Perbedaan Odometer dan Speedometer Pada Mobil

Perbedaan odometer dan speedometer pada mobil -  Hallo dulur... Yappzz bila kita masuk ke dalam mobil tentu ada beberapa fitur yang tersematkan pada panel dasboard. Mulai dari panel AC, tombol adrat, saklar lampu, audio atau airbag sebagai pelindung pengemudi dan penumpang saat mengalami benturan cukup kencang. Bahkan pada beberapa kendaraan mewah sudah tersematkan fitur mewah start engine untuk menghidupkan sekaligus mematikan mesin.

Beberapa fitur yang selalu tersematkan pada mobil lama dan baru adalah terdapatnya panel speedometer sebagai alat pengukur kecepatan sekaligus jarak tempuh kendaraan. Dalam satu panelnya juga terdapat lampu indikator handrem, pengukur suhu panas radiator dan lainya. Sebetulnya beberapa fitur tersebut sudah dibahas jalas pada buku pemilik kendaraan. 

Perbedaan Odometer dan Speedometer Pada Mobil


  • Speedometer

Fungsi speedometer sendiri merupakan suatu alat pengukur percepatan sebuah kendaraan saat bergerak maju. Jarum speedometer ini akan bergerak mengarah kesebuah angka, sebaliknya bila kendaraan diam maka jarum tidak bergerak. Untuk menghitung percepatan di Indonesia memakai satuan Km/j (hour).


 

Contoh misal, bila mobil berjalan dengan kecepatan 30 km/j maka dalam 1 jamnya mamou menempuh jarak 30 kilometer. Pada beberapa kendaraan pada ujung kecepatan speedometer terdapat garis merah yang mengartikan apabila mobil dipacu dalam kecepatan tinggi akan membahayakan si pengemudi atau pengendara lain. Baca juga Cara Membuat Konsumsi BBM Kijang Kapsul Jadi Hemat

  • Odometer

Sedangkan ordometer berfungsi untuk mengetahu seberapa jauh jarak yang ditempuh dari titik awal hingga tujuan yang ditentukan. Semisal contoh gambar dibawah ini menunjukan angka 40404, ini menandakan mobil sudah melewati jarak 40404 km.


 

Fungsi lainya bisa dijadikan acuan kapan kendaraan perlu diservis kembali. Contoh misal mobil A selalu diservis setiap menempuh jarak 5000km, maka bila kita melihat panel speedometer diatas bila sudah berganti angka 45404 km mobil perlu diservis ulang. Baca juga Perbedaan Ban Mobil Bridgestone Vs Michelin, Mana yang Bagus ??

Odometer juga bisa dijadikan patokan apabila ingin membeli mobil bekas, maka angka yang tertera pada odometer bisa agan jadikan pertimbangan sudah berapa jarak yang ditempuh kendaraan tersebut. Namun saat ini banyak penjual mobil second yang sengaja berbuat nakal menggurangi jumlah atau nomonal angka agar tidak terlihat bila sudah menempuh jarak cukup jauh(mobil capek).

  • RPM (Round Per Minutes)

 


Beda lagi denga RPM yang berfungsi sebagai pengukur perputaran sebuah mesin. Berbeda dengan kedua jenis diatas rpm akan berputar meski kendaraan tidak bergerak, dia akan bergerak apabila pedal gas mulai ditekan. Baca juga Cara Sederhana Membuat Semir Ban dari Sunlight

Rpm juga bisa dijadikan acuan sebagai alat penentu seberapa besar tenaga mesin yang dihasilkan pada kendaraan. Semua data tersebut sebetulnya sudah ada pada buku pemilik kendaraan.

Nah, sekarang sudah tahu bukan beberapa perbedaan odometer dan speedometer pada mobil, sebetulnya semua penjelasan diatas sudah tertera jelas pada buku pemilik kendaraan. Meski terkadang disepelekan nyatanya komponen ini cukup mambantu sebagai alat pembaca laju kendaraan sekaligus kondisi perputaran mesin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas