Kenali 8 Penyebab AC Mobil Tidak Dingin Hanya Keluar Angin

Penyebab AC mobil tidak dingin hanya keluar angin - Hallo dulur ... Kenyamanan berkendara merupakan keinginan mutlak terutama saat berpergian diwaktu siang yang sangatlah panas. Disaat cuaca sangatlah terik tentu fungsi AC sangatlah penting untuk mendinginkan ruang dalam kabin, Fungsi lain dari fitur pendingin ini adalah untuk menghindari kaca ngembun saat kondisi hujan.

Tak sedikit pemilik mobil yang mengeluhkan masalah dengan sistem pendingin ruang dalam kabin ini, kalaupun nyala hanya angin doang yang keluar. Bisa masuk angin to masbro...

Peberapa permasalahan Ac kurang dingin ini banyak dijumpai pada mobil lawas atau bekas, namun tidak menutup kemungkinan pada mobil baru yang masih umur 5 tahunan mengalami keruskan pada air conditioner ini. Apakah karena freon habis ? Nah, lebih jelasnya simak penjelasan singkat dibawah ini.

Penyebab ac mobil tidak dingin hanya keluar angin dan cara mengatasnya

1. Isi freon habis

Agar berfungsi dan mampu mendingikan rungan sistem AC memerlukan freon. Jika habis maka sudah dipastikan AC tidak mempu mengeluarkan udara dingin, ini juga berlaku pada AC rumah. 

Jika hanya mengeluarkan angin tidak ada salahnya untuk melakukaan pengecekan ketersedian freon jika tidak merasakan sensasi dingin saat AC dalam kondisi ON. Jika memang sudah habis temen-temen bisa melakukan pengisian pada bengkel khusus atau bisa membawa ke deiler resminya.

2. Kondensor kotor

Sebelum dibersihkan tidak ada salahnya mengetahui fungsi dari kondensor ini. Kondensor merupakan bagian AC yang berfungsi membuang suhu panas yang dilepaskan dari mesin kompresor.

Baca juga Cara Termudah Menghilangkan Bekas Double Tape 3m Pada Body Mobil

Jika komponen ini kotor maka bisa saja jadi penyebab sistem pendingin AC hanya mengeluarkan angin akibat freon tersebut saat akan keluar. Dulur otomotif perlu membersihkan kotoran yang menumpuk agar tidak jadi sumbatan, agar mudah dibersihkan semprot dengan mesin kompresor. 

3. Kompresor rusak

Jika kondisi kondensor sudah bersih, namun hawa dingin yang keluar masih kurang maka bisa saja sistem kompresor ac mengalami kerusakan.

Ciri-ciri kompresor AC rusak bisa dilihat sight glass berwarna hitam. Jika tanda ini muncul artinya receiver dryer atau expansion valve tersumbat kotoran, jadi agar berfungsi secara normal perlu diperhatikan.

4. Extra fan mati

penyebab lain AC kurang dingin berikutnya adalah komponen extra fan mati. Apabila komponen yang terletak di depan kondensor mati, maka akan mengurangi proses kondensasi. 

Baca juga Perbedaan Ban Mobil Bridgestone Vs Michelin, Mana yang Bagus ??

Kondensasi adalah proses yang membuat penurunan suhu di dalam kondensor. Sehingga jika extra fan tidak berputar atau mati, otomatis penurunan suhu tidak bisa terjadi. Akhirnya suhu di dalam kabin pun akan terasa panas karena hanya angin yang keluar dari kisi-kisi AC.

5. Sistem AC mobil kelebihan tekanan

Baca juga 10 Jenis-jenis Kit Untuk Mengkilapkan Mobil dan Kegunaanya

Hai-hati jika anda baru saja mengisi oli kompresor, sebab mengisi oli kompresor yang terlalu banyak akan membuat tekanan tekanan di dalam freon AC jadi meningkat. Jika tekannan sudah meningkat kompresor justru menjadi sangat panas.

Proses selanjutnya yang akan terjadi adalah proses kondensasi jadi terlambat, padahal seperti yang sudah kita bahas tadi, kondensasi merupakan proses penting yang bertujuan menurunkan suhu. Sehingga jika kinerjanya terganggu maka angin dari AC tidak berasa dingin.

6. Penyumbatan evaporator

Jika evapator tersumbat debu maupun kotoraan lainya maka mambuat udara yang keluar dari blower menjadi terhambat. Karena aliran udara terlambat, akibatnya sirkulasi angin AC juga terganggu. 

Wajar sih jika kotoran dan debu ikut masuk ke evaporator melalui hisapan blower yang berhubungan dengan komponen tersebut. Namun agar tidak mengurangi kenyamanan dalam berkendara, sebaiknya lakukan secara rutin untuk membersihkan evaporator AC. 

7. Fan belt putus

Fungsi fan belt pada komponen AC adalah sebagai penyalur putaran mesin menuju kompresor. Jika fan belt mengalami putus atau kerusakan lain, dapat dipastikan kinerja kompresor tidak bisa maksimal karena tidak mendapatkan aliran putaran dari mesin.

Baca juga Cara Menghilangkan Bekas Lem Alteco Pada Cat Mobil - Suryadidik.com

Jika kompresor tidak bisa bekerja maksimal, maka aliran freon pun tidak akan tersirkulasi. Akibatkanya aliran udara AC yang keluar tidak dingin lagi atau hanya mengeluarkann angin dari dalam.

8. Thremistor rusak 

Thremistor merupakan pendekatan dari thermo resistor, komponen ini berfungsi mengirim sinyal ke kompresor untuk berhenti bekerja saat suhu kabin sudah mencapai temperatur sesuai pengaturan pada AC.

Jika thremistor ini rusak, maka sinyal tidak bisa dikirimkan ke kompresor. Alhasil kompresor akan terus menerus bekerja sehingga evapator beku, jika evapator beku kondisi ini bisa saja memicu AC mobil kurang dingin dan hanya keluar angin.

Penyebab AC mobil tidak dingin hanya keluar angin bisa saja dikarenakan alasan sepele seperti freon habis dan perlu isi ulang kembali. Namun jika terjadi masalah lain pada sistem ruang pendingin tidak ada salahnya untuk melakukan pengecekan pada ahlinya, sehingga kenyamanan berkendara akan kembali anda temukan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas