PASTI PASS - Perbandingan Clear Doof dan Thinner

Perbandingan clear doff dan thinner - Pelapis bening atau biasa disebut pernis adalah pelapis cat non pigmen yang diaplikasikan setelah proses cat inti selesai secara sempurna. Pada dasarnya mobil mobil memiliki tiga hingga empat lapis cat, dimana pada setiap lapisnya memiliki fungsi berbeda.

Lapisan pertama pertama yang menempel pada plat body mobil adalah epoxy primer, dimana sebagai lapisan anti karat yang umumnya memiliki warna abu-abu. Epoxy juga diaplikasikan pada sisi dalam plat, sehingga mampu bertahan dalam jangka panjang.

Lapisan kedua adalaah top coat atau sederhananya color coat, coating inlah yang warna yang anda lihat di mobil. Untuk cat terdapat 3 tipe yakni warna metalik dan solid, khusus warna putih ada yang putih mutiara. 

Perlu anda tahu lapisan cat ini tidak mengkilap yang diapliaksikan dengan spray gun, Lapisan top coat pada dasarnya tidak mampu bertahan terhadap sinar ultraviolet dari panas matahari.

Terakhir adalah lapisan coating atau clear coat yang warnanya bening. Fungsi coating disini adalah mengkilapkan sekaligus melindungi top coat/cat sehingga mampu bertahan dari sinar ultarviolet atau terguyur air hujan. Semain baik kualitas pernis yang dipakai, semakin bagus pula tingkat glossy yang dihasilkan serta mampu bertahan lebih lama.

Perbandingan Clear Doff dan Thinner

Namun tahu kah kamu bahwa clear coat terdapat dua pilihan yakni glossy/mengkilap dan doff matte. Keduanya memiliki fungsi berbeda baik dari tekstur serta bagaimana cara pengaplikasianya. Untuk lebih jelasnya akan kami jelaskan secara singkat agar anda tidak salah kaprah memakainya.

Baca juga Perlukah Cat di Amplas Sebelum di clear coat

Berbeda dengan clear glossy, clear matte teksturnya lebih kental dan warnanya sedikit putih meski saat dicampur thiner tidak berwarna/bening. Karena lebih kental perbandingan dengan thiner tentu berbeda dengan pernis mengkilap.

Gambar dibawah ini merupakan takaran antara clear Coat doff hardenner dan thinner.

1 : Base Coat 2 : Hardener 3 : Thinner

Bila base coatnya 1/4 maka agan bisa mencampurnya dengan satu gelas thinner dan hardener 1 tutup botol aqua. Untuk menghasilkan lapisan coating yang keras sebaiknya gunakan thinner PU sebagai pelarutnya dan aplikasikan sebanyak 3 lapis. Sebetulnya pakai tiner super bisa saja masbro, hanya saja proses pengeringan bisa lebih lama dan warna matte yang dihasilkan kurang begitu tajam.  

Baca juga 4 Penyebab Clear Coat Tidak Mau Keras

Satu hal ya sob, bila mengecat warna doof sudah selesai sebaiknya jangan dikompon ya masbro. Tindakan ini justru membuat cat jadi mengkilap, jadi untuk agar permukaan cat halus tanpa perlu dipoles buat adonan clear sedikit encer dan pastikan tekanan angin dari kompresor stabil.

Merk clear doff yang bagus untuk cat mobil dan motor

Agar lapisan coating awet dibawah ini ada beberapa rekomendasi clear coat yang sering saya pakai dan hasilnya pun memuaskan.

Auto bright

Merk pertama yang paling banyak dipakai dalam dunia pengecataan adalah auto bright. Saya sendiri sering memakainya, harga yang murah 130rb isi satu kilo dan berdaya sebar luas menjadi alasan kenapa saya menggunakanya. Juga tersedia kaleng kecil 35rb isi 1/4ml.

LUX

Berikutnya ada Lux dimana termasuk bahan auto refinish kualitas tinggi. Cepat mengering, keras dan mampu bertahan diberbagi cuaca. Bedaya lekat kaut meski diaplikasikan pada permukaan kayu dan ditak menguning dalam jangka panjang.

Baca juga PENTING... Perbedaan Epoxy Primer dan Epoxy Surfacer 

Tersedia kaleng kecil 40rb dengan isi 250ml. Sedangkan kemasan 1 kilo 145rb belum termasuk thinernya.

Belkote 8200 

Belkote 8200 clear coating doff feature memiliki keunggulan tingkat doff dan ketebalan film yang tinggi, cepat kering meski cuaca pas mendung, memiliki flow dan levelling yang baik. Dengan beberapa keunggulan tersebut sangat cocokdiapliaksikan buat berbaikan cat mobil atau sekedar repair ulang.

Blinken Clear Doff PU

Bila agan pecinta blinken tidak ada salahnya agan jadikan lapisan coating dengan menggunkan tinner bakar agar lebih awet. Maaf kurang kelas diskripsinya msbro soalnya ngak pernah pakai.. hehee

Dengan mengetahui takaran atau perbandingan clear doff dan thinner anda akan menghasilkan permukaan yang lebih halus tanpa perlu mempolesnya. Seperti yang sudah saya jelaskan tadi warna matte bila di poles justru jadi mengkilap. Semoga bermanfaat dan terimkasih kunjunganya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas