PENTING... Perbedaan Epoxy Primer dan Epoxy Surfacer

Perbedaan epoxy primer dan epoxy surfacer perlu anda ketahui bila menginginkan hasil reapir bertahan lebih lama dan mampu bertahan diberbagai cuaca terutama musim hujan. Seperti yang kita tahu air hujan mengandung zat asam tinggi dimana berdampak langsung pada permukaan logam yakni mempercepat proses korosi. Cat atau dempul saja tidak mampu melindungi besi dari karat, dibutuhkan lapisan khusus yang memang diformulasikan sebagai anti karat. 

Pelapis anti karat yang dapat dipakai adalah poxy. Epoxy merupakan salah satu bahan yang wajib anda masukan ke daftar pengecatan ulang mobil/motor, dimana diaplikasikan pada permukaan plat besi sebelum proses dempul dilakukan. 

Baca juga 5 Merk Poxy Yang Bagus Untuk Mobil dan Motor

Sebetulnya langsung di dempul atau ditimpa cat tidak ada reaksi yang ditimbulkan ya masbro, hanya dalam waktu dekat 3-6 bulan bila karat akan tembus bahkan parahnya membuat dempul bergelembung/akan mengelupas. Jadi penting akan keberadaanya sebagai lapisan anti karat.

Tahukah kamu epoxy terdapat dua macam yaknik primer dan surfacer, sebetulnya keduanya memiliki satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan bila menginginkan hasil akhir yang maksimal atau setidaknya membuat cat bertahan diberbagai cuaca cuaca. Namun proses pengaplikasian perlu dilakukan dengan benar secara berurutan. Dengan begitu anda akan mendapatkaan hasil repair indah dan memuaskan.


 

Untuk lebih jelasnya berikut adalah perbedaan epoxy primer dan epoxy surfacer beserta cara menggunakanya.

Beda Epoxy Primer dan Surfacer


Epoxy Primer

Epoxy primer merupakan bahan penting yang diaplikasiakan pada lapisan paling dasar awal yang banyak dipakai lantai, kayu maupun body mobil dan motor. Poxy primer sendiri memiliki dua komponen dari epoxy anime diaman diracik khusus sehingga memperoleh hasil akhir yang halus dan mudah di amplas. 

Baca juga Ukuran Amplas dan Cara Yang Benar Mengamplas Epoxy 

Epoxy primer merupakan lapisan paling dasar yang banayak dipakai untuk bahan auto refinish mobil, motor dan permukaan lain yang gampang kropos. Selain mampu membendung karat, memberi lapisan epoxy primer membuat dempul lebih kencang menempel.

Jadi bila saat ini mobil agan berniat mengerok dempul total agar lebih kaleng, sebelum di dempul ulang penting untuk memberi lapisan primer pada permukaan plat terlebih dahulu. 

Epoxy Surfacer

Lapisan surface santa penting, dimana melindungi cat dasar atau cat inti pada kendaraan mobil serta menutupi pori-pori dan menghilangkan sambungan dempul. Peran epoxy surface juga cukup penting terutama saat mengecat ulang kendaraan, sehingga membuat cat lama yanng ditimpa kembali tidak beraksi atau keriting. 

Baca juga Berapa lama Epoxy Kering dan Siap Diamplas 

Kelebihan atau fungsi lain yang bisa kita dapat adalah membuat cat dasar lebih cepat nutup terutama pada warna warna tertentu seperti hijau, kuning, putih dan lainya. 

Kesimpulan

Berdasarkan ulasan diatas dapat diambil kesimpulanfungsi epoxy primer adalah untuk melindungi logam besi dari karat yang diapliaksikan sebelum body mobil di dempul ulang. Sedangkan Epoxy surface menutupi pori pori sekaligus menghilangkan sambungan dempul, fungsi lain adalah membuat cat lama tidak beraksi bila di timpa cat baru.

Sekian penjelasan singkat perbedaan epoxy primer dan epoxy surfacer satu hal ya masbro sebelum poxy diaplikasikan pastikan permuaakan besi sudah diamplas bersih dan tidak ada bekas karat sedikit pun yang menempel, akaan lebih bagus bila dilap dengan thiner terlebih dahulu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas