Cara Clear Ulang Cat Body Motor Agar Tidak Keriting

Cara clear ulang body motor yang kusam agar tidak keriting - Seiring dengan lamanya pemakian pernis yang melapisi permukaan cat lama kelamaan akan semakin kusam, bahkan ada beberapa bagian yang sudah rusak. Banyak faktor yang jadi penyebab mengapa cat cepat sekali kusam, mulai dari penggunaan sabun detergen untuk mencucinya atau seringnya terpapar panas matahari sehingga lapisan pernis semakin terkikis dan tipis.

Jika hanya sebatas kusam, kita bisa membuat cat tersebut kinclong kembali yakni dengan pelakukan proses poles dengan kompon putih. Untuk caranya sih cukup simples ya, bersihkan atau cuci motor hingga bersih dan keringkan. Kemudian oleskan kompon putih secara merata diatas permukaan cat dan gosok dengan gerakan melingkar hingga rasidu jamur terangkat, agar lebih cepat gunakan lap microfiber atau menggunkan mesin polish khusus.

Namun jika cat sudah sudah tidak bisa mengkilap mau tidak mau kita perlu mengecatnya agar terlihat baru kembali. Namun jika ingin mempertahankan warna aslinya bawaan pabrik anda cukup melakukan clear ulang agar kembali kinclong.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan clear ulang, yakni dengan mengecek kondisi cat lama tersebut, jika warnanya masih mulus tidak ada yang pudar, baret atau pecah anda bisa melapisinya dengan pernis kembali. Sedangkan untuk turtorialnya simak penjelasan dibawah ini :

Turtorial cara clear ulang cat body motor agar tidak keriting


Untuk memudahkan proses selanjutnya pertama lepas dek motor secara perlahan agar lecet, kemudian amplas dengan ukuran 2000 hingga permukaan bersih dan residu jamur terangkat. Biar tidak banyak mengerus cat sebaiknya gunakan amplas 2000 bekas agar tidak terlalu tajam.




Kemudian cuci dengan air sabun untuk menghilangkan oli dan bekas minyak obat pengkilap, pasalnyaa clear tidak bisa menempel sempurna jika objek tersebut mengandung minyak maupun silicon. Amplas juga bagian stripingnya secara perlahan agar pernis bisa menempel, jika ditutup isolasi nanti malah menimbulkan garis pembatas yang kurang sedap dipandang.


Selanjutnya kita bisa melakukan proses clear coat secara hati-hati sebanyak 3 sampai 4 lapis. Agar clear tidak meleleh pada lapisan pertama aplikasikan buat lapisan setengah kering secara tipis-tipis terlebih dahulu kemudian tunggu sejenak 5 sampai 10 menit untuk bisa menimpanya kembali. 

Pada lapis kedua dan ketiga buatlah lapisan basah dengan menekan spray gun lebih dalam dengan jarak pengecatan 10 sampai 15cm. Jika terlalu jauh pernis cenderung lebih kasar dan tidak mengkilap, sebaliknya bila terlalu dekat akan meleleh. Sementara penggunaan spray gun bisa pakai tipe K3 agar lebih irit dan semprotanya lebih fokus pada objek yang dicat. 

Selain teknik, yang perlu diperhatikan jika ingin melakukan clear ulang adalah memilihan bahan clear coat. Jika mengutamakan kualitas maka pilihlah pernis yang berkualitas tinggi serta lebih ringan diaplikasikan sehingga tidak membuat cat lama beraksi keriting.

Beberapa kriteria tersebut ada pada semua tipe clear Coat belkote dimana sangat aman dipakai buat pengecatan atau clear ulang yang lebih ringan sehingga cat lama tidak akan beraksi. Untuk hasil maksimal dan lebih mantap gunakan thinner pu slow dray belkote untuk hasil cat kilap basah.


Jika ingin lebih praktis anda bisa pakai clear coat Belkote PU 2K 3000, dimana khusus tipe ini diformulasikan tanpa menggunakan thinner. Jadi tinggal campur hardenner perbandingan 1:1, dibandingkan dengan menggunakan tiner pernis tanpa thinner justru tingkat glossy lebih tinggi dan sudah terlihat pada lapisan pertama


Dengan menggunakan clear coat belkote anda mendapatkan beberapa keuntungan diantaranya efek cat kilap basah yang mampu bertahan dalam berbagai kondisi cuaca, mudah dipoles bahkan untuk tipe HS tinggat glossy nya bisa diadu dengan produk refinish asal eropa spies heacker atau sikkens. 

KESIMPULAN

Jadi bisa disimpulkan kunci dari turtorial cara clear ulang cat body motor agar tidak mengelupas adalah pada tahap pengamplasan. Sementara untuk menghasilkan lapisan yang kilap basah gunakan pernis berkualitas tingga serta ringan diaplikasikan. Semoga bermanfaat dan terimakasih kunjungannya


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas