Cara Membuka Kunci Stang Motor Yang Macet dan Terkunci

Cara membuka kunci stang motor yang macet dan terkunci - Seiring majunya teknologi dunia otomotif pun semakin berkembang tak terkecuali pada kendaraan roda dua ditanah air. Mulai dari fitur smart key diaman menyalakan mesin motor tanpa perku kontak, serta dilengkapi alaram dimana akan menyala dengan sendirinya saat mengalai senggolan atau benturan. Tentu ini buat kendaraan lebih aman saat diparkirkan.

Sedangkan untuk kendaraan lama fitur keamanan saat parkir masih mengandalkan kunci stang atau menambahkan kunci gembok pada piringan cakram. Namun terkadang fitur keamanan ini terkadang mengalami masalah yakni kunci setang mengalami kemacetan saat dipurat posisi off dari posisi lock, malah sulit untuk memutarnya bahkan rasanya ada yang menganjal di dalam rumah kunci tersebut.

Jika masalah ini terjadi tentu menimbulkan rasa panik, belum lagi jika posisi motor berada jauh dari rumah daan tukang reparasi kunci. Untuk itu anda perlu perhati-hati saat malakukan kunci stang, namun bila sudah terlanjur anda tak perlu khawatir karena masih bisa diatasi sendiri dengan mengikuti langkah dibawah ini.

Cara membuka kunci stang motor yang macet dan terkunci

Untuk mengatasi atau memperbaikinya simpel ya, bahkan kaum hawa pun bisa lakukanya sendiri. Terlebih jika anda hobi mengutak-atik kendaraan pasti sangatlah gampang untuk dipraktekan, setidaknya ada tiga langkah yang perlu anda lakukan.

Baca juga [TERUNGKAP] Cara Membedakan Oli MPX 2 Asli dengan Oli Palsu

  • Langkah pertama yang bisa kita lakukan adalah mencoba memasukan kontak motor yang stangnya macet tersebut kedalam minyak goreng, cukup celupkan ujung kunci saja beberapa saat untuk melicinkanya.

  • Kemudian coba masukan kunci ke dalam lubang kontak, coba untuk mengeluarkan dan memasukanya beberapa kali sekiranya pelumas minyak goreng mengenai rumah kunci bagian dalam. Dan coba untuk memutar kunci dari posisi lock ke off atau atau sebaliknya hingga lancar.

  • Lakukan secara terus menerus hingga kunci kembali normal, jika dirasa masih sesak celupkan kembali ke dalam minyak goreng atau bisa pakai oli. sampai dirasa kunci stang kembali normal.
Sekarang masalah kunci stang yang rusak sudah bisa diperbaiki dengan mudah, tetapi bila anda tidak pakai tipis dan trik diatas tadi kemungkinan besar kunci bisa patah di dalam akibat terlalu dipaksa, tentu ini malah menambah masalah yang semakin rumit diperbaiki. 


Agar permasalahan ini tidak terjadi kembali, semprotkan cairan anti karat WD-40 untuk merontokan kerak serta karat yang ada di dalamnya. Dan tidak disarankan menggunakan kunci motor lain untuk mencoba menyalakan atau membuka kunci stang, tindakan ini justru merusak kontak motor yang membuatnya jadi kendor.

Nah, demikianlah pembahasan seputar tips dan trik cara membuka kunci stang motor yang macet dan terkunci dengan minyak goreng. Semoga penjelasan kali ini bisa membantu dan bermanfaat bagi otomania semua, sekian dan terimakasih kunjunganya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas