Begini Cara Yang Benar Merawatan Cat Motor Warna Doff

Cara yang benar Siapa sih yang ngak pengen si kuda besinya selalu tampil kinclong nan terawat. Dengan body mulus tanpa goresan tentu makin menambah rasanpercaya diri saat mengendarainya. Karena tak sedikit yang merasa risih saat naik motor yang terkesan buluk. Nah untuk menjaganya sentiasa bersih seperti baru beberapa hal penting dilakukan.

Menjaga penampilan bodi motor agar senantia bagus nan mulus beberapa upaya dapat dilakukan baik secara sendiri dirumah atau melalui jasa detiling. Beberapa perawatan ringan yang bisa anda lakukan adalah dengan rajin mencuci serta memberikan lapisan coating agar warna cat asli tidak berubah secara cepat.

Namun tahukah kamu sebetulnya cat ori pabrik warna doff atau matte tidak terlapis coating clear coat jadi sifatnya mudah terkikis bila salah dalam hal perawatan. Bisa dikatakan merawat cat doff lebih sulit ketimbang cat biasa yang mengkilap. Beberapa orang salah kaprah yang justru menggunakan kompon untuk menghilangkan baret, sebetulnya lecet bisa hilang hanya saja cat malah berubah mengkilap.

Cara merawat cat motor warna doff

1. Untuk mencuci motor warna doff, sebaiknya hindari penggunaan sabun yang mengandung detergen misal sabun colek atau cuci piring. Pasalnya sabun yang kami sebut tadi memiliki sifat asam yang bisa membuat cat dua kali lebih cepat pudar ketimbang jenis motor warna mengkilap. 


Seperti yang sudah kami singgung tadi cat doff tidak terlapis pernis sehingga rentan pudar. Toh sabun cuci piring tidak diperuntukan mencuci motor maupun mobil. Sebaiknya gunakan shampo motor khusus warna doff yang memiliki pH netral dan tidak beresifat abrasif. Baca juga Cat Pilox Tahan Panas Untuk Mengecat Knalpot

2. Pemakian alat pembersih juga diperhatikan, untuk menghindari baret pilihlah lap microfiber untuk membersihkan partikel debu dan gunakan spons lembut saat mencuci agar tidak menimbulkan pada body kendaraan. Sebaiknya sehabis dicuci segera keringkan dengan lap kanebo yang berdaya resap baik untuk mengeringkanya. Pasalnya bila dibiarkan terlalu lama justru timbul bercak air water spot yang sulit hilang serta noda sabun yang mengering yang meninggalkan bekas.

3. Sebaiknya hindari mencuci motor dibawah panas matahari secara langsung agar bekas sabun tidak cpeat menguap dan meninggalkan bekas.

Baca juga Turtorial Cara Yang Benar Mengecat Warna Merah Doff

4. Untuk perawatan cat gunakan cairan khusus warna doff, anda bisa pakai ultra matte treatment atau doff protection yang memang sudah diformulasikan khusus melindungi cat doff dari sinar UV agar tidak gampang pudar. 

5. Tidak direkomendasikan memakai cairan produk dari kit atau sejenisnya, tindakan ini justru membuat cat anda menjadi mengkilap. Seperti yang kit tahu kit memang diformulasikan untuk tipe cat glossy.

Cara menghilangkan goresan pada cat motor warna doff

Jika body motor sudah mengalami baret, tidak bisa dipoles sama halnya pada cat glossy. Solusinya adalah dengan melakukan proses repair ulang dengan memberi lapisan clear coat khusus doff agar lebih awet. Pengecatan juga tidak bisa hanya pada area yang baret saja melainkan harus satu panel agar sambungan cat tidak putus dan tidak ada perbedaan warna yang mencolok.

Baca juga Deretan Merk Pilox Yang Bagus Buat Body Motor dan Mobil

Sementara untuk baret halus masih bisa kita atasi, namun hindari penggunaan kompon atau cairan poles berbahan dasar minyak karena dapat membuat cat doff jadi mengkilap. Jadi untuk menghilangkanya gunakan cairan poles yang berbahan dasar air water based. 

Bisa dikatakan cara merawat cat warna doff lebih sulit ketimbang tipe cat glossy. Jadi pilihlah perawatan yang memang direkomendasikan untuk motor matte dan hindari penggunaan kompon putih untuk menghilangkan baret. Semoga bermanfaat dan terimakasih sudah mengunjunginya. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas