Cara Mengetahui Water Pump Radiator Motor Rusak - Suryadidik.com

Cara mengetahui water pump radiator motor yang rusak - Berbeda dengan tahun 2000 silam saat ini motor keluaran terbaru sudah dirancang sedemikian rupa dan dilengkapi fitur-fitur canggihnya dengan performa tinggi namun lebih efesien bahan bakar. Saat ini rata-rata kendaraan bermotor sudah memakai radiator sebagai komponen pendingin layaknya mobil. Tidak lagi hanya hembusan angin yang banyak ditemui pada kendaraan lawas.

Umumnya motor yang sudah dilengkapi dengan radiator memiliki kapasitas dan kompresi mesin yang lebih tinggi, yang perbandinganya 10,7 : 1 ke atas. Motor dengan kompresi tinggi tentu menghasilkan panas yang lebih tinggi pul, sehingga agar tidak mengalami over heat membutuhkan alat pendingin radiator untuk menjaga suhu mesin selalu stabil. 

Fungsi water pump

Salah satu komponen yang ada pada sistem pendingin radiator adalah pompa air water pump. Tanpa adanya alat pompa ini air pendingin coolant tidak bisa tersirkulasi, sehingga proses pendinginan pada mesin tidak mungkin terjadi. Jika tidak ada pendingin tentu saja mesin lebih cepat over heating saat menempuh jarak cukup jauh.

Water pamp sendiri berfungsi mempompa air agar dapat tersirkulasi pada bagian-bagian mesin melalui water jacket untuk melakukan pendinginan water pump air berputar sesuai dengan putaran mesin.

Baca juga [TERUNGKAP] Cara Membedakan Oli MPX 2 Asli dengan Oli Palsu

Cara mengetahui water pump radiator motor yang rusak

Pada sistem radiator tentunya memerlukan water pump atau pompa air dalam kinerjanya. Seperti yang sudah kami jelaskan tadi fungsi waterpump adalah untuk mempompa cairan agar bersirkulasi ke bagian dalam mesin.

Baca juga Kinclong mana? Perbedaan Kit Paste Wax Warna Biru dan Kuning

Seiring dengan kineranya yang terlalu lama tentu ada waktunya pompa air ini mengalami kerusakan, lalu bagaaimana bisa mengetahui bila water pump ini rusak ?? Cara mudahnya adalah dengan mengecek bagian tabung reservoir. Jika tabung reservoir selalu mengalami kekurangan di bawah batas low, bisa disebabkan dari water pump yang bocor.

Namun, cek juga bagian selang dan bagian radiator, jika kondisinya masih bagus memang benar dari water pumpnya. Dan untuk mendeteksi kerusakan water pump dapat dilihat dari kondisi oli mesin.

Baca juga Cara Mudah Mengatur Jam di Speedometer Vario 125&150

Water pump yang rusak atau bocor akan merembes ke bagian dalam mesin sehingga air radiator akan bercampur dengan oli mesin. Untuk ciri-ciri oli yang sudah tercampur air adalah warnanya cenderung kecoklatan seperti kopi susu setelah di tap.

Oke demikanlah pembahasan dari kami bagaiman cara mengetahui water pump radiator motor rusak semoga ulasan tadi dapat berguna dan bermanfaat buat para baikers semua.. Sekian dan terimakasih kunjunganya. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas