Perbedaan Epoxy Primer dan Epoxy Filler Untuk Cat Mobil dan Motor

Perbedaan dan fungsi epoxy primer dan epoxy filler penting anda ketahui agar hasil pengecatan anda lebih awet terutama buat mengecat objek berbahan besi seperti pada body mobil. Seperti yang kita tahu air hujan atau udara disekitar laut mengandung zat asam tinggi dimana akan mempercepat proses korosi. Dempul dan cat saja tidak mampu menahan dan melindungi besi dari proses pengkroposan, dibutuhkan lapisan khusus agar tidak cepat berkarat.

Untuk melindungi plat dari karat sebelum dicat penting untuk memberi lapisan epoxy. Secara umum poxy berwarna abu-abu dan terdapat dua komponen yakni base dan hardenner sebagai pengering, sementara untuk campuranya anda bisa pakai tipe thinner A atau HG juga bisa. Untuk menghasilkan lapisan anti karat yang kuat dan tahan lama penting untuk mengetahui takaran antara poxy hardener dan tiner.

Sebetulnya langsung di dempul atau ditimpa cat sah-sah saja dan tidak ada reaksi apapun yang ditimbulkan, hanya saja dalam waktu dekat 3 sampai 6 bulan karat akan tembus ke atas dimana ditandai munculnya benjolan pada dempul bahkan ada beberapa yang akan terkelupas. Jika ini tidak segera diatasi lama ke kelamaan akan semakin parah dan menyebar.

Namun tahukah kamu, epoxy terdapat dua tipe yakni filler dan primer surface. Meski sama-sama bisa dipakai buat melapisi permukaan dempul dan lapisan anti karat pada plat besi, sebetulnya keduanya memiliki fungsi yang berbeda. Tentu penggunaan yang sesuai mampu menghasilkan pengecatan lebih lama dan tahan dalam kondisi apapun.

Perbedaan epoxy primer surface dan epoxy filler

Epoxy primer surface

Baca juga Ini Dia Takaran Untuk Mencampur Cat Dengan Thinner

Fungsi epoxy primer adalah sebagai lapisan anti karat dimana paling pas dipakai buat melapisi permukaan besi/plat mobil sebelum di dempul atau dicat. Dengan menggunan epoxy primer dempul akan semakin kuat menempel dan tidak cepat terkelupas bahkan hingga 5 tahun lebih. Jadi jika mobil selesai dilas atau dikerok total agar kembali kaleng anda bisa menyemprotkan poxy ini sebelum mendempulnya.

Cara Menggunakan epoxy primer ini juga tidaklah rumit yaa masbro, pertama amplas hingga bersih dari karat objek yang akan kita poxy, anda bisa memakai amplas gerinda untuk membersihkanya dan pastikan dalam kondisi kering.

Kemudian anda bisa melakukan proses epoxy dua sampai tiga lapis hingga menutupi permukaan plat. Sebelum melakukan pendempulan tunggu epoxy kering keras setidaknya 4 sampai 8 jam, agar menempel sempurna pada lapis pertama aplikasikan dempul secara tipis hingga menutupi seluruh permukaan poxy. Jika langsung tebal justru tidak akan menempel sempurna dan cepat terkelupas, kita anggap lapisan pertama ini sebagai pondasi.

Epoxy filler


Sementara fungsi dari epoxy filler adalah untuk melapisi permukaan dempul sebelum proses pengecatan dimulai. Dengan menggunakan poxy filler pori-pori dempul akan tertutup serta meratakan/menutupi sambungan dempul.

Baca juga Deretan Merk Cat Mobil Yang Bagus dan Awet Beserta Harganya

Epoxy filler sangat dianjurkan dipakai buat melapisi cat lama sebelum dicat ulang kembali, dengan begitu cat lama tidak akan beraksi keriting dan mengkerut serta membuat cat menempel sempurna tidak gampang terkelupas.

Cara menggunakan epoxy filler juga tak jauh beda ya masbro, pertama amplas lapisan cat lama dengan ukuran 400 hingga bersih dan cuci dengan air sabun kemudian keringkan. Jika untuk melapisi dempul maka perlu diamplas hingga rata dan sambunganya teras halus saat diraba tangan.

Baca juga Cara Mengamplas Dempul Mobil Dengan baik dan Benar

Jika sudah kita bisa mengaplikasikanya dua hingga tiga lapis, sebelum ditimpa cat dasar epoxy perlu ditunggu hingga kering keras. Bila sudah mengering kita perlu mengamplasnya dengan ukuran 400 hingga permukaanya halus baru bisa dicat.

Anda juga bisa pakai epoxy Belkote PU 2K Surfacer dimana memiliki fungsi sama untuk melapisi permukaan dempul dimana waktu pengeringan lebih cepat 30 menit sudah bisa diamplas. Fungsi lainya adalah sebagai spot repair, karena spesifikasinya yang cepat kering dan menghasilkan permukaan yang sangat halus.


Rekomedasi epoxy yang bagus untuk cat mobil dan motor

karena sebagai lapisan paling dasar atau pondasi, maka pemilihan epoxy juga perlu dipertimbangkan. Pilihlah epoxy yang tahan dalam berbagai kondisi cuaca agar dan menghasilkan lapisan yang halus sehingga mudah diamplas saat kering nanti.

Baca juga Merk Clear Jahat Yang Bagus Untuk Cat Mobil dan Motor

Untuk mendapatkan lapisan anti karat dan lapisan cat dasar yang kuat anda bisa pakai produk epoxy dari belkote. Dibandingan dengan merk lain epoxy belkote memiliki beberapa keunggulan diantaranya lebih cepat kering bahkan 30 menit siap amplas dengan permukaan yang lebih halus dan daya tutup yang bagus baik untuk tipe primer surface maupun filler.

Kesimpulan

Jadi bisa kita simpulkan fungsi poxy primer adalah sebagai lapisan anti karat yang diaplikasikan diatas permukaan plat sebelum melakukan proses pendempulan. Sementara poxy filler sebagai pelapis dempul untuk menutupi pori-pori halus atau bisa dipakai untuk melapisi cat lama agar tidak keriting saat dicat kembali. Dan untuk campuran atau pelarutnya sama-sama menggunakan jenis thinner A dan HG.

Demikianlah ulasan singkat perbedaan epoxy primer surface dan epoxy filler untuk pelapis cat mobil dan motor. Penggunaan yang sesuai fungsinya tentu menghasilkan pengecatan yang lebih awet dan tahan dalam berbagai cuaca. Sekian dari kami semoga bermanfaat dan terimakasih kunjunganya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas