Cara Memperbaiki Mesin Gerinda Tangan Yang Mati dan Konslet

Cara memperbaiki mesin gerinda tangan yang mati dan konslet - Untuk menunjang dalam pekerjaan perbengkelan tentu membutuhkan alat-alat teknik untuk memudahkan proses pengerjaan, misalkan komprsor dipakai buat mengisi angin pada ban atau lainya, dibandingan dengan pompa yang butuh tenaga lebih saat mengoprasikanya. Namun semua barang ada masanya termasuk mesin gerinda dimana terkadang mengalami kerusakan saat akan digunakan.

Fungsi gerinda sendiri untuk memotong beda keras seperti besi atau dipakai sebagai amplas menghilangkan karat dengan cepat dan lebih bersih. Fungsi lainya adalah sebagai alat poles untuk mengkompon cat mobil, kaca atau memotong kayu dan diaplikaiskan pada bidang lain. 

Mesin gerinda sendiri dibagai menjadi dua tipe yakni gerinda tangan dan duduk untuk memotong besi-besi berukuran besar. Namun yang paling banyak dipakai adalah jenis gerinda tangan, dimana ukuranya lebih kecil dan lebih mudah dipegang dan dioprasikan dengan tangan pada objek apapun. 

Namun seiring dengan lamanya pemakian kemampuan mesin gerinda akan menurun hingga mengalami kerusakan. Salah satu permasalahan yang umum terjadi adalah konsleting dimana mengeluarkan bau sangit atau kecepayan putar tidak bisa kencang kembali. 

Cara memperbaiki mesin gerinda tangan yang mati dan konsleting

Sebetulnya sangatlah gampang memperbaiki mesin gerinda yang tiba-tiba mati, yakni melakukan pengecekan beberapa komponen di dalamnya dengan cara membongkarnya.

1. Cek kondisi carbon brush/brostel


komponen pertama yang perlu kita cek adalh carbon brush, dimana berfungsi meneruskan tegangan dari statis ke bagian yang bergerak. Secara umum carbon brush tersambung dengan sabuah per kecil untuk menjaga agar selalu menyentuh bagian yang berputar sehingga aliran listrik tetap tersalurkan.

Umunya pada mesin gerinda terdappat 2 brush yang posisinya ada dikanan dan kiri yang menghampit angker penggerak mata gerinda. Seiring lamanya pemakian lama kelamaan carbon brush akann terkikis dan menipis, sehingga jika sudah aus maka gerinda tidak bisa menyala.

Untuk memperbaikinya kita cukup mengganti carbon brush dengan yang baru dengan ukuran yang sesuai, jika terlalu besar anda bisa mengamplasnya dan memotong lempengan kuning hingga muat dimasukan ke dalam tempat carbonya. Untuk harganya sendiri cukup murah antara 10 sampai 30 ribuan tergantung kualitasnya

Baca juga [TERUNGKAP] Cara Membedakan Oli MPX 2 Asli dengan Oli Palsu

2. Cek lilitan atau angker

Lilitan atau angker gerinda merupakan komponen berupa kumpulan/lilitan kabel dan terdapat kaler dan kipas yang menempel jadi satu. Angker yang rusak ditandai dengan ada beberapa lilitan kabel terputus atau gosong dan beberapa bagian telah aus akibat gesekan sehingga cabrbon brush tidak bisa menempel dann menyalurkan arus listrik.


Jika telah aus maka anda perlu menggantinya dengan yang baru dengan harga cukup tinggi yakni 150 ribuan tergantung merk grinda yang dipakai.

Baca juga Cara Mencairkan Lem Aibon Fox Kuning Yang Sudah Kering dan Mengeras

3. Cek kondisi saklar


Jika saat mesin gerinda tiba-tiba mati dan muncul bau sangit seperti plastik terbakar, coba untuk mengecek bagian saklar. Jika ada beberapa bagian yang meleleh akibat kepanasan maka anda perlu menggantinya sesuai bentuk saklar lama.

4. Ada kabel terbakar

Baca juga Cara Mencairkan Lem Alteco G Yang Sudah Beku dan Kering

Penyebab mesin gerinda kosleting terakhir diakibatkaan adanya kabel yang terbakar dan menempel sehingga mengalami kosleting dan mati. Ini bisa disebabkan karena lamanya pemakian sehingga suhu mesin semakin panas. 

Untuk cara mengeceknya cukup membuka mesin gerinda kemudian buka kabel yang terhubung dengan saklar, dan lakukan pengecekan pada kabel secara teliti. Umunya bagian ujung kabel ini sering terbakaar akibat lamanya pemakian. Jadi buka kulit kabel kemudian tarik perlahan, jika putih tengah sudah dipastikan kabel mengalami masalah.

Jika masih bagus anda bisa menyambungnya kembali, atau menggantinya dengan kabel yang baru biar makin aman.

Oke temen-temen demikianlah tadi bagaimana cara memperbaiki mesin gerinda tangan yang mati dan konsleting biar lebih awet hentikan saat sudah panas, jika dipaksa justru membuatnya cepat jebol. Sekian semoga bermanfaat dan terimkasih kunjunganya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas