Cara Mengecat Besi Agar Tidak Mudah Terkelupas dan Tahan Lama

Cara mengecat besi agar tidak mudah terkelupas dan tahan lama- Pagar rumah yang sudah berkarat tentu mengurangi nilai estetika hunian rumah, ditambah lagi posisinya yang di pinggir jaaalan persis tentu membuat siapa saya melihatnya akan risih. Jika dibiarkan karat ini akan semakin menyebar, menumpuk dan akan sulit dihilangkan.

Umumnya pagar besi rumah berkarat karena usianya yang telah lama serta paparan perubahan cuaca yang sangat ekstrim. Ya.. Air hujan yang terus menerus menguyur dan paparan panas matahari yang terus menerus membuatnya cepat sekali karat, sebetulnya ini merupakan hal yang wajar yang dapat terjadi pada semua besi dan logam.

Oleh karena itu penting memberi lapisan cat epoxy untuk melapisi besi agar karat tidak cepat muncul. Pasalnya jika dibiarkan begitu saja tidak sampai 3 hari jika terkena air hujan bintik-bintik biang karat mulai bermunculan. Terlebih jika lokasi anda di pesisir pantai dimana membuat besi cepat sekali berkarat meski telah dilapisi anti karat sekalipun.

Oleh sebab itu penting untuk melakukan pengecatan untuk melindungi besi dari karat, selain sebagai anti karat dengan mengecatnya tentu menambah nilai estetika dengan berbagai pilihan warna. Proses pengecatan pun seharusnya tidak dilakukan secara, sehingga mampu bertahan dalam beberapa tahun kedapan.

Cara mengecat pagar besi agar tidak mudah terkelupas dan tahan lama

Ada beberapa tips dan trik mengecat besi agar lebih awet dan tahan dalam kondisi cuaca. Proses pengecatanya sebetulnya tak jauh beda dengan bidang/objek lainya kok, namun jika dilakukan secara asaal tentu tidak bertahan lama.

1. Bersihkan permukaan besi yang berkarat

Pertama anda perlu membersihkan besi dari berbagai kotoran, minyak dan karat, Untuk menghilangkan karat anda bisa mengamplasnya dengan amplas kasar ukuran 120 atau bisa dengan mesin gerinda. Pastikan karat benar-benar bersih dan hilang.

Baca juga Cara Mencairkan Lem Alteco G Yang Sudah Beku dan Kering

Jika sudah pernah dicat anda perlu mengerok atau menghilangkan cat lama tersebut dengan soda api/paint remover atau dengan skrup kape. Kerok secara perlahan untuk hasil yang sempurna, jika langsung ditimpa cat kembali tentu hasilnya nanti kurang bagus dan terlihat lebih tebal.

2. Bilas dengan air bersih

Setelah bersih dari karat, anda bisa mengelapnya dengan kain bersih atau mencucinya dengan sabun detergen hingga bersih. Kemudian tunggu hingga benar-benar kering untuk tahap berikutnya.

Semakin bersih besi yanag anda bersihkan maka semakin kuat pula cat menempel sehingga tidat cepat terkelupas.

3. Beri cat dasar

Langkah berikutnya agar mengecat besi tidak mengelupas adalah melapisinya dengan dengan cat dasar. Untuk proses pengecatan disarankan saat siang hari ya masbro, dalam kondisi panas cat akan kering sempurna.

Baca juga 8 Merk Cat Kompresor Yang Bagus Untuk Body Motor

Agar cerpat kering disarankan menggunakan cat dasar khusus yang tahan dengan matrail alkali. Perhatikan juga campuranya, agar cepat kering sebaiknya gunakan thiner ya masbro, jika dengan bensin waktu kering lebih lama dan kurang menyatu sempurna.

Untuk cat dasar anda bisa pakai zinc chromate primer, dengan menggunakan lapisan cat dasar primer tentu menjadi lapisan anti karat atau sama halnya  dengan fungsi epoxy. Aplikaskan sebanayak 2 sampai 3 lapis hingga besi tertutup sempurna.

4. Lapisan cat penutup

Baca juga Kinclong mana? Perbedaan Kit Paste Wax Warna Biru dan Kuning

Jika cat dasar sudah kering keras, anda sudah bisa melapisinya dengan cat penutup sesuai warna yang telah dipilih. Agar cepat kering dan tidak cepat terkelupas gunakan tiner sebagai campuranya dengan perbandinagn 2:1 agar cepat nutup, jika terlalu encer proses pengerjaanya bisa lebih lama.


5. Pemilihan alat cat

Untuk menyempurnakan agar cat besi tidak cepat terkelupas, disarankan menggunakan jenis kuas sesuai kebutuhan menyesuaikan besar kecil objek yang dicat. Agar lebih cepat dan halus kamu juga bisa pakai spray gun yang dibantu angin dari kompresor. Atau jika ingin lebih praktis bisa pakai cat kemasan pilox.

Itulah 5 langkah cara mengecat besi agar tidak mudah terkelupas dan tahan lama baik dengan kuas atau spray. Kunci disini agar cat tidak cepat mengelupas adalah pada proses pengamplasan, semakin berih maka cat semakin kuat menempel. Semoga bermanfat dan terimakasih kunjunganya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas