimana cara mengecat body motor berbahan plastik dengan pilox agar tidak mudah mengelupas semoga penjelasan kali ini bisa membantu agan untuk menghasilakan repair yang diinginkan. Semoga bermanfaat dan terimkasih kunjunganya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas